12.3 Laporan Laba Rugi dan Komprehensif Lainya

Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif Lain

Berdasarkan SAK laporan laba rugi mencakup laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain. Laporan laba rugi dan komprehensif lain (laporan penghasilan komprehensif) menyajikan informasi tambahan atas bagian laba maupun penghasilan komprehensif lain (laba rugi, total penghasilan komprehensif lain, dan penghasilan komprehensif untuk periode berjalan yaitu total laba rugi dan penghasilan komprehensif lain).

Laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain, sekurang-kurangnya mencakup penyajian pos-pos berikut selama satu periode akuntansi:

1.              Pendapatan.

2.              Biaya keuangan.

3.              Bagian laba rugi dari entitas asosiasi dan entitas patungan (joint ventures) yang dicatat dengan menggunakan metode ekuitas.

4.              Beban pajak.

5.              Suatu jumlah tunggal yang mencakup total dari:

a.         Laba rugi setelah pajak dari operasi yang dihentikan.

b.        Keuntungan atau kerugian setelah pajak yang diakui dengan pengukuran nilai wajar dikurangi biaya untuk menjual atau dari pelepasan aset dalam rangka operasi yang dihentikan.

6.              Laba rugi.

7.              Pendapatan komprehensif lainnya, yang dibagi lagi menjadi masing-masing komponen yang ada.

8.              Bagian dari penghasilan komprehensif lain dari entitas asosiasi dan entitas patungan (joint ventures) yang dicatat dengan menggunakan metode ekuitas.

9.              Jumlah laba rugi komprehensif (total comprehensive income).


Setelah laba rugi tahun berjalan maka terdapat akun penghasilan komprehensif lainnya. Akun penghasilan komprehensif lainnya diklasifikasikan ke penghasilan komprehensif lain yang direklasifikasikan ke laba rugi dan penghasilan komprehensif lain yang tidak akan direklasifikasikan ke laba rugi. Penghasilan komprehensif lain yang tidak direklasifikasikan ke laba rugi akan direklasifikasikan ke laba ditahan (saldo laba). Laba bersih tahun berjalan ditambah dengan penghasilan komprehensif lain bersih (penghasilan komprehensif lain setelah dikurangi pajak) dinamakan laba komprehensif. Laba bersih menambah laba ditahan (saldo laba),


sedangkan akun penghasilan komprehensif lain menjadi bagian terpisah dalam ekuitas selain modal saham dan laba ditahan (saldo laba). Penghasilan komprehensif lainnya berasal dari kejadian-kejadian berikut:

1.      Revaluasi Aset Tetap (PSAK 16 Aset Tetap) dan Revaluasi Aset Tak Berwujud (PSAK 19 Aset Tak Berwujud).

2.      Keuntungan dan Kerugian yang Timbul dari Penjabaran Laporan Keuagan dari Kegiatan Usaha Luar Negeri (Penjabaran Laporan Keuangan PSAK 10)

3.      Imbalan Kerja (Program Imbalan Pasti) PSAK 24

4.      Keuntungan dan Kerugian dari Pengukuran Kembali Aset Keuangan Sebagai Tersedia untuk Dijual (Instrumen Keuangan PSAK 55)

5.      Bagian Efektif dari Keuntungan dan Kerugian Instrumen Lindung Nilai Dalam Rangka Lingkung Nilai Arus Kas (Instrumen Keuangan PSAK 55)

Penghasilan komprehensif lain adalah perubahan aset atau liabilitas yang tidak memengaruhi laba pada periode berjalan seperti selisih revaluasi aset tetap, pajak penghasilan terkait, dan selisih kurs karena penjabaran laporan keuangan dalam mata uang asing (Bahri et al., 2021). Entitas dapat menyajikan laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain dengan dua pendekatan:

1.             Pendekatan Laporan Tunggal (Single Statement Approach)

Laporan tunggal adalah bagian penghasilan komprehensif lain disajikan bersama. Penyajian pendekatan ini adalah pendapatan dan beban yang diakui pada periode berjalan atau laba rugi periode berjalan disajikan terlebih dahulu dan dilanjutkan bagian penghasilan komprehensif lain periode berjalan yang disajikan dalam satu laporan dengan judul laporan “Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif Lain”.


2.             Pendekatan Laporan Terpisah (Two Statement Approach)

Laporan laba rugi mendahului laporan yang menyajikan penghasilan komprehensif. Laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain yang diakui selama periode berjalan disajikan dalam laporan terpisah atau disajikan dalam dua laporan.

a.                             Laporan pertama yang menyajian penghasilan dan beban yang diakui selama periode berjalan dengan judul laporan “Laporan Laba Rugi”.

b.                           Laporan kedua menyajikan laba atau rugi periode berjalan dan selanjutnya penyajian penghasilan komprehensif lain dengan judul laporan “Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif Lain”.


Kesimpulan kedua pendekatan laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain disajikan pada gambar berikut.


Penyesuaian Reklasifikasi Penghasilan Komprehensif Lain

Penghasilan komprehensif lain juga meliputi penyesuaian klasifikasi  (reklasifikasi).  Penyesuaian  klasifikasi  ulang adalah jumlah yang diklasifikasi ulang ke laba rugi pada periode berjalan yang diakui dalam penghasilan komprehensif lain pada periode berjalan atau sebelumnya. Hal penting yang juga diperhatikan adalah penentuan waktu penghasilan komprehensif lain diklasifikasikan untuk laba rugi.







Last modified: Friday, 22 December 2023, 11:25 AM