Skip to main content

7.1. Otorisasi Dalam Pengelolaan Keuangan

Otorisasi adalah verifikasi dan validasi oleh pihak yang berwenang bahwa aktivitas atau transaksi sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang ditetapkan.


Otorisasi Dalam Pengelolaan Keuangan

Dalam sebuah organisasi usaha CEO mempunyai otorisasi penuh atas keberlangsungan suatu usaha tersebut. Dalam organisasi yang besar dan sibuk sangatlah tidak praktis apabila hanya ada satu orang saja yang membuat semua keputusan dan memberi otorisasi kepada staff untuk meringankan beban dan menjamin operasi berjalan dengan mulus. Bagaimana jika orang tersebut sakit atau ada halangan tidak masuk kerja, maka pastinya perusahaan tersebut akan lumpuh selama CEO tidak masuk kerja.

Setiap organisasi sebaiknya membuat keputusan di awal tentang siapa mengerjakan apa di dalam prosedur keuangan sehingga otorisasi dalam pengelolaan keuangan dapat berjalan. Apa yang telah diputuskan sebaiknya dicatat dalam dokumen pemberian otorisasi; dokumen ini bertujuan untuk memperjelas siapa yang memiliki tanggung jawab untuk membuat keputusan, melakukan pembayaran dan menandatangani dokumen hukum sebagai wakil dari organisasi sehingga tidak terjadi kebingungan mengenai masalah tanggung jawab.

Dengan adanya dokumen otorisasi makan akan sangat membatu jalannya sebuah perusahaan, perusahaan akan tetap berjalan meskipun CEO tidak berada di tempat. Dokumen otorisasi harus di serahkan kepada orang-orang yang memang dianggap kompeten untuk menerima tanggung jawab tersebut.



Last modified: Wednesday, 7 April 2021, 12:03 PM