Keunggulan Kompetitif
Setelah perusahaan meraih satu atau lebih dari tujuan bisnis yang sebelumnya dibahas—keunggulan operasional; produk, layanan, dan model bisnis baru; hubungan dengan pelanggan/pemasok; peningkatan kualitas pengambilan keputusan—saat ha-hal tersebut ada, perusahaan dianggap telah mencapai keunggulan kompetitif. Melakukan sesuatu lebih baik dari pesaing, membayar lebih murah untuk produk lebih bagus, dan respons cepat dan terkini terhada pelanggan dan pemasok, semuanya dapat meningkatkan penjualan dan laba yang tidak bisa diikuti oleh para pesaing. Apple Inc., Walmart, dan UPS yang akan dibahas lebih lanjut dalam bab ini, adalah pemimpin-pemimpin pangsa pasar industry, karena mereka tahu bagaimana cara menggunakan system informasi untuk mencapai tujuannya.
Teknologi dan system informasi merupakan perangkat
utama bagi perusahaan untuk menciptakan produk dan layanan baru, hal
demikian juga berlaku bagi model bisnis yang masih baru. Model bisnis
dapat diartikan sebagai cara perusahaan dalam memproduksi, mengirim, dan
menjual produk ataupun jasa untuk memperoleh keuntungan. Industry music
saat ini sangat berbeda dengan industry music satu decade yang lalu.
Perusahaan Apple Inc. mengubah model bisnis lama pendistribusian music
dari yang menggunakan piringan hitam, kaset, dan CD kedalam system
penditribusian legal (memiliki jaminan hukum) secara online melalui
teknologi iPod. Apple telah memperoleh banyak keuntungan berkat
serangkaian pengembangan inovasi iPod, seperti layanan music iTunes,
iPad dan iPhone.