TEFL 2 SYLLABUS
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS |
|||||||||||||||||||||||||
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
|||||||||||||||||||||||||
UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA (FKIP UNPRI) |
|||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
|||||||||||||||||||||||||
JENIS DOKUMEN |
DISUSUN OLEH: |
DISETUJUI OLEH: |
|||||||||||||||||||||||
KOORDINATOR |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||||||||||||||||||||
FORMULIR MUTU |
|
|
|||||||||||||||||||||||
[KRESNA NINGSIH MANIK, S.S.,M.Hum.] |
[Yenita Br Sembiring, S.S.,M.Hum] |
||||||||||||||||||||||||
TANGGAL : |
|
TANGGAL : |
|
||||||||||||||||||||||
Program Studi: |
Kode: |
Nama Matakuliah: |
SKS: |
Dosen Pengampu: |
|||||||||||||||||||||
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS |
ING62158 |
TEACHING ENGSLISH AS A FOREIGN LANGUAGE 2 (TEFL 2) |
2 |
[KRESNA NINGSIH MANIK, S.S.,M.Hum.] |
|||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN YANG DIBEBANKAN KEPADA MATA KULIAH |
CPL |
Kode CPL |
PERNYATAN CPL |
||||||||||||||||||||||
SIKAP |
S01 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; sebagai cerminan pengakuan atas keagungan Tuhan telah menganugerahkan kemampuan menerapkan nilai-nilai mulia. |
|||||||||||||||||||||||
S02 |
menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
||||||||||||||||||||||||
S03 |
berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
||||||||||||||||||||||||
S04 |
berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; |
||||||||||||||||||||||||
S05 |
menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
||||||||||||||||||||||||
S06 |
bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
|
||||||||||||||||||||||||
S07 |
taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
|
||||||||||||||||||||||||
S08 |
menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
||||||||||||||||||||||||
S09 |
menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
||||||||||||||||||||||||
S10 |
menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
|
||||||||||||||||||||||||
S11 |
optimis, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemauan belajar yang besar; dan
|
||||||||||||||||||||||||
S12 |
memiliki pandangan yang luas, terbuka, dan berfikir positif. |
||||||||||||||||||||||||
PENGETAHUAN |
|
Menguasai dasar pembelajaran, metode, materi dan pola piker keilmuan Bahasa Inggris yang diperlukan untuk melaksanakan Pembelajaran Bahasa Inggris. |
|||||||||||||||||||||||
|
Meguasai prinsip pedagogi, sumber belajar dan media pembelajaran Bahasa Inggris yang sesuai. |
||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||
KETERAMPILAN UMUM |
KU01 |
mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memerhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
|||||||||||||||||||||||
KU02 |
mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
||||||||||||||||||||||||
KU03 |
mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memerhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
||||||||||||||||||||||||
KU04 |
mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
||||||||||||||||||||||||
KU05 |
mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
||||||||||||||||||||||||
KU06 |
mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; |
||||||||||||||||||||||||
KU07 |
mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
|
||||||||||||||||||||||||
KU08
|
mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiarisme;
|
||||||||||||||||||||||||
KU09 |
mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiarisme; |
||||||||||||||||||||||||
KU10 |
mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta mampu berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global;
|
||||||||||||||||||||||||
KU11 |
mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktik plagiarisme; |
||||||||||||||||||||||||
KU12 |
mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian; dan
|
||||||||||||||||||||||||
KU13 |
mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis.
