10.2 5.Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah laporan yang diterbitkan oleh perusahaan untuk para pemegang saham. Laporan ini memuat laporan keuangan dasar dan juga analisis manajemen atas operasi tahun lalu dan pendapat mengenai prospek-prospek perusahaan dimasa mendatang. (Rodoni & Ali : 2010 )

Laporan keuangan merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan, ringkasan dari transaksi-transaksi yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan. Laporan keuangan ini dibuat oleh manajemen untuk mempertanggung jawabkan tugas-tugas yang dibebankan oleh para pemilik perusahaan. (Baridwan : 2004)

Analisis laporan keuangan perusahaan dimaksudkan untuk membantu manajemen dan pihak-pihak yang berkepentingan dalam menyusun perencanaan dan pengendalian perusahaan. Sehingga dengan adanya laporan keuangan tersebut diharapkan mampu memberikan bantuan informasi dalam membuat keputusan ekonomi yang bersifat finansial. (Hakim : 2006)

Dengan memperoleh laporan keuangan, maka dapat diketahui kondisi keuangan perusahaan tersebut secara keseluruhan. Laporan keuangan dapat digunakan untuk menilai perubahan posisi keuangan, informasi kinerja perusahaan, dan sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan.

tujuan laporan keuangan suatu bank adalah sebagai berikut : (Kasmir : 2004)

 

a. Memberikan informasi keuangan tentang jumlah aktiva dan jenis-jenis aktiva yang dimiliki.

b. Memberikan informasi keuangan tentang jumlah kewajiban dan

jenis-jenis kewajiban jangka pendek(lancar) maupun jangka panjang.

c. Memberikan informasi keuangan tentang jumlah modal dan jenis-jenis modal bank pada waktu tertentu.

d. Memberikan informasi tentang hasil usaha yang tercermin dari jumlah pendapatan yang diperoleh dan sumber-sumber pendapatan tersebut.

e. Memberikan informasi tentang perubahan-perubahan yang terjadi dalam aktiva, kewajiban dan modal suatu bank.

f. Memberikan informasi tentang kinerja manajemen dalam suatu periode dalam hasil laporan keuangan yang disajikan.