TEFL 2 SYLLABUS

LOGO FKIP

 

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

(FKIP UNPRI)

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

JENIS DOKUMEN

DISUSUN OLEH:

DISETUJUI OLEH:

KOORDINATOR

KETUA PROGRAM STUDI

FORMULIR MUTU

 

 

 

 

[KRESNA NINGSIH MANIK, S.S.,M.Hum.]

[Yenita Br Sembiring, S.S.,M.Hum]

TANGGAL :

 

TANGGAL :

 

Program Studi:

Kode:

Nama Matakuliah:

SKS:

Dosen Pengampu:

PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

ING62158

TEACHING ENGSLISH AS A FOREIGN LANGUAGE 2 (TEFL 2)

2

[KRESNA NINGSIH MANIK, S.S.,M.Hum.]

 

 

 

 

 

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN YANG DIBEBANKAN KEPADA MATA KULIAH

CPL

Kode CPL

PERNYATAN CPL

SIKAP

S01

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; sebagai cerminan pengakuan atas keagungan Tuhan telah menganugerahkan kemampuan menerapkan nilai-nilai mulia.

S02

menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

S03

berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

S04

berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

S05

menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S06

bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

 

S07

taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

 

S08

menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S09

menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S10

menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

 

S11

optimis, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemauan belajar yang besar; dan

 

S12

 

memiliki pandangan yang luas, terbuka, dan berfikir positif.

PENGETAHUAN

 

Menguasai  dasar pembelajaran, metode, materi dan pola piker keilmuan Bahasa Inggris yang diperlukan untuk melaksanakan Pembelajaran  Bahasa Inggris.

 

Meguasai prinsip pedagogi, sumber belajar dan media pembelajaran Bahasa Inggris yang sesuai.

 

 

KETERAMPILAN UMUM

KU01

mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memerhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; 

KU02

mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU03

mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memerhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

KU04

mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

KU05

mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU06

mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

KU07

mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;

 

KU08

 

 

 

 

 

 

mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan

mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiarisme;

 

 

KU09

mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiarisme;

KU10

mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta mampu berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global;

 

KU11

mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktik plagiarisme;

KU12

mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian; dan

 

KU13

mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis.

 

KETERAMPILAN KHUSUS

 

Mengkaji konsep, prinsip, teknik dan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran bahasa inggris dengan memanfaatkan Iptek yang berorientasi pada kecakapan hidup di tingkat dasar, menengah, dan atas

 

Mengaplikasikan bahasa Inggris secara lisan dan tertulis dalam konteks komunikasi umum, akademis dan pekerjaan sesuai dengan standar mutu internasional

 

 

 

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

KODE

PERYATAAN CP-MK

CPMK-01

Mahasiswa Mampu mengidentifikasi dan memahami orientasi mata kuliah dan pembelajaran TEFL II

CPMK-02

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memahami tentang “The Principles in Teaching Language and Learners and Teachers”

CPMK-03

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang “Approaches, Methods, and Techniques in Teaching Language”

CPMK-04

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang “How to Teach Listening, Speaking, Reading, and Writing”

 

CPMK-05

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang “Teaching Material Development”, How to Design Lesson Plan, Learning Models”

 

 

DESKRPISI MATA KULIAH

Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan teori serta pengetahuan tentang pembelajaran bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris, dan mambahas berbagai pengertian dan pembelajaran bahasa, perkembangan metode, pendekatan, teknik, dan strategi pengajaran, pengelolaan dan interaksi kelas, pengembangan pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi pengajaran, dan peranan hasil penelitian, pengajaran Bahasa Inggris.

 

 

Aktifitas kelas siswa mencakup kerja pribadi, kerja kelompok. Penilaian pencapaian siswa berdasarkan partisipasi kelas, tugas-tugas, ujian tengah semester (UTS), dan ujian akhir semester (UAS).

 

 

PRASYARAT MATA KULIAH

Mahasiswa mampu mengajar berkaitan dengan bahasa dan pembelajaran bahasa, dengan pendekatan, metode, dan teknik dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa, kompetensi bahasa komunikatif, pengajaran keterampilan dan komponen bahasa Inggris, strategi dalam proses belajar mengajar, merancang dan merencanakan pembelajaran, dan menguji siswa. . 

 

 

PENYELENGARAAN MATA KULIAH

Perkuliahan diselenggarakan dengan Metode Pembelajaran:

•           Ceramah

•           Diskusi dalam kelompok-kelompok kecil maupun berpasangan

•           Membaca terbimbing (guided reading)

•           Latihan Pelafalan (pronunciation practice)

 

KOMPONEN PENILAIAN

NO

KOMPONEN PENILAIAN

BOBOT (%)

1

Kehadiran dan partisispasi kelas dalam diskusi

10

2

Kuis-kuis

20

3

Ujian Tengah Semester (UTS)

30

4

Ujian Akhir Semester (UAS)

40

5

Jumlah

100 %

 

 

 

 

REFRENSI

 

 Peace Corp,Information Collection & Exchange 1111 20th Street, NW, Washington, DC 20526, USA

Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press

Haycraft, J. 1998. Introduction To English Language Teaching. London: Longman.

 

Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.

 

Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.

Hubbard, P. et al. A Training Course for TEFL. Oxford: Oxford University Press.  