|
||||||||||||||||||||||||
KETERAMPILAN KHUSUS |
|
Mengkaji konsep, prinsip, teknik dan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran bahasa inggris dengan memanfaatkan Iptek yang berorientasi pada kecakapan hidup di tingkat dasar, menengah, dan atas |
|||||||||||||||||||||||
|
Mengaplikasikan bahasa Inggris secara lisan dan tertulis dalam konteks komunikasi umum, akademis dan pekerjaan sesuai dengan standar mutu internasional |
||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH |
KODE |
PERYATAAN CP-MK |
|||||||||||||||||||||||
CPMK-01 |
Mahasiswa Mampu mengidentifikasi dan memahami orientasi mata kuliah dan pembelajaran TEFL II |
||||||||||||||||||||||||
CPMK-02 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memahami tentang “The Principles in Teaching Language and Learners and Teachers” |
||||||||||||||||||||||||
CPMK-03 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang “Approaches, Methods, and Techniques in Teaching Language” |
||||||||||||||||||||||||
CPMK-04 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang “How to Teach Listening, Speaking, Reading, and Writing”
|
||||||||||||||||||||||||
CPMK-05 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang “Teaching Material Development”, How to Design Lesson Plan, Learning Models” |
||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||
DESKRPISI MATA KULIAH |
Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan teori serta pengetahuan tentang pembelajaran bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris, dan mambahas berbagai pengertian dan pembelajaran bahasa, perkembangan metode, pendekatan, teknik, dan strategi pengajaran, pengelolaan dan interaksi kelas, pengembangan pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi pengajaran, dan peranan hasil penelitian, pengajaran Bahasa Inggris.
Aktifitas kelas siswa mencakup kerja pribadi, kerja kelompok. Penilaian pencapaian siswa berdasarkan partisipasi kelas, tugas-tugas, ujian tengah semester (UTS), dan ujian akhir semester (UAS).
|
||||||||||||||||||||||||
PRASYARAT MATA KULIAH |
Mahasiswa mampu mengajar berkaitan dengan bahasa dan pembelajaran bahasa, dengan pendekatan, metode, dan teknik dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa, kompetensi bahasa komunikatif, pengajaran keterampilan dan komponen bahasa Inggris, strategi dalam proses belajar mengajar, merancang dan merencanakan pembelajaran, dan menguji siswa. . |
||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||
PENYELENGARAAN MATA KULIAH |
Perkuliahan diselenggarakan dengan Metode Pembelajaran: • Ceramah • Diskusi dalam kelompok-kelompok kecil maupun berpasangan • Membaca terbimbing (guided reading) • Latihan Pelafalan (pronunciation practice) |
||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||
KOMPONEN PENILAIAN |
|
||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||
REFRENSI |
|
Peace Corp,Information Collection & Exchange 1111 20th Street, NW, Washington, DC 20526, USA |
|||||||||||||||||||||||
Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press |
|||||||||||||||||||||||||
Haycraft, J. 1998. Introduction To English Language Teaching. London: Longman. |
|||||||||||||||||||||||||
|
Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge. |
||||||||||||||||||||||||
|
Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press. |
||||||||||||||||||||||||
Hubbard, P. et al. A Training Course for TEFL. Oxford: Oxford University Press. |
|||||||||||||||||||||||||
PERT KE |
SESI |
Kemampuan Akhir yang diharapkan (SUB CPMK) |
Indikator Capaian |
Bahan Kajian |
Metode Pembelajaran dan Pengajaran Belajar |
Alokasi Waktu
|
Evaluasi /Penilaian |
Sumber Belajar |
|||||||
T |
P |
Jenis |
Kriteria |
Bobot (%) |
|||||||||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
(10) |
(11) |
(12) |
||||
1. |
1 |
Mampu mengidentifikasi, dan memahami orientasi mata kuliah dan pembelajaran TEFL II |
Ketepatan pemahaman tentang orientasi mata kuliah dan pembelajaran TEFL II |
orientasi mata kuliah dan pemahaman tentang TEFL II |
· Lecturing · Discussion · Writing the conclusion
|
20 |
50 |
Penilaian sikap dan tertulis |
Mampu memahami materi dan mengaplikasikannya |
2.5% |
Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.
Hubbard, P. et al. A Training Course for TEFL. Oxford: Oxford University Press. |
||||
2. |
2 |
Mampu mengidentifikasi, dan memahami tentang the principles in teaching language and learners and teachers |
Kejelasan pemahaman tentang the principles in teaching language and learners and teachers |
1. Principles in teaching language 2. Learners and teacher |
· Lecturing · Discussion · Writing the conclusion
|
20 |
50 |
Penilaian sikap dan tertulis |
Mampu memahami materi dan mengaplikasikannya |
2.5% |
Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.
