7.3 Kode Etik Dalam Bisnis

Suatu hal yang seringkali sulit dilakukan oleh seorang professional dalam bisnis adalah menyeimbangkan antara idealism profesi dan tuntutan para pengusaha yang sering mengesampingkan norma-norma etika demi tercapainya tujuan bisnis pada umumnya, yaitu keuntungan. Kode etik dalam bisnis mengupayakan untuk mencegah terjadinya benturan-benturan kepentingan yang akan merugikan beberapa pihak, walaupun masih dalam bentuk himbauan. Sebab berbeda sekali dengan kaidah hokum yang dengan tegas akan memeberi sanksi nyata bagi para pelanggannya secara hokum, sedangkan pelanggaran kode etik belum mempunyai sanksi yang dapat dilaksanakan. Hanya dengan kesadaran para pelaku bisnis, kode etik akan ditaati bersama sehingga hal tersebut justru akan dapat melindungi bisnis yang dikelolanya.
Sikap jujur dan patuh terhadap standar etika bisnis akan dapat menumbuhkan rasa saling percaya, saling menghormati di antara para pelaku bisnis, yang pada gilirannya nanti akan berdampak pada adanya efisiensi dalam berusaha serta menciptaka iklim persaingan yang sehat di dunia bisnis sehingga kepentingan semua pihak yang terkait, termasuk para pelanggan akan dapat dilayani dengan memuaskan tabpa ada benturan-benturan.
Dunia bisnis harus berupaya untuk bersaing secara sehat, yang kuat membantu yang lemah, sehingga akan terbentuk strutur dunia usaha yang kokoh, sehingga dalam jangka panjang disamping bisnis kita menjadi global, tetapi ikatan kebangsaan kitaserta jati diri kita sebagai manusia Indonesia tetap ada.