 

 

PERT

KE

SESI

Kemampuan Akhir yang diharapkan (SUB CPMK)

Indikator Capaian

Bahan Kajian

Metode Pembelajaran dan Pengajaran Belajar

Alokasi Waktu

 

Evaluasi /Penilaian

Sumber Belajar

T

P

Jenis

Kriteria

Bobot (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

(10)

(11)

(12)

1.

1

Mampu mengidentifikasi, dan memahami orientasi mata kuliah dan pembelajaran TEFL II

 

Ketepatan pemahaman tentang orientasi mata kuliah dan pembelajaran TEFL II

orientasi mata kuliah dan pemahaman tentang TEFL II

·  Lecturing 

·  Discussion

·  Writing the conclusion

 

20

50

Penilaian  sikap dan tertulis

Mampu memahami materi dan mengaplikasikannya

2.5%

Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.

 

Hubbard, P. et al. A Training Course for TEFL. Oxford: Oxford University Press. 

2.

2

Mampu mengidentifikasi, dan memahami tentang the principles in teaching language and learners and teachers

Kejelasan pemahaman tentang the principles in teaching language and learners and teachers

1.       Principles in teaching language

2.       Learners and teacher

·         Lecturing 

·         Discussion

·         Writing the conclusion

 

20

50

Penilaian  sikap dan tertulis

Mampu memahami materi dan mengaplikasikannya

2.5%

Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.

 

Hubbard, P. et al. A Training Course for TEFL. Oxford: Oxford University Press

3.

3

Mampu mengidentifikasi, dan memahami tentang approaches, methods, and techniques in teaching languages

Kejelasan pemahaman tentang approaches, methods, and techniques in teaching languages

Approaches, methods, and teachnique in teaching language.

  • Lecturing 
  • Discussion
  • Writing the conclusion

 

20

50

Penilaian  sikap, tertulis, dan diri

Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya

2.5%

Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.

 

Hubbard, P. et al. A Training Course for TEFL. Oxford: Oxford University Press

4.

4

Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang how to teach listening

Kejelasan pemahaman tentang how to teach listening

Teaching Listening

  • Lecturing 
  • Discussion
  • Writing the conclusion

 

20

50

Penilaian  sikap, tertulis, dan diri

Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya

2.5%

Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.

 

Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.

 

Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press

5.

5

Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang how to teach speaking

Kejelasan pemahaman mahasiswa tentang how to teach speaking

Teaching Speaking

  • Lecturing 
  • Discussion
  • Writing the conclusion

20

50

Penilaian  sikap, tertulis, dan diri

 

Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya

2.5%

Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.

 

Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.

 

Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press

6.

6

Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang how to teach reading

Kejelasan pemahaman tentang how to teach reading

Teaching Reading

  • Lecturing 
  • Discussion

Writing the conclusion

20

40

Penilaian  sikap, tertulis, dan diri

 

Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya

2.5%

Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.

 

Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.

 

Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press

 

7.

7

Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang how to writing

Kejelasan pemahaman tentang how to writing

Teaching Writing

  • Lecturing 
  • Discussion
  • Writing the conclusion

20

50

Penilaian  sikap, tertulis, dan diri

 

Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya

2.5%

Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.

 

Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.

 

Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press

8.

8

Ujian Tengah Semester

9

9

Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang integrate English Skill

Kejelasan pemahaman mahasiswa tentang integrate English Skill

Integrate English Skill

 

  • Lecturing 
  • Discussion
  • Writing the conclusion

20

50

Penilaian  sikap, tertulis, dan diri

 

Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya

2.5%

Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.

 

 

Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.

 

Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press

10

10

Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang Learnig Models

Kejelasan pemahaman mahasiswa tentang Learning Models

Learning Models

  • Lecturing 
  • Discussion
  • Writing the conclusion

20

50

Penilaian  sikap, tertulis, dan diri

 

Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya

2.5%

Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.

 

 

Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.

 

Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press

11.

11

Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang Teaching Material Development

Kejelasan pemahaman  mahasiswa tentang Teaching Material Development

Teaching Material Development

  • Lecturing 
  • Discussion
  • Writing the conclusion

20

50

Penilaian  sikap, tertulis, dan diri

 

Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya

2.5%

Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.

 

 

Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.

 

Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press

 

 

12.

12

Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang Teaching Media Development

Kejelasan pemahaman  mahasiswa tentang Teaching Media Development

Teaching Media Development

  • Lecturing 
  • Discussion
  • Writing the conclusion

20

50

Penilaian  sikap, tertulis, dan diri

 

Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya

2.5%

Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.

 

 

Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.

 

Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press

13.

13

Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang Learning Strategies

Kejelasan pemahaman mahasiswa tentang Learning Strategies

Learning Strategies

  • Lecturing 
  • Discussion
  • Writing the conclusion

20

50

Penilaian  sikap, tertulis, dan diri

 

Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya

2.5%

Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.

 

 

Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.

 

Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press

14.

14

Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang How to Design Lesson Plan

Kejelasan pemahaman mahasiswa tentang How to Design Lesson Plan

Designing Lesson Plan

  • Lecturing 
  • Discussion
  • Writing the conclusion

20

50

Penilaian  sikap, tertulis, dan diri

 

Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya

2.5%

Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.

 

 

Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.

 

Haycraft, J. 1998. Introduction To English Language Teaching. London: Longman.

15.

15

Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang Testing

Kejelasan pemahaman  mahasiswa tentang testing

Testing

  • Lecturing 
  • Discussion
  • Writing the conclusion

20

50

Penilaian  sikap, tertulis, dan diri

 

Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya

2.5%

Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.

 

 

Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.

 

Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press

16.

16

UAS

 


Separate groups: All participants

(There are no discussion topics yet in this forum)