Hubbard, P. et al. A Training Course for TEFL. Oxford: Oxford University Press |
||||
3. |
3 |
Mampu mengidentifikasi, dan memahami tentang approaches, methods, and techniques in teaching languages |
Kejelasan pemahaman tentang approaches, methods, and techniques in teaching languages |
Approaches, methods, and teachnique in teaching language. |
|
20 |
50 |
Penilaian sikap, tertulis, dan diri |
Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya |
2.5% |
Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.
Hubbard, P. et al. A Training Course for TEFL. Oxford: Oxford University Press |
||||
4. |
4 |
Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang how to teach listening |
Kejelasan pemahaman tentang how to teach listening |
Teaching Listening |
|
20 |
50 |
Penilaian sikap, tertulis, dan diri |
Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya |
2.5% |
Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.
Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.
Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press |
||||
5. |
5 |
Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang how to teach speaking |
Kejelasan pemahaman mahasiswa tentang how to teach speaking |
Teaching Speaking |
|
20 |
50 |
Penilaian sikap, tertulis, dan diri
|
Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya |
2.5% |
Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.
Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.
Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press |
||||
6. |
6 |
Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang how to teach reading |
Kejelasan pemahaman tentang how to teach reading |
Teaching Reading |
Writing the conclusion |
20 |
40 |
Penilaian sikap, tertulis, dan diri
|
Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya |
2.5% |
Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.
Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.
Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press
|
||||
7. |
7 |
Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang how to writing |
Kejelasan pemahaman tentang how to writing |
Teaching Writing |
|
20 |
50 |
Penilaian sikap, tertulis, dan diri
|
Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya |
2.5% |
Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.
Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.
Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press |
||||
8. |
8 |
Ujian Tengah Semester |
|||||||||||||
9 |
9 |
Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang integrate English Skill |
Kejelasan pemahaman mahasiswa tentang integrate English Skill |
Integrate English Skill
|
|
20 |
50 |
Penilaian sikap, tertulis, dan diri
|
Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya |
2.5% |
Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.
Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.
Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press |
||||
10 |
10 |
Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang Learnig Models |
Kejelasan pemahaman mahasiswa tentang Learning Models |
Learning Models |
|
20 |
50 |
Penilaian sikap, tertulis, dan diri
|
Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya |
2.5% |
Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.
Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.
Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press |
||||
11. |
11 |
Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang Teaching Material Development |
Kejelasan pemahaman mahasiswa tentang Teaching Material Development |
Teaching Material Development |
|
20 |
50 |
Penilaian sikap, tertulis, dan diri
|
Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya |
2.5% |
Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.
Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.
Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press
|
||||
12. |
12 |
Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang Teaching Media Development |
Kejelasan pemahaman mahasiswa tentang Teaching Media Development |
Teaching Media Development |
|
20 |
50 |
Penilaian sikap, tertulis, dan diri
|
Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya |
2.5% |
Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.
Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.
Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press |
||||
13. |
13 |
Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang Learning Strategies |
Kejelasan pemahaman mahasiswa tentang Learning Strategies |
Learning Strategies |
|
20 |
50 |
Penilaian sikap, tertulis, dan diri
|
Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya |
2.5% |
Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.
Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.
Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press |
||||
14. |
14 |
Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang How to Design Lesson Plan |
Kejelasan pemahaman mahasiswa tentang How to Design Lesson Plan |
Designing Lesson Plan |
|
20 |
50 |
Penilaian sikap, tertulis, dan diri
|
Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya |
2.5% |
Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.
Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.
Haycraft, J. 1998. Introduction To English Language Teaching. London: Longman. |
||||
15. |
15 |
Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang Testing |
Kejelasan pemahaman mahasiswa tentang testing |
Testing |
|
20 |
50 |
Penilaian sikap, tertulis, dan diri
|
Mampu mempresentasikan materi dan mengaplikasikannya |
2.5% |
Brown, D. 2008. Teaching By Principles. Oxford: Oxford University Press.
Morgan, C & Neil, P. Teaching Modern Foreign Language. New York: Routledge.
Rivers, W. 1996. Teaching Foreign Language Skills. Chicago: University of Chicago Press |
||||
16. |
16 |
UAS |
|||||||||||||