Pokok Topik Kursus
- Umum
- Ekonomi dan Keuangan Digital : Konsep dan Tren
Ekonomi dan Keuangan Digital : Konsep dan Tren
- I.1 Pendahuluan HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Pre Test 1.0
- I.2 Sekilas tentang ekonomi digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.1 Pendahuluan ditandai selesai
- I.3 Ekosistem TIK HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.2 Sekilas tentang ekonomi digital ditandai selesai
- I.4 Kesenjangan Digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.3 Ekosistem TIK ditandai selesai
- I.5 Model bisnis HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.4 Kesenjangan Digital ditandai selesai
- 1.6 Post Test KuisTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.5 Model bisnis ditandai selesai
- definisi dasar dari keuangan teknologi dan dampak sektor digital pada ekonomi
definisi dasar dari keuangan teknologi dan dampak sektor digital pada ekonomi
- 2.1 Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 2.0 Pre Test
- 2.2 Dampak ekonomi digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.1 Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) ditandai selesai
- 2.3 Analisa Pasar Online HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.2 Dampak ekonomi digital ditandai selesai
- 2.4 perdagangan berfokus secara elektronik pada perusahaan line star-up HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.3 Analisa Pasar Online ditandai selesai
- 2.5 lokasi perdangan online HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.4 perdagangan berfokus secara elektronik pada perusahaan line star-up ditandai selesai
- 2.6 Post Test KuisTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.5 lokasi perdangan online ditandai selesai
- konsep penting mengenai prinsip dan perkembangan E- Commerce
konsep penting mengenai prinsip dan perkembangan E- Commerce
- 3.1 Definisi formal dan informal E- Commerce HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 3.0 Pre Test
- 3.2 Tipe E- Commerce HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.1 Definisi formal dan informal E- Commerce ditandai selesai
- 3.3 Kategori model bisnis E-Commerce HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.2 Tipe E- Commerce ditandai selesai
- 3.4 Model pendapatan E- Commerce HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.3 Kategori model bisnis E-Commerce ditandai selesai
- 3.5 Rekapitulasi konsep E- Commerce HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.4 Model pendapatan E- Commerce ditandai selesai
- 3.6 Perkembangan E-Commerce HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.5 Rekapitulasi konsep E- Commerce ditandai selesai
- 3.7 Faktor pendorong teknologi E- Commerce HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.6 Perkembangan E-Commerce ditandai selesai
- 3.8 Post Test KuisTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.7 Faktor pendorong teknologi E- Commerce ditandai selesai
- Dampak E- Commerce terhadap kinerja bisnis dan perekonomian
Dampak E- Commerce terhadap kinerja bisnis dan perekonomian
- 4.1 Transformasi bisnis dalam praktik E- Commerce HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 4.0 Pre Test
- 4.2 Benefit-cost dalam praktik E-Commerce skala mikro dan makro HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.1 Transformasi bisnis dalam praktik E- Commerce ditandai selesai
- 4.3 Temuan utama survei BPS terhadap E-Commerce HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.2 Benefit-cost dalam praktik E-Commerce skala mikro dan makro ditandai selesai
- 4.4 E-Commerce proses Chain dan implikasinya HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.3 Temuan utama survei BPS terhadap E-Commerce ditandai selesai
- 4.5 Implikasi e-commerce dan peran Bank Central HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.4 E-Commerce proses Chain dan implikasinya ditandai selesai
- 4.6 Post Test KuisTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.5 Implikasi e-commerce dan peran Bank Central ditandai selesai
- Big Data di era industri 4.0 dan taksonomi Big Data dan Artificial Intelligence
Big Data di era industri 4.0 dan taksonomi Big Data dan Artificial Intelligence
- 5.1 Era disrupsi teknologi dan fenomena limpahan data HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 5.0 Pre Test
- 5.2 Taksonomi Big Data dan AI HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.1 Era disrupsi teknologi dan fenomena limpahan data ditandai selesai
- 5.3 Data Science dan metodologi terkait Big Data HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.2 Taksonomi Big Data dan AI ditandai selesai
- 5.4 Proses Data Analytics HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.3 Data Science dan metodologi terkait Big Data ditandai selesai
- 5.5 Mekanisme Machine Learning HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.4 Proses Data Analytics ditandai selesai
- 5.6 Industri 4.0 dibidang digital perbankan HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.5 Mekanisme Machine Learning ditandai selesai
- 5.8 Post Test KuisTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.6 Industri 4.0 dibidang digital perbankan ditandai selesai
- ekstraksi informasi untuk data tidak terstruktur, ruang lingkup Artificial Intelligence, Studi Kasus Big Data dan AI untuk pendukung pengambilan keputusan
