Pokok Topik Kursus

  • Ekonomi dan Keuangan Digital : Konsep dan Tren

    •  I.1 Pendahuluan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Pre Test 1.0
    •  I.2 Sekilas tentang ekonomi digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.1 Pendahuluan ditandai selesai
    •  I.3 Ekosistem TIK Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.2 Sekilas tentang ekonomi digital ditandai selesai
    •  I.4 Kesenjangan Digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.3 Ekosistem TIK ditandai selesai
    •  I.5 Model bisnis Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.4 Kesenjangan Digital ditandai selesai
    •  1.6 Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.5 Model bisnis ditandai selesai
  • definisi dasar dari keuangan teknologi dan dampak sektor digital pada ekonomi

    •  2.1 Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 2.0 Pre Test
    •  2.2 Dampak ekonomi digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.1 Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) ditandai selesai
    •  2.3 Analisa Pasar Online Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.2 Dampak ekonomi digital ditandai selesai
    •  2.4 perdagangan berfokus secara elektronik pada perusahaan line star-up Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.3 Analisa Pasar Online ditandai selesai
    •  2.5 lokasi perdangan online Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.4 perdagangan berfokus secara elektronik pada perusahaan line star-up ditandai selesai
    •  2.6 Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.5 lokasi perdangan online ditandai selesai
  • konsep penting mengenai prinsip dan perkembangan E- Commerce

    •  3.1 Definisi formal dan informal E- Commerce Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 3.0 Pre Test
    •  3.2 Tipe E- Commerce Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.1 Definisi formal dan informal E- Commerce ditandai selesai
    •  3.3 Kategori model bisnis E-Commerce Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.2 Tipe E- Commerce ditandai selesai
    •  3.4 Model pendapatan E- Commerce Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.3 Kategori model bisnis E-Commerce ditandai selesai
    •  3.5 Rekapitulasi konsep E- Commerce Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.4 Model pendapatan E- Commerce ditandai selesai
    •  3.6 Perkembangan E-Commerce Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.5 Rekapitulasi konsep E- Commerce ditandai selesai
    •  3.7 Faktor pendorong teknologi E- Commerce Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.6 Perkembangan E-Commerce ditandai selesai
    •  3.8 Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.7 Faktor pendorong teknologi E- Commerce ditandai selesai
  • Dampak E- Commerce terhadap kinerja bisnis dan perekonomian

    •  4.1 Transformasi bisnis dalam praktik E- Commerce Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 4.0 Pre Test
    •  4.2 Benefit-cost dalam praktik E-Commerce skala mikro dan makro Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.1 Transformasi bisnis dalam praktik E- Commerce ditandai selesai
    •  4.3 Temuan utama survei BPS terhadap E-Commerce Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.2 Benefit-cost dalam praktik E-Commerce skala mikro dan makro ditandai selesai
    •  4.4 E-Commerce proses Chain dan implikasinya Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.3 Temuan utama survei BPS terhadap E-Commerce ditandai selesai
    •  4.5 Implikasi e-commerce dan peran Bank Central Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.4 E-Commerce proses Chain dan implikasinya ditandai selesai
    •  4.6 Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.5 Implikasi e-commerce dan peran Bank Central ditandai selesai
  • Big Data di era industri 4.0 dan taksonomi Big Data dan Artificial Intelligence

    •  5.1 Era disrupsi teknologi dan fenomena limpahan data Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 5.0 Pre Test
    •  5.2 Taksonomi Big Data dan AI Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.1 Era disrupsi teknologi dan fenomena limpahan data ditandai selesai
    •  5.3 Data Science dan metodologi terkait Big Data Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.2 Taksonomi Big Data dan AI ditandai selesai
    •  5.4 Proses Data Analytics Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.3 Data Science dan metodologi terkait Big Data ditandai selesai
    •  5.5 Mekanisme Machine Learning Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.4 Proses Data Analytics ditandai selesai
    •  5.6 Industri 4.0 dibidang digital perbankan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.5 Mekanisme Machine Learning ditandai selesai
    •  5.8 Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.6 Industri 4.0 dibidang digital perbankan ditandai selesai
  • ekstraksi informasi untuk data tidak terstruktur, ruang lingkup Artificial Intelligence, Studi Kasus Big Data dan AI untuk pendukung pengambilan keputusan

