General
Tim Dosen Pengampu Mata Kuliah
- Achmad Ridwan, ST, M.Si
Referensi Buku Ajar- Sule, L., Putra, E. E., Piarah, W. H., Renreng, I., Arifin, Hamid, S., Paroka, D., Maulana, A., Martosenjoyo, T., Nurdin, Samman, F. A. (2023). Sistem Cerdas Pengelolaan Energi dan Lingkungan. Unhas Press.
- Rahmawati, F. (2023). Elektrokimia: Transformasi Energi Kimia-Listrik. UNS Press.
- Hafidawati, H., Yenie, E., Irfandy, B. D. (2023). Energi Terbarukan: Potensi dan Eksperimen. Penerbit Taman Karya.
- Apribowo, C. H. B. (2021). Buku Ajar Perancangan Pembangkit Energi Baru dan Terbarukan. Media Sains Indonesia.
- Ashari, M. (2024). Energi Terbarukan dan Teknologi Sistem Ketenagalistrikan Modern. UPT ITS Press.
- Fitri, F., Kamajaya, L. (2023). Masa Depan Terang: Inovasi dan Teknologi Energi Terbarukan Abad Ke-21. Polinema Press.
- Yandri, E., Panjaitan, Z. M., Nababan, J. V., Poerbaya, R. R. A. B., Candra, A., Amaral, C. R. D. N. R., Habibie, M., Uhanto, Saiful, R., Malik, I., Santoso, W. B. (2024). Integrasi Teknologi dan Manajemen untuk Efisiensi Energi Baru Terbarukan. ITB Press.
- Syakur, A. (2021). Buku Ajar Konservasi dan Manajemen Energi Listrik I. Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
- Syuhada, A., Razali, R. (2022). Energi Baru dan Terbarukan. USK Press.
- Sunar. (2021). Pemrograman Arduino untuk Pemula. Cipta Prima Nusantara.
Tujuan Pembelajaran
- Memahami konsep dasar pengolahan energi dan dampaknya terhadap lingkungan, termasuk jenis-jenis energi konvensional dan energi terbarukan.
- Mampu menjelaskan prinsip kerja sistem konversi energi seperti energi listrik, energi matahari, dan energi biomassa dalam konteks ramah lingkungan.
- Mampu merancang dan mensimulasikan sistem pemanfaatan energi terbarukan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak sederhana.
- Mampu menggunakan sensor untuk pengukuran parameter lingkungan seperti suhu, kelembaban, cahaya, dan polusi udara sebagai bagian dari sistem monitoring energi dan lingkungan.
- Menganalisis efisiensi dan dampak lingkungan dari sistem energi yang digunakan dalam proyek berbasis energi terbarukan.
- Mampu menerapkan metode pengendalian energi secara otomatis berbasis teknologi IoT atau mikrokontroler untuk mendukung konservasi energi.
- Memahami peran teknologi dalam meningkatkan efisiensi energi dan pengelolaan lingkungan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.
- Mampu merancang proyek sederhana berbasis teknologi yang mendukung efisiensi energi dan pemantauan kualitas lingkungan.
- Menganalisis aspek ekonomi, sosial, dan keberlanjutan dalam penerapan teknologi energi dan lingkungan.
- Mampu melakukan troubleshooting dan debugging pada sistem otomatisasi energi berbasis teknologi.
Capaian Pembelajaran Mahasiswa
- Mahasiswa mampu memahami konsep dasar pengolahan energi, jenis-jenis energi terbarukan, serta dampaknya terhadap lingkungan dan efisiensi energi.
- Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja sistem konversi energi listrik, seperti panel surya, turbin angin, dan biomassa dalam mendukung energi berkelanjutan.
- Mahasiswa mampu merancang dan membuat sistem pemantauan parameter lingkungan (suhu, kelembaban, intensitas cahaya, dan kualitas udara) menggunakan sensor berbasis mikrokontroler.
- Mahasiswa mampu mengimplementasikan metode pengukuran energi listrik dan efisiensi energi pada sistem berbasis teknologi mikrokontroler.
- Mahasiswa mampu merancang dan mensimulasikan sistem otomatisasi energi berbasis Arduino untuk mendukung konservasi energi.
- Mahasiswa mampu menggunakan komunikasi serial dan IoT untuk menampilkan data pengukuran energi dan lingkungan secara real-time.
- Mahasiswa mampu mengelola dan menggunakan library dalam pemrograman Arduino untuk mempercepat pengembangan sistem pemantauan energi dan lingkungan.
- Mahasiswa mampu melakukan analisis efisiensi energi dan mengevaluasi dampak lingkungan dari sistem yang dirancang.
- Mahasiswa mampu melakukan debugging, analisis kesalahan, dan perbaikan sistem pada proyek pengolahan energi berbasis teknologi.
- Mahasiswa mampu membuat proyek sederhana berbasis teknologi yang mendukung konservasi energi dan pengelolaan lingkungan sebagai solusi dalam pembangunan berkelanjutan.
Metode pembelajaran setiap pertemuan mengikuti ketentuan sebagai berikut :
- Tatap muka dan diskusi.
- Pelaksanaan Pre Test (Kuis Pembuka).
- Pembacaan materi Page Content.
- Pelaksanaan Post Test (Kuis Pembuka).
- Mahasiswa harus menceklis materi yang sudah dibaca dan materi sebelumnya menjadi syarat membuka materi berikutnya.
- Nilai Post Test lebih besar sama dengan 75 menjadi syarat untuk membuka topik selanjutnya, dengan diberikan kesempatan 5 kali percobaan.
- Achmad Ridwan, ST, M.Si