General
Tim Dosen Pengampu Mata Kuliah
- Achmad Ridwan, ST, M.Si
Referensi Buku Ajar- Insap Santoso,
2010, Interaksi Manusia dan Komputer, Jakarta : Andi
- E. Rogers, H. Sharp & J. Preece, 2002, Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction, Wiley and Sons Press
- Indra Yatini B, 2014, Interaksi Manusia & Komputer, Jakarta : Graha Ilmu
Tujuan PembelajaranMata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer merupakan mata kuliah yang membekali pengetahuan dalam bidang TIK dengan mengedepankan penguasaan topik utama yaitu, memahami konsep teoritis tentang interaksi manusia dan komputer, dapat merancang user interface, menganalisis dan menghasilkan sebuah prototype, penanganan terhadap kesalahan dan dokumentasi, pengenalan teknik evaluasi serta merancang dan dengan membandingkan dengan yang lainnya.
Capaian Pembelajaran Mahasiswa- Mahasiswa
mengenal dan memahami konsep dasar dari Interaksi Manusia dan Komputer
- Mahasiswa mengetahui dan memahami prinsip usabililty, desain proses dan kemampuan manusia
- Mahasiswa mengetahui dan memahami analisis dalam menyelesaikan tugas
- Mahasiswa mampu melakukan desain dalam proses analisis tugas
- Mahasiswa mengetahui dan mengerti konsep prototyping
- Mahasiswa mengetahui dan memahami model-model dialog dalam desain
-
Mahasiswa mengetahui dan mengerti tentang penanganan kesalahan dan help dokumentasi.
Metode pembelajaran setiap pertemuan mengikuti ketentuan sebagai berikut :- Pelaksanaan Pre Test (Kuis Pembuka) selama 10% dari durasi waktu perkuliahan.
- Pembacaan materi Page Content selama 40% dari durasi waktu perkuliahan.
- Pelaksanaan Video Conference selama 30% dari durasi waktu perkuliahan.
- Pelaksanaan Post Test (Kuis Pembuka) selama 20% dari durasi waktu perkuliahan.
- Mahasiswa harus menceklis materi yang sudah dibaca dan materi sebelumnya menjadi syarat membuka materi berikutnya.
- Nilai Post Test lebih besar sama dengan 70 menjadi syarat untuk membuka topik selanjutnya, dengan diberikan kesempatan 5 kali percobaan.