Tingkatan Kemampuan Berpikir Reflektif

Pada tingkatan ini peserta didik dikatakan kurang reflektif karenan hanya melalui tingkatan reacting yaitu isa melakukan pemahaman terhadap masalah yang dihadapi melalui bebrapa undikator di atas. Pada fase ini peserta didik menggunakan sumber asli Curiosty (keingintahuan), karena dengan adanya keinginan peserta didik busa memahmai apa yang ditanyakan.

Pada tingkatan ini dikatakan cukup reflektif karena dapat melaluo tingkatan reacting dan Comparing yaitu bisa memahami masalah sekaligus menjelaskan jawaban dari permasalahan yang pernah didapatkan, mengaitkan masalah yang ada dengan permasalahan yang lain yang hampir sama dan pernah dihadapi. Pada tingkat ini peserta didik cenderung menggunakan sumber asli Curiosity (keinginna) dan Suggestion (sara), karena peserta didik menghubungkan apa yang ditanyakan dengan permasalahan yang hampir sama dan pernah dihadapi.

Pada tingkat ini peserta didik dikatakan reflektif karena dapat melalui tingkatan Reacting, Comparing, dan Contemplating yaitu bisa membuat kesimpulan berdasarkan pemahaman terhadap apa yang ditanyakan, pengaitannya dengan permasalahan dapat memperbaiki dan menjelaskan jika jawaban yang diutarakan salah. Pada tingkatan ini peserta didik cenderung menggunakan sumber asli Ordelinnes (keteraturan) berdasarkan Curiosity (keingintahuan), Suggestion (saran).

Terakhir diperbaharui: Tuesday, 12 November 2024, 14:17