7.2 Prilaku Bisnis

  1. Perilaku Bisnis
Perilaku bisnis pada umumnya didasarkan pada rangkaian keputusan yang dibuat oleh perusahaan. Dilihat dari kekuatan dan tekanan eksternal yang memaksakan perilaku perusahaan, maka keputusan yang diambil tersebut dipandu oleh hal-hal berikut ini:
  1. Tujuan yang dicapai
  2. Pedoman-pedoman yang harus dipatuhi dan berasal dari luar perusahaan, seperti yang diamanatkan oleh hokum yang berlaku.
  3. Pedoman-pedoman yang dibuat bersama dengan pihak lain, dalam bentuk perjanjian. Pedoman-pedoman yang patut dipatuhi, yang merupakan kebiasaan, falsafah perusahaan, budaya perusahaan dan etika bisnis.
Dalam bisnis, baik itu perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa, pedoman bertindak yang terkait dengan perhatian perusahaan akan norma etika bisnis yang berlaku dalam hal ini cenderung untuk memenuhi persyaratan seperti berikut
  1. Dapat dipirkan secara logis dan dapat diberikan pertanggungjawaban kepada khalayak
  2. Dilakukan dengan menggunakan fakta
  3. Didasarkan dengan prinsip-prinsip yang diterima oleh masyarakat
Dalam hal ini pembuat keputusan dapat melakukan langkah-langkah seperti berikut:
  1. Memecahkan konflik kewajiban yang terdapat dalam kerangka keputusan yang akan dibuat.
  2. Memecahkan konflik keputusan ideal yang melekat pada permasalahan yang akan diputuskan.
  3. Memilih pemecahan yang menghasilkan manfaat yang terbesar atau kerugian yang terkecil.