5.2. Bagian, Fungsi dan Pengertian Ribbon Pada Ms. Excel

A. Pengertian Ribbon pada Ms. Excel

Ribbon pada Microsoft Excel adalah kumpulan perintah yang terdiri dari beberapa tab menu dan setiap tab terdiri dari tombol-tombol perintah dalam grup tertentu. Ribbon terdiri dari tab menugrup perintah (command group) dan tombol perintah (command button). Masing-masing menu terdiri dari command group tempat tombol perintah berkelompok. Tombol perintah memberikan beragam kegunaan atau fungsi pada Microsoft Excel.

B. Jenis Ribbon Ms. Excel dan Fungsinya
Ribbon Microsoft Excel terdiri dari dari tab menu yang dilengkapi dengan grup perintah.
  • Tab menu pada Microsoft Excel 2016 terdiri dari menu File, Home, Page Layout, Formulas, Data, Review, View, Developer, Load Test, Power Pivot dan Team.
  • Fitur DeveloperLoad Test, dan Team secara default disembunyikan pada Microsoft Excel.
Gambar Tampilan Workbook pada Microsoft Excel dan Bagiannya

  1. Menu File, Menu file merupakan menu utama pada Microsoft Excel 2016. Sejak rilis Microsoft Excel 2010, Office Button mulai digantikan dengan Menu File pada Ribbon Microsoft Excel. Menu File berfungsi untuk membuat, menyimpan, membuka serta manajemen file dan aplikasi pada Microsoft Excel.
Menu File Pada Microsoft Excel

2. Menu Home, Menu home pada Microsoft Excel memberikan perintah-perintah pada Microsoft Excel yang paling sering digunakan. Berikut ilustrasi dari Menu Home.

Menu Home pada Microsoft Excel 2016

Adapun Command Group dari Menu Home,
    • Clipboard, adalah grup perintah yang digunakan untuk melakukan Cut, Copy dan Paste pada Ms. Excel
Cut adalah perintah untuk memindahkan data.
Copy perintah untuk menggandakan data dan,
Paste adalah perintah untuk menjalankan perintah cut/paste di sel, worksheet maupun workbook yang berbeda dengan data aslinya.

    • Font, adalah grup perintah yang berfungsi untuk manajemen font pada Ms. Excel.
Anda dapat membuka dialog font dengan menekan CTRL+SHIFT+F. Berikut dialog font pada Microsoft Excel.

Dialog Font Pada Microsoft Excel

    • Alignment, adalah grup perintah pada Ms. Excel yang berfungsi untuk mengatur rataan tampilan data serta penggabungan sel Ms. Excel.
Anda juga dapat membuka dialog alignment pada Microsoft excel dengan klik ikon di pojok kanan bawah group alignment. Berikut dialog alignment.

Alignment pada Microsoft Excel 2016

    • Number, adalah grup perintah yang berfungsi untuk mengubah format tampilan angka pada Ms. Excel.
Terdapat banyak format angka pada Microsoft Excel seperti general, accounting, percentage dan lain-lain. Berikut tampilan dialog number pada Microsoft Excel.

Number pada Microsoft Excel 2016

    • Styles, adalah grup perintah yang berfungsi untuk memberikan kustomisasi tampilan sel pada Ms. Excel, Fitur ini membuat tabel yang akan dicetak menjadi lebih menarik.
    • Cells, adalah grup perintah yang berfungsi untuk melakukan modifikasi sel baik width (lebar), height (tinggi) dan lain-lain.
    • Editing, adalah grup perintah yang berfungsi untuk manajemen data. Editing menyediakan tombol perintah yang sering digunakan untuk membuat formula Excel seperti SUM, MAX, MIN dan lain-lain.

3. Menu insert, Menu Insert berfungsi untuk menyisipkan data pada lembar kerja Microsoft Excel. Berikut Ilustrasi dari menu Insert.