ekstraksi informasi untuk data tidak terstruktur, ruang lingkup Artificial Intelligence, Studi Kasus Big Data dan AI untuk pendukung pengambilan keputusan
- 6.1 ekstraksi infromasi untuk data dalam bisnis digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 6.0 Pre Test
- 6.2 Ruang lingkup AI dan model disrupsi AI HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.1 ekstraksi infromasi untuk data dalam bisnis digital ditandai selesai
- 6.3 Studi kasus implementasi Big Data dan AI untuk Pengambilan keputusan HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.2 Ruang lingkup AI dan model disrupsi AI ditandai selesai
- 6.4 Tantangan transformasi bisnis digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.3 Studi kasus implementasi Big Data dan AI untuk Pengambilan keputusan ditandai selesai
- 6.5 pendukung pengambilan keputusan HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.4 Tantangan transformasi bisnis digital ditandai selesai
- 6.6 Post Test KuisTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.5 pendukung pengambilan keputusan ditandai selesai
- Teknologi Bisnis digital dan komponennya: evolusi, manfaat, dan tantangannya dalam kaitannya dengan ekonomi dan finansial
Teknologi Bisnis digital dan komponennya: evolusi, manfaat, dan tantangannya dalam kaitannya dengan ekonomi dan finansial
- 7.1 Industri 4.0: Lokomotif Teknologi 4.0 HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 7.0 Pre Test
- 7.2 Sekilas Ekonomi Dunia dan Evolusi Layanan Finansial HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.1 Industri 4.0: Lokomotif Teknologi 4.0 ditandai selesai
- 7.3 Fokus pada manajemen tekhnologi bisnis digital perbankan HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.2 Sekilas Ekonomi Dunia dan Evolusi Layanan Finansial ditandai selesai
- 7.4 Perubahan Revisi Struktur organisasi pendekatan manajemen perubahan HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.3 Fokus pada manajemen tekhnologi bisnis digital perbankan ditandai selesai
- 7.5 Tantangan reformasi bisnis digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.4 Perubahan Revisi Struktur organisasi pendekatan manajemen perubahan ditandai selesai
- 7.6 kaitan ekonomi dengan finansial HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.5 Tantangan reformasi bisnis digital ditandai selesai
- 7.7 Post Test KuisTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.6 kaitan ekonomi dengan finansial ditandai selesai
- UTS
- Komponen Teknologi Bisnis Digital: definisi, konsep dan arsitektur, aplikasi, tantangan dan tren serta studi kasus
Komponen Teknologi Bisnis Digital: definisi, konsep dan arsitektur, aplikasi, tantangan dan tren serta studi kasus
- 9.1 Konsep Teknologi dalam Ekonomi Digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 9.0 Pre Test
- 9.2 Komponen Teknologi Ekonomi Digital (Block Chain, Data Analytics, AI, 3D printing, Internet of Things, Automation, Cloud Computing) HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.1 Konsep Teknologi dalam Ekonomi Digital ditandai selesai
- 9.3 Tren, Potensi dan Aplikasi Teknologi 4.0 HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.2 Komponen Teknologi Ekonomi Digital (Block Chain, Data Analytics, AI, 3D printing, Internet of Things, Automation, Cloud Computing) ditandai selesai
- 9.4 Kesiapan Indonesia dalam menerapkan teknologi 4.0 HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.3 Tren, Potensi dan Aplikasi Teknologi 4.0 ditandai selesai
- 9.5 studi kasus dalam bisnis digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.4 Kesiapan Indonesia dalam menerapkan teknologi 4.0 ditandai selesai
- 9.6 Tantangan Dalam Bisnis Digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.5 studi kasus dalam bisnis digital ditandai selesai
- 9.7 Post Test KuisTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.6 Tantangan Dalam Bisnis Digital ditandai selesai
- Konsep Dasar Keamanan Digital dan Keamanan siber
Konsep Dasar Keamanan Digital dan Keamanan siber
- 10.2 Pengenalan cyber HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Pre Test 1.0
- 10.3 Ruang lingkup cyber HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.2 Pengenalan cyber ditandai selesai
- 10.4 Tren ancaman digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.3 Ruang lingkup cyber ditandai selesai
- 10.5 Kriteria (obyektif) keamanan (cyber security, information security, IT, security etc) HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.4 Tren ancaman digital ditandai selesai
- 10.6 kategori keamanan cyber HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.5 Kriteria (obyektif) keamanan (cyber security, information security, IT, security etc) ditandai selesai
- 10.7 konsep dasar keamanan digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.6 kategori keamanan cyber ditandai selesai
- 10.8 Konsep Dasar Keamanan Siber HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.7 konsep dasar keamanan digital ditandai selesai
- 10.9 Post Test KuisTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.8 Konsep Dasar Keamanan Siber ditandai selesai
- konsep dasar dan metodologi analisis risiko keamanan serta metode umum untuk penanganan risiko keamanan
konsep dasar dan metodologi analisis risiko keamanan serta metode umum untuk penanganan risiko keamanan
