General
- 1. Penilaian atau evaluasi berdasarkan :
a. Absensi 10%, Nilai Kuis 20%, Nilai UTS 25%, Nilai UAS 35%, Tugas 10%
2. Menggunakan Buku Wajib dibaca :
a. Kasmir & Jakhfar. Studi Kelayakan Bisnis Edisi Kedua. Jakarta. Kencana Prenada
Media Group,
b. Umar, Husein. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama
3. Mata kuliah ini membahas dan menjelaskan tentang gambaran umum pasar uang dan pasar modal, cara menganalisa dan menilai surat berharga, menaganalisa resiko total, CAPM, surat berharga derivatif, deviden dan right , reksadana, SWAP, efisiensi pasar modal, diversifikasi internasional dan, pengukuran dan evaluasi.aspek aspek study kelayakan bisnis.
4. Penilaian Sikap paling menentukan dalam nilai:
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan
d. bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
e. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
f. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
g. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
h. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
i. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
j. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandir;
k. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
l. optimis, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemauan belajar yang besar; dan
m. memiliki pandangan yang luas, terbuka, dan berfikir positif.
Demikian lah kontrak perkuliahan dari kami tim dosen Study Kelayakan Bisnis, agar dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya dalam masa perkuliahan berlangsung,
Hormat kami,
Team Lecture Study Kelayakan Bisnis 1. Memahami ruang lingkup studi kelayakan bisnis
2. Memahami tentang wawasan studi kelayakan bisnis
*. Memahami :
3. Aspek pasar
4. Aspek pemasaran
5. Aspek teknis dan teknologi
6. Aspek manajemen
7. Aspek SDM
8. Aspek finansial
9. Aspek Ekonomi sosial dan politik
10. Aspek Lingkungan industri
11. Aspek yuridis
12. Aspek lingkungan hidup
13. Antisipasi Resiko
14. Pedoman Praktik studi kelayakan bisnis
Nina Purnasari, S.E., M.Si.
Referensi Buku Ajar :
1. Study Kelayakan Bisnisa. Kasmir & Jakhfar. Studi Kelayakan Bisnis Edisi Kedua.Jakarta. Kencana Prenada Media Group,b. Umar, Husein. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta. PT.Gramedia Pustaka Utama
3. Mata kuliah ini membahas dan menjelaskan tentang gambaran umum pasar uang dan pasar modal, cara menganalisa dan menilai surat berharga, menaganalisa resiko total, CAPM, surat berharga derivatif, deviden dan right , reksadana, SWAP, efisiensi pasar modal, diversifikasi internasional dan, pengukuran dan evaluasi.aspek aspek study kelayakan bisnis.
4. Penilaian Sikap paling menentukan dalam nilai:a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan
d. bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
e. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
f. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
g. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
h. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
i. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
j. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandir;
k. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
l. optimis, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemauan belajar yang besar; dan
m. memiliki pandangan yang luas, terbuka, dan berfikir positif.
Tujuan Pembelajaran1. Mampu mengelola dan menjalankan bisnis baik bisnis baru (startup) maupun yang sudah berjalan dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen bisnis, tanggung jawab sosial dan keberlanjutan
2. Mampu bekerja pada bidang pemasaran, operasional, sumber daya manusia, dan keuangan pada sektor swasta maupun pemerintahan
3. Mampu melakukan analisa dan pemecahan masalah bisnis menggunakan metode ilmiah dan prinsip-prinsip manajemen
4. Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang manajemen
5. Mampu mengidentifikasi peluang bisnis dan memformulasikan dalam rencana bisnis yang komprehensif
6. Mampu berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan dan tertulis, dengan menggunakan berbagai saluran komunikasi.
Capaian Pembelajaran Mahasiswa :1. Menguasai konsep teoritis dasar metode dan analisis fungsi organisasi meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemantauan dan evaluasi serta pengendalian pada organisasi bisnis dan non bisnis
2. Menguasai konsep teoritis dan teknik menyusun rencana strategis dan menjabarkan dalam rencana operasional dan rencana aksi
3. Menguasai konsep tentang metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara kasus, survey atau ekeperimen secara eksploratif, deskriftif dan verifikatif
4. Menguasai konsep teoritis dan teknik pengelolaan bisnis dan kewirausahaan pada sektor bisnis jasa dan produk.
5. Mengusaai konsep teoritis dan teknik penyusunan laporan keuangan dan analisis pada tataran utama.
6. Menguasai prinsip dan teknik komunikasi efektif dalam menjalankan peran sebagai manajerprofesional
7. Menguasai prinsip peraturan perundangan yang berhubungan dengan pekerjaan/profesi pada organisasi bisnis.
8. Menguasai etika bisnis dan nilai-nilai kemanusaiaan
Metode Pembelajaran, yaitu :
1. Pelaksanaan pre test (kuis pembuka) selama 10% dari durasi waktu perkuliahan
2. Pembacaan materi page content selama 40% dari durasi waktu perkuliahan
3. Pelaksanaan video conference selama 30% dari durasi waktu perkuliahan
4. Pelaksanaan post test (kuis akhir) selama 20% dari durasi waktu perkuliahanUmar, Husein. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama
Kasmir & Jakhfar. Studi Kelayakan Bisnis Edisi Kedua. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.