    •  6.1 ekstraksi infromasi untuk data dalam bisnis digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 6.0 Pre Test
    •  6.2 Ruang lingkup AI dan model disrupsi AI Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.1 ekstraksi infromasi untuk data dalam bisnis digital ditandai selesai
    •  6.3 Studi kasus implementasi Big Data dan AI untuk Pengambilan keputusan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.2 Ruang lingkup AI dan model disrupsi AI ditandai selesai
    •  6.4 Tantangan transformasi bisnis digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.3 Studi kasus implementasi Big Data dan AI untuk Pengambilan keputusan ditandai selesai
    •  6.5 pendukung pengambilan keputusan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.4 Tantangan transformasi bisnis digital ditandai selesai
    •  6.6 Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.5 pendukung pengambilan keputusan ditandai selesai
  • Teknologi Bisnis digital dan komponennya: evolusi, manfaat, dan tantangannya dalam kaitannya dengan ekonomi dan finansial

    •  7.1 Industri 4.0: Lokomotif Teknologi 4.0 Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 7.0 Pre Test
    •  7.2 Sekilas Ekonomi Dunia dan Evolusi Layanan Finansial Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.1 Industri 4.0: Lokomotif Teknologi 4.0 ditandai selesai
    •  7.3 Fokus pada manajemen tekhnologi bisnis digital perbankan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.2 Sekilas Ekonomi Dunia dan Evolusi Layanan Finansial ditandai selesai
    •  7.4 Perubahan Revisi Struktur organisasi pendekatan manajemen perubahan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.3 Fokus pada manajemen tekhnologi bisnis digital perbankan ditandai selesai
    •  7.5 Tantangan reformasi bisnis digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.4 Perubahan Revisi Struktur organisasi pendekatan manajemen perubahan ditandai selesai
    •  7.6 kaitan ekonomi dengan finansial Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.5 Tantangan reformasi bisnis digital ditandai selesai
    •  7.7 Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.6 kaitan ekonomi dengan finansial ditandai selesai
  • Komponen Teknologi Bisnis Digital: definisi, konsep dan arsitektur, aplikasi, tantangan dan tren serta studi kasus

    •  9.1 Konsep Teknologi dalam Ekonomi Digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 9.0 Pre Test
    •  9.2 Komponen Teknologi Ekonomi Digital (Block Chain, Data Analytics, AI, 3D printing, Internet of Things, Automation, Cloud Computing) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.1 Konsep Teknologi dalam Ekonomi Digital ditandai selesai
    •  9.3 Tren, Potensi dan Aplikasi Teknologi 4.0 Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.2 Komponen Teknologi Ekonomi Digital (Block Chain, Data Analytics, AI, 3D printing, Internet of Things, Automation, Cloud Computing) ditandai selesai
    •  9.4 Kesiapan Indonesia dalam menerapkan teknologi 4.0 Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.3 Tren, Potensi dan Aplikasi Teknologi 4.0 ditandai selesai
    •  9.5 studi kasus dalam bisnis digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.4 Kesiapan Indonesia dalam menerapkan teknologi 4.0 ditandai selesai
    •  9.6 Tantangan Dalam Bisnis Digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.5 studi kasus dalam bisnis digital ditandai selesai
    •  9.7 Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.6 Tantangan Dalam Bisnis Digital ditandai selesai
  • Konsep Dasar Keamanan Digital dan Keamanan siber

    •  10.2 Pengenalan cyber Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Pre Test 1.0
    •  10.3 Ruang lingkup cyber Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.2 Pengenalan cyber ditandai selesai
    •  10.4 Tren ancaman digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.3 Ruang lingkup cyber ditandai selesai
    •  10.5 Kriteria (obyektif) keamanan (cyber security, information security, IT, security etc) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.4 Tren ancaman digital ditandai selesai
    •  10.6 kategori keamanan cyber Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.5 Kriteria (obyektif) keamanan (cyber security, information security, IT, security etc) ditandai selesai
    •  10.7 konsep dasar keamanan digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.6 kategori keamanan cyber ditandai selesai
    •  10.8 Konsep Dasar Keamanan Siber Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.7 konsep dasar keamanan digital ditandai selesai
    •  10.9 Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.8 Konsep Dasar Keamanan Siber ditandai selesai
  • konsep dasar dan metodologi analisis risiko keamanan serta metode umum untuk penanganan risiko keamanan