- 11.2 Perspektif risiko dalam keamanan HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 11.1 Pre Test
- 11.3 Dinamika risiko ekosistem layanan digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.2 Perspektif risiko dalam keamanan ditandai selesai
- 11.4 Regulasi Keamanan Layanan Digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.3 Dinamika risiko ekosistem layanan digital ditandai selesai
- 11.5 Perlindungan Konsumen (Customer Protection) HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.4 Regulasi Keamanan Layanan Digital ditandai selesai
- 11.6 Perlindungan Data (Data Protection) HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.5 Perlindungan Konsumen (Customer Protection) ditandai selesai
- 11.7 Penanganan Risiko Keamanan (Security Risk Treatment) HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.6 Perlindungan Data (Data Protection) ditandai selesai
- 11.8 Post Test KuisTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.7 Penanganan Risiko Keamanan (Security Risk Treatment) ditandai selesai
- perilaku konsumen dalam lingkungan digital
perilaku konsumen dalam lingkungan digital
- 12.2 Konsumen Dalam lingkungan Digital perbankan HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 12.1 Pre Test
- 12.3 Trend Permintaan konsumen HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.2 Konsumen Dalam lingkungan Digital perbankan ditandai selesai
- 12.4 Perilaku dan bias perilaku konsumen HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.3 Trend Permintaan konsumen ditandai selesai
- 12.5 Perilaku Berbelanja Konsumen Dalam Lingkungan Digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.4 Perilaku dan bias perilaku konsumen ditandai selesai
- 12.6 Strategi penjual dalam pasar digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.5 Perilaku Berbelanja Konsumen Dalam Lingkungan Digital ditandai selesai
- 12.7 Post Test KuisTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.6 Strategi penjual dalam pasar digital ditandai selesai
- perilaku perusahaan dalam lingkungan digital
perilaku perusahaan dalam lingkungan digital
- 13.2 Peluang lingkungan digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 13.1 Pre Test
- 13.2 Manfaat Lingkungan Digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.2 Peluang lingkungan digital ditandai selesai
- 13.3 Digitalisasi dan persaingan harga HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.2 Manfaat Lingkungan Digital ditandai selesai
- 13.4 Hambatan yang dihadapi HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.3 Digitalisasi dan persaingan harga ditandai selesai
- 13.5 Strategi menghadapi pesaing HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.4 Hambatan yang dihadapi ditandai selesai
- 13.6 konsep perilaku perusahaan HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.5 Strategi menghadapi pesaing ditandai selesai
- 13.7 Post Test KuisTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.6 konsep perilaku perusahaan ditandai selesai
- Blueprint atau Strategi Bisnis Digital Nasional
Blueprint atau Strategi Bisnis Digital Nasional
- 14.2 Pengertian Blueprint Bisnis Digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 14.1 Pre Test
- 14.3 Indikator Pembangunan Digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.2 Pengertian Blueprint Bisnis Digital ditandai selesai
- 14.4 Strategi Bisnis Digital – Negara-negara OECD HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.3 Indikator Pembangunan Digital ditandai selesai
- 14.5 Optimisasi Pelayanan Bisnis Digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.4 Strategi Bisnis Digital – Negara-negara OECD ditandai selesai
- 14.6 Strategi Bisnis Digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.5 Optimisasi Pelayanan Bisnis Digital ditandai selesai
- 14.7 Pembuatan Blueprint HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.6 Strategi Bisnis Digital ditandai selesai
- 14.8 Post Test KuisTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.7 Pembuatan Blueprint ditandai selesai
- Brueprint/Strategi Bisnis Digital Perbankan dan Kordinasi Kebijakan
Brueprint/Strategi Bisnis Digital Perbankan dan Kordinasi Kebijakan
- 15.2 Pentingnya Strategi dan Kebijakan Digital National HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 15.1 Pre Test
- 15.3 Bisnis Digital di Indonesia HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.2 Pentingnya Strategi dan Kebijakan Digital National ditandai selesai
- 15.4 Potensi dan Kesempatan HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.3 Bisnis Digital di Indonesia ditandai selesai
- 15.5 Urgensi Blueprint/Strat egi Digital HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.4 Potensi dan Kesempatan ditandai selesai
- 15.6 Strategi Bisnis Digital Nasional Indonesia HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.5 Urgensi Blueprint/Strat egi Digital ditandai selesai
- 15.7 hubungan antara Brueprint/Strategi Bisnis Digital Perbankan dan Kordinasi Kebijakan HalamanTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.6 Strategi Bisnis Digital Nasional Indonesia ditandai selesai
- 15.8 Post Test KuisTerbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.7 hubungan antara Brueprint/Strategi Bisnis Digital Perbankan dan Kordinasi Kebijakan ditandai selesai
- UAS