6.1 Investasi

Investasi merupakan kata yang sering dan banyak kita dengar dalam berbagai kesempatan. Kata investasi itu sendiri merupakan bahasa yang berasal dari bahasa inggris, yaitu investment(Heykal, Muhammad. 2012:9).
Berikut beberapa pengertian tentang investasi :
1.Dalam pengertian kamus Websters, kata invest dapat didefinisikan sebagai “to make use of for future benefits or advantages and to commit money in order to earn a financial return. Secara teori, terhadap investasi yang lebihberisiko, investor akan mengharapkanreturnyang lebih tinggi. Akan tetapi ada pula investor yang dalakegiatan investasinya tidak semata-mata mempertimbangkan aspek finansial namun juga mempertimbangkan nilainilai yang dianutnya, seperti ajaran agama.(Nurul Huda dan Mustafa Edwin Nasution, 2007:3).
2.Investasi sering diartikan sebagai kegiatan menyisihkan sebagian dana untukditempatkan pada sarana investasi dengan harapan dapat memetik nilai ekonomis di kemudian hari. Pada umumnya, investor akan memilih untuk menginvestasikan
dananya dengan pertimbanganpertimbangan finansial, yaitu mempertimbangkan imbal hasil (return) dan risiko (risk) semata.(Ida Syafrida, Indianik Haminah dan Bambang Waluyo, 2014:196).
3.Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.(Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2007:441).
4.Dalam kamus istilah Pasar Modal dan Keuangan, kata Investasi diartikan sebagaimenanamkan uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.(Deny Setiawan dan Yusbar Yusuf, 2009:91).
5. Investasi merupakan sebuah penundaan konsumsi masa kini yang dimasukkan ke dalam proses produksi yang produktif dan hasilnya untuk konsumsi mendatang. (Mustika Noor Mifrahi, 2013: 214).
6. Investasi adalah pengorbanan nilai tertentu yang berlaku saat ini untuk mendapatkan nilai di masa datang yang belum dapat dipastikan besarnya.(Muhammad Nafik HR,2009:67).