9.1. Pengertian Administrasi

Kata administrasi berasal dari bahasa latin yang terdiri atas kata ad dan ministrare. Kata ad mempunyai arti yang sama dengan kata to dalam bahasa inggris yang berarti “ke”atau”kepada”. Dan kata ministrare sama artinya dengan kata to serve atau to conduct yang berarti ”melayani, membantu dan mengarahkan”. Dalam bahasa inggris to administer berarti pula ”mengatur, memelihara dan mengarahkan”. Jadi kata administrasi secara harfiah dapat di artikan sebagai suatu kegiatan atau usaha untuk membantu, malayani, mengarahkan atau mengatur semua kegiatan didalam mencapai suatu tujuan.

Dalam pengertian istilah administrasi diartikan sebagai pengelolaan kegiatan, terutama yang berhubungan dengan urusan publik, kebijakan pemerintah, dan lain-lain (Burhanuddin, 1994: 5). Administrasi sebagai segenap rangkaian perbuatan penyelenggaraan setiap usaha kerja sama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu. John M. Pliffner menyatakan administrasi sebagai usaha pengorganisasian dan pengarahan sumber tenaga manusia maupun benda dalam ranngka mencapai tujuan yang diinginkan. Kegiatan pengarahan dan pengornganisasian tersebut merupakan bagian dari fungsi-fungsi manajemen. Sedangkan istilah sumber tenaga manusia dan benda menunjukkan bagian unsur administrasi yang menyebabkan adanya kegiatan ketatausahaan seperti kepegawaian dan perbekalan. Administrasi tidak hanya sebagi suatu kegiatan ketatausahaan, melainkan meliputi kegiatan-kegiatan pengorganisasian dan pengarahan sumber tenaga manusia dan material dalam rangka mencapai tujuan.

Sondang P. Siagian (1989: 3) mendefinisikan administrasi sebagai keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Administrasi secara terminologi dapat diartikan sebagai kegiatan atau rangkaian kegiatan sebagai proses pengendalian usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan atau ditentukan sebelumnya.

Administrasi juga dapat diartikan dalam pengertian sempit dan dalam pengertian yang luas. 

  • Administrasi dalam pengertian yang sempit yaitu kegiatan ketatausahaan yang intinya adalah kegiatan rutin catat-mencatat, mendokumentasikan kegiatan, menyelenggarakan surat-menyurat dengan segala aspeknya serta mempersiapkan laporan. Dalam hal ini kegiatan administrasi meliputi pekerjaan tata usaha. Sedangkan Administrasi dalam pengertian yang luas yaitu menyangkut kegiatan manajemen/pengelolaan terhadap keseluruhan komponen organisasi untuk mewujudkan tujuan/program organisasi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pekerjaan administrasi merupakan pekerjaan operatif dan manajemen.
  • Dalam pengertian yang luas ini, istilah administrasi juga dapat diartikan sebagai suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang tergabung dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan sebelumnya agar efektif dan efisien. Dalam batasan tersebut di atas, makna administrasi dapat di urai paling tidak menjadi lima pengertian pokok, yaitu :

  1. Administrasi merupakan kegiatan atau kegiatan manusia
  2. Rangkaian kegiatan itu marupakan suatu proses/ pengelolaan dari suatu kegiatan yang kompleks, oleh sebab itu bersifat dinamis
  3. Proses itu dilakukan bersama oleh sekelompok manusia yang tergabung dalam suatu organisasi
  4. Proses itu dilakukan dalam rangka mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya
  5. Proses pengelolaan itu dilakukan agar tujuannya dapat dicapai secara efektif dan efisien. (Tsauri, 2007: 2)

Dengan demikian administrasi mempunyai ciri-ciri adanya kelompok manusia (2 orang atau lebih), adanya kerjasama dari kelompok tersebut, adanya bimbingan, kepemimpinan, dan pengawasan, serta adanya tujuan kelompok. Pada zaman dahulu administrasi dikenakan kepada pekerjaan yang berkaitan dengan pengabdian atau pelayanan kepada raja atau menteri-menteri dalam mengelola pemerintahannya. Sekarang administrasi telah mengalami perkembangan yang pesat, sehingga administrasi mempunyai pengertian yang luas, antara lain:

  1. Mempunyai pengertian sama dengan manajemen.
  2. Menyuruh orang agar bekerja secara produktif.
  3. Memanfaatkan manusia, material, uang, metode secara terpadu.
  4. Mencapai suatu tujuan melalui orang lain.

Last modified: Tuesday, 23 November 2021, 10:41 PM