Implementasi Konsep Pendidikan Menurut Pavlov dan Skinner (Pendidikan Sebagai Pembentukan Perilaku)

Implementasi Konsep Pendidikan Menurut Pavlov dan Skinner (Pendidikan Sebagai Pembentukan Perilaku)
Prinsip belajar yang dikembangkan oleh Skinner antara lain:
1. Hasil belajar harus segera diberitahukan kepada siswa, jika salah dibetulkan, jika benar diberi penguat.
2. Proses belajar harus mengikuti irama dari yang belajar.
3. Materi pelajara, digunakan sistem modul.
4. Dalam proses pembelajaran, lebih dipentingkan aktivitas sendiri.
5. Dalam proses pembelajaran, tidak diguanakan hukuman. Namun ini lingkungan perlu diubah, untuk menghindari adanya hukuman.
6. Tingkahlaku yang sudah sesuai dengan keinginan pendidik, diberi hadiah, dan sebagaimya.
7. Dalam pembelajaran digunakan shaping.

Pandangan Pavlov tentang belajar, ia mengutamakan perilaku dan perubahan tingkah laku organisme melalui hubungan stimulus respon (S-R). Dengan demikian belajar hendaknya mengkondisi stimulus agar bisa menimbulkan respon. Belajar adalah suatu perubahan tingkah laku yang terus-menerus yang timbul sebagai akibat dari persyaratan kondisi.
Pertanyaan guru diikuti angkat tangan siswa, suatu pertanda siswa dapat menjawabnya. Kondisi-kondisi tersebut diciptakan untuk memanggil suatu respon atau tanggapan.


Last modified: Sunday, 20 December 2020, 8:54 PM