15.2 Peran profesi Akuntan dalam era digital

Peran Strategis Akuntan

Profesi akuntan saat ini harus bisa mengambil peran strategis untuk kemajuan bisnis di masa kini dan masa depan. disini ditegaskan bahwa akuntan tidak akan tergantikan oleh teknologi. Akuntan di masa depan harus bisa berperan sebagai mitra pelaku bisnis. 

“Teknologi tidak akan pernah bisa menyelesaikan sendiri masalah klien yang ditangani oleh akuntan. Akuntan telah bergerak jauh melampaui sekedar pembukuan dan entry data. Harapannya, akuntan di masa depan bisa membantu untuk melakukan ekspansi bisnis menjadi lebih besar,” jelasnya.

Akuntan Sebagai Mitra Bisnis

Fajar menjelaskan bahwa peluang baru bidang akuntansi di masa depan akan berkontribusi dalam membangun bisnis yang berkelanjutan. Menurutnya, profesi akuntan bisa berperan sebagai perencana keuangan, konsultan bisnis, financial analyst, konsultan pajak, credit analyst, wirausaha, regulator, dan auditor.

“Akuntan di masa depan akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang lebih maju. Mereka dapat berperan sebagai konsultan bisnis dan mitra strategis dari pada hanya sebagai ahli keuangan,” jelasnya.

Di akhir, Fajar menjelaskan bahwa kebutuhan akuntansi akan selalu ada, tetapi akuntan harus bisa beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan teknologi. Menurutnya, para akuntan perlu mengembangkan keterampilan untuk melakukan tugas administratif dan analisis yang tidak dapat teknologi kerjakan.


Terakhir diperbaharui: Friday, 19 January 2024, 15:04