Mata kuliah ini membahas antara lain epidemiologi infeksi, tata kelola, teknik surveilans, membangun kewaspadaan standard dan transmisi penyakit hingga fokus PPI pada area-area spesifik di RS. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman khusus bagaimana melakukan keterampilan mengakses evidence medicine dalam pengambilan keputusan manajemen.
- Pengajar: Sri Lestari Ramadhani Nasution
Hukum dan Etika Rumah Sakit memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang hukum kesehatan, berupa Undang-undang Kesehatan Republik Indonesia, Undang- undang Rumah Sakit,Peraturan Pemerintah,Peraturan Menteri Kesehatan RI, Peraturan Presiden RI yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan.
- Pengajar: Thomson P Nadapdap
- Pengajar: Tan Suyono
Mata kuliah ini berisikan pembahasan lingkungan dan problema keuangan makro dan mikro dari sudut pandang organisasi bisnis yang ditujukan untuk memberikan bekal pengetahuan tentang problema keuangan organisasi bisnis, ketrampilan memecahkan kasus-kasus keuangan, dan teknik pengelolaan serta pengendalian keuangan organisasi bisnis secara umum. Harapannya mahasiswa sebagai calon pimpinan organisasi rumah sakit kelak dapat mengelola organisasinya dengan konsep-konsep pengelolaan keuangan organisasi bisnis secara cost effective. Serta mempunyai tujuan untuk memberikan kepada para mahasiswa tentang bagaimana mengambil keputusan di bidang pemasaran rumah sakit, seperti halnya yang dilakukan oleh seorang manajer pemasaran.
- Pengajar: Sri Wahyuni Nasution
Sistem Informasi Rumah Sakit dan Teknologi adalah kumpulan data dan informasi tentang kesehatan masyarakat yang dapat digunakan untuk mengembangkan kebijakan, strategi, program dan proyek kesehatan. Mata kuliah ini membahas berbagai isu mengenai informasi kesehatan masyarakat serta penggunaannya dalam pembangunan kesehatan masyarakat.Topik dalam pembahasan termasuk pengertian, silabus, data, analisis, dan hasil analisis termasuk interpretasi, melaporkan, dan menggunakan informasi.
- Pengajar: Mangatas Silaen
Mata kuliah ini berisikan pembahasan Obat/barang farmasi (O/BF) yang merupakan komponen vital setiap intervensi medis.Karenanya keberadaan dan ketersediaan di rumahsakit merupakan keharusan.Terganggunya penyediaan, penyaluran dan penggunaan O/BF di rumahsakit dapat menurunkan kualitas pelayanan rumahsakit, baik medis, sosial maupun ekonomis. Untuk itu perlu manajer yang profesional dalam pengelolaan O/BF di setiap rumahsakit agar mutu pelayanan kesehatan rumahsakit dapat terjaga baik dan lebih meningkat dan berkembang
- Pengajar: Mangatas Silaen
Manajemen Mutu dan Strategis Pelayanan Kesehatan adalah proses menilai kondisi suatu organisasi terkini, mengembangkan visi misi, serta menyusun rencana dan strategi untuk mencapai tujuan organisasi. Dalam pembentukan organisasi dibutuhkan manajemen serta perencanaan tentang organisasi ini akan menjadi organisasi apa, tujuan apa yang akan dicapai, serta apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
- Pengajar: Linda Chiuman