2.1 Analisis Pasar Online

Agar Anda dapat memahami peluang pasar dan membangun bisnis online yang sukses, Anda harus melakukan analisa atau riset pasar terlebih dahulu. Berikut ini adalah lima langkah untuk melakukan proses analisa pasar secara efektif:

1. Gambaran Industri

Pada langkah pertama ini, Anda harus bisa menggambarkan industri Anda secara keseluruhan lengkap dengan tujuan perusahaan berdiri. Bahasan yang muncul antara lain adalah permintaan pasar, tren, ukuran, pertumbuhan industri, hingga profil pesaing di industri.

Memiliki gambaran industri dapat meyakinkan investor bahwa Anda paham dengan situasi pasar dan siap berkompetisi dengan perusahaan lain. Melalui gambaran industri, Anda juga dapat menganalisa bidang apa yang perlu diperbaiki agar perusahaan tetap meraih keuntungan.

Contoh gambaran industri adalah misalnya, Anda ingin membuka restoran cepat saji. Anda perlu memperhatikan hal-hal seperti “Apakah dalam periode waktu kedepan jumlah orang yang melakukan dine-in meningkat?”. “Apakah perlu ditingkatkan layanan untuk ojek online?” dan lain sebagainya.

2. Target Pasar

Menganalisa target pasar yang relevan artinya Anda harus bisa mengelompokkan mereka dalam beberapa segmen pasar berdasarkan beberapa aspek tertentu. Umumnya, target pasar akan dikelompokkan sebagai berikut:

  • Ukuran pasar
    Ukuran pasar artinya seberapa besar potensi produk Anda jika dipasarkan pada kelompok pasar yang relevan.
  • Demografi
    Sesudah mendapat kelompok yang berpotensi akan membeli produk Anda, uraikan ke dalam kategori yang lebih kecil. Kategori tersebut bisa dari rentang usia, gender, pendidikan, hingga pendapatan.
  • Lokasi
    Selanjutnya, segmentasi pasar akan dianalisa berdasarkan lokasi di mana bisnis Anda dapat menemukan kelompok pelanggan yang berpotensi.
  • Psikografis
    Dengan mengetahui gaya hidup dan kepribadian potensi pelanggan, Anda dapat mengetahui psikografis atau hal-hal yang mereka sukai dan tidak suka.
  • Perilaku
    Perilaku merupakan lanjutan dari psikografis. Faktor ini menjelaskan bagaimana cara pelanggan membeli produk Anda, seperti berapa jumlah, dan seberapa sering produk Anda dibeli.
  • Tren
    Tren tentunya berpengaruh kuat pada perilaku pelanggan. Jelaskan inovasi yang dapat dilakukan untuk menanggapi tren yang terjadi pada kelompok pelanggan potensial Anda. 

3. Kebutuhan pasar

Di aspek ini Anda harus dapat menyimpulkan apa yang dibutuhkan oleh target pasar dengan rinci. Kebutuhan tersebut dapat berupa permintaan produk ataupun pelayanan tertentu.

Contohnya, banyak orang membeli produk kopi cabang (waralaba) dari kedai yang terkenal daripada lokal. Hal ini bisa didasari karena rasa dari kopi cabang lebih konsisten dan sudah dipastikan enak.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan pasar terhadap kedai kopi adalah rasa yang konsisten. Kedai kopi lokal pun dapat bersaing jika memiliki rasa yang unik dan kuat seperti kedai yang sudah memiliki nama.

4. Persaingan

Menganalisis pesaing tentu merupakan hal penting dalam mempersiapkan bisnis Anda dalam menghadapi situasi pasar. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui peluang kebutuhan pasar yang belum terpenuhi oleh pesaing.

Dalam menganalisa persaingan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Persaingan langsung
    Dalam persaingan jenis ini, masukkan daftar perusahaan yang menjual produk dan layanan yang sangat mirip dengan perusahaan Anda.
  • Persaingan tidak langsung
    Secara sederhana, persaingan tidak langsung adalah daftar perusahaan yang dapat memberikan alternatif pada masalah perusahaan Anda yang belum dapat terselesaikan.
  • Perbedaan dari kompetitor
    Deskripsikan pada aspek mana perusahaan Anda berbeda dengan kompetitor. Misalnya, kedai kopi yang Anda buka berbeda dengan yang lain dari segi jam buka, lokasi, pemilihan biji kopi, ataupun suasananya.
  • Keunggulan dari kompetitor
    Perhatikan aspek apa perusahaan Anda akan lebih unggul daripada perusahaan yang baru masuk pasar.
  • Hambatan
    Jangan lupa juga untuk memperhatikan aspek-aspek apa saja yang dapat menghambat bisnis Anda untuk bersaing dengan kompetitor

Dalam menganalisa pesaing, Anda juga dapat menggunakan data penjualan yang disediakan oleh Compas Quick Report. Data penjualan tersebut dapat membantu Anda menganalisis produk mana yang memiliki potensi besar dalam penjualan di target pasar tertentu.

5. Perkiraan harga

Langkah terakhir dalam analisa pasar adalah menentukan harga untuk produk atau layanan yang perusahaan Anda berikan. Dalam menetapkan harga, hal yang perlu Anda perhatikan adalah harga kompetitor serta kualitas produk.

Banyak orang mengaitkan harga produk yang tinggi sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan. Akan tetapi, jika ingin memasang harga yang relatif tinggi, Anda harus sudah yakin target pasar mampu membelinya. Pastikan juga kualitas produk sesuai dengan harga yang Anda tawarkan.

Keuntungan Melakukan Analisa Pasar

Dalam membangun perusahaan yang baru, analisa pasar tentu berperan besar bagi keberhasilan perusahaan Anda. Berikut beberapa keuntungan yang tercapai jika Anda melakukan analisa pasar dengan benar.

1. Target Konsumen Tercapai

Saat melakukan analisa pasar, Anda telah mengetahui siapa yang akan menjadi target pembeli, seberapa sering mereka akan membeli, serta harapan mereka atas produk perusahaan Anda. 

2. Peluang Dimanfaatkan dengan Maksimal

Dengan menganalisa pasar, Anda dapat mengetahui perusahaan mana yang telah lama bertahan di target pasar, serta hal apa yang dapat diinovasi untuk pelanggan produk tertentu.

3. Mengurangi Risiko Bisnis

Dalam bisnis, tentu ada risiko seperti kegagalan produk, ataupun target pasar yang kurang sesuai. Dengan analisis pasar, Anda dapat menghindari kerugian-kerugian seperti di atas.

4. Menjadi Usaha Berjangka Panjang

Perusahaan yang telah melakukan analisa pasar dapat mengetahui prediksi pasar dalam periode waktu tertentu dan membantunya bertahan lebih lama di persaingan yang ketat.

5. Membuat Tren Bisnis Baru

Analisis peluang pasar membuat bisnis Anda lebih inovatif dan menjadi trendsetter bagi usaha di bidang yang Anda tekuni. Menjadi trendsetter dan membuat berbagai tren bisnis baru tentunya akan menarik lebih banyak konsumen bagi perusahaan Anda.

Melakukan analisa pasar merupakan hal yang wajib bagi para pebisnis, terutama yang baru mulai membuka suatu usaha. Dengan melakukan analisis pasar, Anda dapat mengetahui peluang apa yang bisa dimasuki sehingga bisnis lebih berkembang.


Terakhir diperbaharui: Wednesday, 13 March 2024, 09:24