Pengertian Customer Service

Pengertian Customer Service

Customer service adalah setiap kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada nasabah atas pelayanan yang diberikan (customer satisfaction) sehingga kebutuhan nasabah dapat terpenuhi. Seorang customer service diharapkan dapat memberikan pelayanan yang cepat, akurat, baik dan ramah terhadap nasabah.

Customer service memegang peranan penting di perusahaan selain memberikan pelayanan juga berfungsi membina hubungan dengan masyarakat (public relation). Seorang customer service selain memiliki kondisi fisik yang baik, juga harus memiliki kemampuan dan etika pelayanan. Hal tersebut berfungsi untuk mempertahankan nasabah lama untuk terus menggunakan produk di perusahaan dan menarik calon nasabah baru untuk membeli produk yang ditawarkan.

Berikut ini beberapa pengertian dan definisi Customer Service dari beberapa sumber buku:

1.    Menurut Kasmir (2005), customer service adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada nasabah, melalui pelayanan yang dapat memenuhi kegiatan dan kebutuhan nasabah. 

2.    Menurut Moenir (2008), customer service adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang berlandaskan faktor materialnya melalui sistem, prosedur, dan metode tertentu dalam rangka usaha memenuhi kepentingan orang lain sesuai hak-haknya.


Last modified: Sunday, 4 December 2022, 11:55 PM