Topic outline

  • General

  • Topik-1 Pendahuluan

    Restricted Not available unless: You belong to 4 Malam A

    Interaksi manusia dan komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.

  • Topik-2 Prinsip Usability

    Restricted Not available unless:
    • You achieve a required score in Post Test-1
    • You belong to 4 Malam A

    Prinsip Usability pada mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer adalah suatu masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna. Sistem akan bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem dapat termanfaatkan secara maksimal. 

  • Topik-3 Analisis Tugas (Task Analisis)

    Restricted Not available unless:
    • You belong to 4 Malam A
    • You achieve a required score in Post Test-2

    Analisis tugas (Task Analysis) = suatu metode untuk menganalisis pekerjaan manusia, apa yang dikerjakan, dengan apa mereka bekerja, dan apa yang harus mereka ketahui. Contoh : apa saja tugas yang harus dilakukan dalam membersihkan rumah.

  • Topik-4 Desain IMK

    Restricted Not available unless:
    • You belong to 4 Malam A
    • You achieve a required score in Post Test-3

    Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

  • Topik-5 Desain Grafis

    Restricted Not available unless: You belong to 4 Malam A
    Desain grafis adalah sebuah bentuk seni dengan tujuan untuk memecahkan masalah komunikasi melalui kombinasi elemen grafis seperti bentuk, garis, warna, dan sebagainya. Visual yang tercipta diharapkan dapat menjadi sarana penyampaian informasi atau pesan secara jelas dan efektif, bahkan mampu membentuk persepsi manusia akan sebuah hal.
  • Topik-6 Prototyping

    Restricted Not available unless:
    • You achieve a required score in Post Test-5
    • You belong to 4 Malam A

    Prototyping adalah proses merancang sebuah prototype dimana prototype / pawarupa sendiri adalah sebuah model dari sebuah model produk yang mungkin belum memiliki semua fitur produk sesungguhnya namun sudah memiliki fitur – fitur utama dari produk sesungguhnya dan biasa digunakan untuk keperluan testing/uji coba untuk bahan uji coba sebelum berlanjut ke fase pembuatan produk sesungguhnya.

  • Topik-7 Rapid Prototyping

    Restricted Not available unless:
    • You belong to 4 Malam A
    • You achieve a required score in Post Test-6

    Rapid Prototyping adalah metode-metode yang digunakan untuk membuat model berskala (prototipe) dan fabrikasi dari mulai bagian suatu produk (part) ataupun rakitan produk (assembly) secara cepat dengan menggunakan data Computer Aided Design (CAD) tiga dimensi.

  • Topik-8 UTS

    •  UTS Quiz
      Restricted Not available unless:
      • You belong to 4 Malam A
      • The activity Post Test-7 is marked complete
    •  UTS Remedial Quiz
      Restricted Not available unless:
      • You belong to 4 Malam A
      • The activity Post Test-7 is marked complete
  • Topik-9 Desain Dialog

    Restricted Not available unless: You belong to 4 Malam A

    DESAIN DIALOG DALAM IMK. Dialog dalam arti umum adalah percakapan antara dua kelompok atau lebih. Sedangkan dialog dalam konteks perencanaan user interface adalah struktur dari percakapan antara user dan sistem komputer. Dalam mendesain sebuah dialog, diperlukan deskripsi yang terpisah dari program secara keseluruhan.

  • Topik-10 Penanganan Kesalahan & Help-Dokumentasi

    Restricted Not available unless:
    • You belong to 4 Malam A
    • You achieve a required score in Post Test-9

    Hampir tidak ada sistem yang berjalan sempurna sebelum melewati berbagai rentetan kesalahan (error). Semakin besar sistem yang dibuat, semakin banyak kesalahan yang dapat timbul.

  • Topik-11 Evaluasi Produk IMK

    Restricted Not available unless:
    • You belong to 4 Malam A
    • You achieve a required score in Post Test-10

    Evaluasi adalah suatu tes atas tingkat penggunaan dan fungsionalitas system yang dilakukan di dalam laboratorium, di lapangan, atau di dalam kolaborasi dengan pengguna.

  • Topik-12 Website

    Restricted Not available unless:
    • You belong to 4 Malam A
    • You achieve a required score in Post Test-11

    Situs web atau website adalah kumpulan informasi dalam bentuk halaman web yang saling tergabung di sebuah domain atau URL. 

  • Topik-13 COMPUTER SUPPORT COOPERATIVE WORK (CSCW)

    Restricted Not available unless:
    • You achieve a required score in Post Test-12
    • You belong to 4 Malam A

    Bidang studi yang fokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk mendukung kerja kelompok.

  • Topik-14 Visualisasi Informasi

    Restricted Not available unless:
    • You achieve a required score in Post Test-13
    • You belong to 4 Malam A

    Visualisasi adalah rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk penampilan suatu informasi. Visualisasi dalam bentuk gambar baik yang bersifat abstrak maupun nyata telah dikenal sejak awal dari peradaban manusia. Contoh ; lukisan di dinding-dinding gua dari manusia purba. Sekarang visualisasi telah berkembang dan banyak dipakai untuk keperluan ilmu pengetahuan, rekayasa, visualisasi desain produk, pendidikan multimedia interaktif, kedokteran, dan lain-lain.

  • Topik-15 Audio - Agent

    Restricted Not available unless:
    • You belong to 4 Malam A
    • You achieve a required score in Post Test-14

    Audio sering disebut sebagai media komunikasi. Audio dalam sistem komunikasi bercirikan video, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Contohnya pada radio dan televisi.

    Agents adalah segala sesuatu yang dapat melihat, mengartikan, mengetahui (perceiving) linkungannya melalui alat sensor (sensors) dan bertindak (acting) melalui alat aktuator (actuators).

  • UAS

    Restricted Not available unless: You belong to 4 Malam A