3.1 Pengertian Pasar

pasar


Pasar, Menurut para ahli, merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli, atau saling bertemunya antara kekuatan permintaan dan penawaran untuk membentuk suatu harga. Kotler dan Amstrong mendefinisikan pasar merupakan seperangkat pembeli aktual dan potensial dari sebuah produk atau jasa. Ukuran dari pasar sendiri tergantung pada jumlah orang yang menunjukan kebutuhan, memiliki kemampuan dalam pertukaran.

Salah seorang ahli pemasaran, stanton, mengemukakan pengertian yang lain tentang pasar, yakni merupakan kumpulan orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja, dan kemauan untuk membelajakannya.

Faktor utama yang menunjang terjadinya pasar

1.      Orang dengan segala keinginannya

2.      Daya belinya

3.      Serta tingkah laku dalam pembeliannya

Last modified: Monday, 15 March 2021, 5:40 PM