Psikologi Perkembangan

Dosen: Endang Indayani, S.Psi, M.Psi.; Petra Johanna, M.Psi., Psikolog; Husna Astria Aritonang, M.Psi., Psikolog; Tiara Aulia Pratiwi, S.Psi., M.Psi.

Referensi Buku Ajar:

  1. F.J. Monks, A.M.P. Knoers, Siti Rahayu Hadinoto. Psikologi Perkembangan : pengantar dalam berbagai bagiannya. Edisi 18. 2019. Penerbit: Gadjah Mada University Press.
  2. Hurlock, Elizabeth B. Psikologi Perkembangan : suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Edisi 5. 1991. Penerbit: Erlangga.
  3. Santrock, Jhon W. Life-Span development perkembangan masa hidup. Edisi 13. 2012. Penerbit: Erlangga.
  4. Al-Faruq, M. Shoffa, Sukatin. Psikologi Perkembangan. Jilid 1. 2020. Penerbit: Deepublish

Tujuan Pembelajaran:

  1. Untuk memahami perkembangan dan pertumbuhan anak pada tiap fase perkembangan
  2. Mengarahkan seseorang untuk berperilaku yang selaras sesuai dengan tingkat perkembangan
  3. Khususnya bagi pendidik dapat memahami & memberikan bimbingan kepada anak, sejalan dengan taraf perkembangan anak didiknya.

Capaian Pembelajaran:

Capaian pembelajaran mata kuliah ini adalah setelah mengikuti proses pembelajaran mata kuliah ini selama satu semester diharapkan mahasiswa dapat memberikan gambaran, penjelasan, peramalan dan intervensi bagi perkembangan diri sendiri maupun orang lain. 

Metode Pembelajaran:

Ketentuan komponen dan pembagian waktu pembelajaran setiap pertemuan kuliah di SPADA matakuliah psikologi perkembangan selama 50 menit:

  1. Pelaksanaan Pre-Test (kuis pembuka) selama 10 menit dari durasi waktu perkuliahan
  2. Pembacaan materi kuliah (page content) selama 20 menit dari durasi waktu perkuliahan.
  3. Diskusi 10 menit dari durasi waktu perkuliahan. 
  4. Pelaksanaan Post-Test (kuis akhir) selama10 menit dari durasi waktu perkuliahan

Grup terpisah: Semua peserta

(Tidak ada topik diskusi dalam forum ini)