  • Menu Insert pada Microsoft Excel 2016

Adapun Command Group dari menu Insert,

    • Tables, adalah grup perintah yang berfungsi untuk membuat tabel dan pivot
    • Illustrations, adalah grup perintah yang berfungsi untuk menambhakan gambar dan shape
    • Add-Ins, adalah grup perintah untuk menambahkan fitur tambahan dari microsoft store
    • Charts, adlah grup perintah yang berfungsi untuk membuat grafik pada Ms. Excel

Berikut ilustrasi dari dialog charts pada Microsoft Excel


    • Tours, adalah grup perintah yang dapat membuat data geografis pada Ms. Excel. 3D Maps Microsoft Excel dapat diilustrasikan sebagai berikut.
3D Maps Pada Microsoft Excel 2016

    • Sparklines, adalah grup perintah yang berfungsi untuk membuat mini charts
    • Filters, adalah grup perintah yang berfungsi untuk menyaring data
    • Text, adalah grup perintah yang berfungsi untuk menambahkan teks khusus
4. Menu Page Layout
Menu Page Layout digunakan untuk mengatur ukuran lembar kerja terkait dengan proses mencetak file Excel. Menu Page Layout diilustrasikan sebagai berikut.

Menu Page Layout pada Microsoft Excel 2016

    • Themes, adalah grup perintah yang berfungsi memberikan efek visual pada lembar kerja Ms. Excel
    • Page Set Up, adalah grup perintah yang berfungsi melakukan pengaturan kertas pada lembar kerja Ms. Excel
  • Berikut ilustrasi Page Setup pada Microsoft Excel.


Page Setup pada Microsoft Excel 2016

    • Scale To Fit, adalah grup perintah yang berfungsi mengatur skala baris dan kolom terhadap ukuran kertas pada lembar kerja Ms. excel. Anda dapat mengatur banyaknya kolom dan baris yang akan ditampilkan pada ukuran kertas di lembar kerja Microsoft Excel. Kotak dialog ini sebenarnya berada pada kotak dialog Page Setup namun disediakan grup khusus untuk mempermudah pengguna.
    • Sheet Option, adalah grup perintah yang berfungsi untuk menampilkan Gridlines (garis pembatas sel) dan headings baik saat melakukan editing melalui lembar kerja  Ms. Excel maupun printing.  
Jendela sheet Option berada pada tab sheet jendela Page Setup.

Sheet Options pada Microsoft Excel 2016

    • Arrange, adalah grup perintah yang berfungsi untuk megatur objek umumnya berupa shape pada lembar kerja Ms. Excel. Terdapat pilihan Bring Forward, Send Backward, Selection Pane, Align, Group Objects dan Rotate.
5. Menu Formula 
Menu Formulas berisi grup perintah terkait formula Excel, berikut ilustrasi dari menu Formulas.

Menu Formulas pada Microsoft Excel 2016

    • Function Libraryadalah grup perintah yang berfungsi menampilkan semua formula yang dapat digunakan pada Microsoft Excel.
    • Defined Names, adalah grup perintah ini berfungsi untuk memberikan nama sel pada Microsoft Excel.
    • Formula Auditing, adalah grup perintah yang berisi untuk manajemen suatu proses yang dilakukan suatu formula terhadap sel-sel pada Microsoft Excel.
    • Calculation, secara default fitur ini memang diaktifkan di Microsoft Excel untuk menghitung suatu formula secara langsung.
6. Menu Data
Menu Data terkait dengan manajemen data secara keseluruhan pada Microsoft Excel.

Menu Data pada Microsoft Excel 2016

7. Menu Review 
Menu Review terkait dengan penulisan, perubahan serta komentar pada Microsoft Excel.

Menu Review pada Microsoft Excel 2016

8. Menu View
Menu View terkait dengan tampilan pada jendela Microsoft Excel secara keseluruhan.

Menu View pada Microsoft Excel 2016


Last modified: Monday, 7 March 2022, 2:42 PM