Pada tingkatan ini peserta didik dikatakan kurang
reflektif karenan hanya
melalui tingkatan reacting yaitu isa melakukan pemahaman terhadap
masalah yang dihadapi melalui bebrapa undikator di atas. Pada fase ini
peserta didik menggunakan sumber asli Curiosty (keingintahuan), karena
dengan adanya keinginan peserta didik busa memahmai apa yang ditanyakan.
Pada tingkatan ini dikatakan cukup
reflektif karena dapat melaluo tingkatan
reacting dan Comparing yaitu bisa memahami masalah sekaligus menjelaskan
jawaban dari permasalahan yang pernah didapatkan, mengaitkan masalah
yang ada dengan permasalahan yang lain yang hampir sama dan pernah
dihadapi. Pada tingkat ini peserta didik cenderung menggunakan sumber asli
Curiosity (keinginna) dan Suggestion (sara), karena peserta didik
menghubungkan apa yang ditanyakan dengan permasalahan yang hampir
sama dan pernah dihadapi.
Pada tingkat ini peserta didik dikatakan
reflektif karena dapat melalui
tingkatan Reacting, Comparing, dan Contemplating yaitu bisa membuat kesimpulan berdasarkan pemahaman terhadap apa yang ditanyakan,
pengaitannya dengan permasalahan dapat memperbaiki dan menjelaskan jika
jawaban yang diutarakan salah. Pada tingkatan ini peserta didik cenderung
menggunakan sumber asli Ordelinnes (keteraturan) berdasarkan Curiosity
(keingintahuan), Suggestion (saran).