Implementasi Konsep Pendidikan Menurut Pavlov dan Skinner (Pendidikan Sebagai Pembentukan Perilaku)
Implementasi Konsep Pendidikan Menurut Pavlov dan Skinner
(Pendidikan Sebagai Pembentukan Perilaku)
Prinsip belajar yang dikembangkan oleh Skinner antara lain:
1. Hasil belajar harus segera diberitahukan kepada siswa, jika salah
dibetulkan, jika benar diberi penguat.
2. Proses belajar harus mengikuti irama dari yang belajar.
3. Materi pelajara, digunakan sistem modul.
4. Dalam proses pembelajaran, lebih dipentingkan aktivitas sendiri.
5. Dalam proses pembelajaran, tidak diguanakan hukuman. Namun ini lingkungan
perlu diubah, untuk menghindari adanya hukuman.
6. Tingkahlaku yang sudah sesuai dengan keinginan pendidik, diberi hadiah, dan
sebagaimya.
7. Dalam pembelajaran digunakan shaping.
Pandangan Pavlov tentang belajar, ia mengutamakan perilaku dan perubahan
tingkah laku organisme melalui hubungan stimulus respon (S-R). Dengan demikian
belajar hendaknya mengkondisi stimulus agar bisa menimbulkan respon. Belajar
adalah suatu perubahan tingkah laku yang terus-menerus yang timbul sebagai
akibat dari persyaratan kondisi.
Pertanyaan guru diikuti angkat tangan siswa, suatu pertanda siswa dapat
menjawabnya. Kondisi-kondisi tersebut diciptakan untuk memanggil suatu respon
atau tanggapan.