Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus

Dosen Pengampu : Sabrini Mentari Rezeki,M.Psi

Refrensi Buku Ajar

Referensi buku ajar yang digunakan pada mata kuliah ini adalah:

1. Mangunsong, F. (1998). Psikologi dan pendidikan anak luar biasa . Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) UI.

2. Desieningrum, DF.(2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Semarang : Psikoain :Undip.

Tujuan Pembelajaran :

Tujuan pembelajaran dalam mata kuliah ini adalah:

1. Agar mahasiswa dapat mempelajari pertumbuhan dan perkembangan anak ABK

2. Agar mahasiswa mengetahui cara penanganan anak ABK

3. Agar mahasiswa mengetahui penyebab anak menjadi ABK

Capaian Pembelajaran Mahasiswa:

Capaian Pembelajaran pada mata kuliah ini adalah:

1. Mahasiwa mampu menjelaskan berbagai jenis kondisi khusus yang dialami oleh siswa dan latar belakang penyebabnya.

2. Mahasiswa mampu  menjelaskan berbagai berbagai alternatif layanan pendidikan yang sesuai agar potensi yang dimilki siswa tersebut dapat berkembang maksimal dan tidak terhambat dengan kondisinya berbeda dengan kebanyakan siswa seusianya.

3. Mahasiswa mampu melakukan wawancara dan observasi pada guru maupun orang tua yang memiliki kondisi khusus.

Metode Pembelajaran:

Metode pembelajaran setiap pertemuan mengikuti ketentuan komponen dan pembagian waktu yaitu :

1. Pelaksanaan Pre Test (Kuis Pembuka )selama 10% durasi waktu perkuliahan

2. Pembacaan Materi Page Content  selama 40 % dari durasi waktu perkuliahan

3. Pelakasanaan Video Coference selama 30% dari durasi waktu perkuliahan

4. Pelaksanaan Post Test (kuis terakhir )selama 20% dari durasi waktu perkuliahan





Grup terpisah: Semua peserta

(Tidak ada topik diskusi dalam forum ini)