    •  11.2 Perspektif risiko dalam keamanan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 11.1 Pre Test
    •  11.3 Dinamika risiko ekosistem layanan digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.2 Perspektif risiko dalam keamanan ditandai selesai
    •  11.4 Regulasi Keamanan Layanan Digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.3 Dinamika risiko ekosistem layanan digital ditandai selesai
    •  11.5 Perlindungan Konsumen (Customer Protection) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.4 Regulasi Keamanan Layanan Digital ditandai selesai
    •  11.6 Perlindungan Data (Data Protection) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.5 Perlindungan Konsumen (Customer Protection) ditandai selesai
    •  11.7 Penanganan Risiko Keamanan (Security Risk Treatment) Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.6 Perlindungan Data (Data Protection) ditandai selesai
    •  11.8 Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.7 Penanganan Risiko Keamanan (Security Risk Treatment) ditandai selesai
  • perilaku konsumen dalam lingkungan digital

    •  12.2 Konsumen Dalam lingkungan Digital perbankan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 12.1 Pre Test
    •  12.3 Trend Permintaan konsumen Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.2 Konsumen Dalam lingkungan Digital perbankan ditandai selesai
    •  12.4 Perilaku dan bias perilaku konsumen Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.3 Trend Permintaan konsumen ditandai selesai
    •  12.5 Perilaku Berbelanja Konsumen Dalam Lingkungan Digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.4 Perilaku dan bias perilaku konsumen ditandai selesai
    •  12.6 Strategi penjual dalam pasar digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.5 Perilaku Berbelanja Konsumen Dalam Lingkungan Digital ditandai selesai
    •  12.7 Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.6 Strategi penjual dalam pasar digital ditandai selesai
  • perilaku perusahaan dalam lingkungan digital

    •  13.2 Peluang lingkungan digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 13.1 Pre Test
    •  13.2 Manfaat Lingkungan Digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.2 Peluang lingkungan digital ditandai selesai
    •  13.3 Digitalisasi dan persaingan harga Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.2 Manfaat Lingkungan Digital ditandai selesai
    •  13.4 Hambatan yang dihadapi Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.3 Digitalisasi dan persaingan harga ditandai selesai
    •  13.5 Strategi menghadapi pesaing Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.4 Hambatan yang dihadapi ditandai selesai
    •  13.6 konsep perilaku perusahaan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.5 Strategi menghadapi pesaing ditandai selesai
    •  13.7 Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.6 konsep perilaku perusahaan ditandai selesai
  • Blueprint atau Strategi Bisnis Digital Nasional

    •  14.2 Pengertian Blueprint Bisnis Digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 14.1 Pre Test
    •  14.3 Indikator Pembangunan Digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.2 Pengertian Blueprint Bisnis Digital ditandai selesai
    •  14.4 Strategi Bisnis Digital – Negara-negara OECD Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.3 Indikator Pembangunan Digital ditandai selesai
    •  14.5 Optimisasi Pelayanan Bisnis Digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.4 Strategi Bisnis Digital – Negara-negara OECD ditandai selesai
    •  14.6 Strategi Bisnis Digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.5 Optimisasi Pelayanan Bisnis Digital ditandai selesai
    •  14.7 Pembuatan Blueprint Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.6 Strategi Bisnis Digital ditandai selesai
    •  14.8 Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.7 Pembuatan Blueprint ditandai selesai
  • Brueprint/Strategi Bisnis Digital Perbankan dan Kordinasi Kebijakan

    •  15.2 Pentingnya Strategi dan Kebijakan Digital National Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 15.1 Pre Test
    •  15.3 Bisnis Digital di Indonesia Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.2 Pentingnya Strategi dan Kebijakan Digital National ditandai selesai
    •  15.4 Potensi dan Kesempatan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.3 Bisnis Digital di Indonesia ditandai selesai
    •  15.5 Urgensi Blueprint/Strat egi Digital Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.4 Potensi dan Kesempatan ditandai selesai
    •  15.6 Strategi Bisnis Digital Nasional Indonesia Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.5 Urgensi Blueprint/Strat egi Digital ditandai selesai
    •  15.7 hubungan antara Brueprint/Strategi Bisnis Digital Perbankan dan Kordinasi Kebijakan Halaman
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.6 Strategi Bisnis Digital Nasional Indonesia ditandai selesai
    •  15.8 Post Test Kuis
      Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.7 hubungan antara Brueprint/Strategi Bisnis Digital Perbankan dan Kordinasi Kebijakan ditandai selesai