13.1 Pengertian

Pendahuluan

 Seiring perkembangan sistem akuntansi yang sangat luas, perlu adanya transparansi dalam pengungkapan laporan keuangan. Secara konseptual, pengungkapan laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan yang secara teknis menjadi langkah akhir dalam sebuah proses akuntansi yang menyajikan informasi tentang catatan atas laporan keuangan. Pengungkapan catatan atas laporan keuangan dalam perusahaan merupakan suatu hal yang penting karena adanya ketidakpastian pasar. Catatan atas laporan keuangan ini sebagai media transparansi yang digunakan untuk membantu investor dalam berinvestasi di pasar modal. Salah satu tujuan utama pengungkapan laporan keuangan adalah untuk pengambilan keputusan. Untuk itu, perlu pengungkapan data keuangan dan informasi yang relevan dengan cara yang tepat.

 

Pengertian Pengungkapan Laporan Keuangan

 Pengungkapan laporan keuangan dalam arti luas merupakan sebuah penyampaian informasi keuangan tentang kondisi perusahaan yang tertuang dalam laporan tahunan. Pengungkapan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan informasi para pemangku kepentingan (stakeholders). Pengungkapan ini disajikan dalam pos laporan keuangan, catatan atas laporan keuangan serta pengungkapan implementasi yang terkait dalam laporan keuangan (Evans, 2010).

Menurut Wolk, Tearney, and Dold (2001) pengungkapan merupakan informasi dan komunikasi lengkap yang tertuang dalam laporan keuangan sebagai media diskusi manajemen untuk proyeksi tahun yang akan datang. Sedangkan menurut Bushman & Smith (2003:76) pengungkapan merupakan transparansi perusahaan sebagai ketersediaan informasi yang dapat dipercayai para pemangku kepentingan mengenai posisi keuangan, kesempatan investasi, kinerja perusahaan, menilai risiko yang terjadi di masa yang akan datang.

Selanjutnya pengertian pengungkapan laporan keuangan menurut Stice (2010) menyatakan bahwa pengungkapan sebagai media pelaporan yang secara rinci tertuang dalam catatan pada laporan keuangan. Media pelaporan yang disediakan untuk optimalisasi kebutuhan operasi pasar modal dengan tujuan memberikan informasi yang disampaikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan untuk mencapai tujuan dari pelaporan keuangan (Nuswandari, 2009). Sedangkan menurut Siegel dan Shim (2005:147) pengungkapan laporan keuangan merupakan informasi yang diberikan sebagai lampiran pada laporan keuangan dalam bentuk catatan kaki yang menyediakan penjelasan posisi keuangan dan hasil operasi perusahaan.


Terakhir diperbaharui: Friday, 22 December 2023, 11:29