Cara masyarakat dan pemerintah bekerja sama dalam perang melawan korupsi

Cara masyarakat dan pemerintah bekerja sama dalam perang melawan korupsi


Akhiri impunitas

Penegakan hukum yang efektif sangat penting untuk memastikan para koruptor dihukum dan memutus siklus impunitas, atau kebebasan dari hukuman atau kerugian.

Baca juga: Budget Rekrutmen, Bukan Masalah!

Pendekatan penegakan hukum yang sukses harus didukung oleh kerangka hukum yang kuat, cabang penegakan hukum dan sistem pengadilan yang independen dan efektif. Sedangkan masyarakat sipil sendiri dapat mendukung proses tersebut dengan melakukan inisiatif tertentu seperti kampanye yang dilakukan secara bijak, dan tetap memperhatikan hukum. Pasalnya menghukum pihak yang terlibat korupsi adalah komponen vital dari setiap upaya anti korupsi yang efektif.

Mereformasi administrasi publik dan manajemen keuangan

Reformasi yang berfokus pada peningkatan manajemen keuangan dan memperkuat peran lembaga audit di banyak negara telah mencapai dampak yang lebih besar daripada hanya melakukan di  sektor publik dalam mengendalikan korupsi.

Bahkan salah satu reformasi tersebut merupakan pengungkapan informasi anggaran, yang dimana upaya ini dilakukan untuk mencegah pemborosan dan penyalahgunaan sumber daya. Misalnya, dengan melakukan transparansi dan partisipatif , dimana cara ini juga melatih masyarakat setempat untuk mengomentari anggaran yang diusulkan pemerintah daerah mereka.

Namun harus diakui cara ini belum bisa diterapkan di banyak negara, karena ada dampak yang harus dipikirkan dan dipertimbangkan.

Mengenali jenis korupsi

Korupsi tidak hanya menyangkut suap, tapi juga bicara mengenai masyarakat ekonomi lemah, yang masih sering menjadi sumber daya yang perannya belum maksimal di tengah suatu ngara. Itulah mengapa sangat penting untuk memahami berbagai jenis korupsi untuk mengembangkan respons yang cerdas, dan sesuai dengan kebutuhan negara tersebut.

Memaksimalkan kekuatan masyarakat

Kontribusi masyarakat di setiap aspek bagian negara yang masih relevan, dapat membantu pemerintahan. Untuk itu dalam hal ini sangat perlu untuk melakukan identifikasi prioritas, masalah, dan menemukan solusi. Setiap kontribusi yang diberikan masyarakat akan sangat bermanfaat untuk kemajuan suatu negara, meskipun hanya dapat dilakukan dalam skala kecil. Misalnya saja dengan melakukan inisiatif pemantauan masyarakat dalam beberapa kasus berkontribusi pada deteksi korupsi, mengurangi kebocoran dana, meningkatkan kuantitas dan kualitas layanan publik.

Menggunakan Jalur Komunikasi Alternatif

Saat membacanya mungkin Anda merasa kebingungan, namun dalam hal ini kita sedang berbicara tentang bagaimana menyatukan proses formal dan informal, yang dimana berarti Anda dapat melakukan kerjasama dengan pemerintah dan kelompok non-pemerintah atau organisasi, untuk mengubah perilaku dan memantau kemajuan.

Memanfaatkan teknologi

Bersyukur saat ini sudah teknologi yang menunjang segala aktivitas masyarakat, menjalin komunikasi serta untuk membangun pertukaran yang dinamis hingga  berkelanjutan antara pemangku kepentingan utama baik pemerintah, warga negara, bisnis, kelompok masyarakat sipil, media, akademisi dll.

Bahkan dengan teknologi seperti internet siapapun dapat melakukan tindakan pencegahan baik di tingkat  global dan lokal, yang dapat disesuaikan dengan skala dan ruang lingkup itu sendiri. Sehingga sangat disarankan untuk masyarakat dapat memanfaatkan teknologi dan ikut terlibat dengancara yang bijaksana.

Baca juga: Jenis Motivasi Kerja yang Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Memberikan kontribusi 

Sebagai masyarakat berinvestasilah dalam institusi dan kebijakan yang di ambil oleh pemerintah. Meskipun sifatnya sangat terbatas dan tentunya disertai dengan berbagi aturan yang sudah ada sebelumnyaa. 

Menutup celah Internasional

Salah satu yang menyebabkan korupsi susah untuk dilacak adalah saat pejabat publik melakukan pencucian uang dan menyembunyikannya di negara lain. Sehingga sangat perlu bagi pusat keuangan untuk memiliki sistem yang maju, dan mampu menghentikan transaksi gelap yang terjadi.

Menetapkan Standar

Jika bicara soal korupsi maka tentunya tidak akan terlepas dari melakukan analisa kekuatan pasar, perilaku, dan sosial. Karena semua aspek yang telah disebutkan  mengadopsi standar integritas yang baik, maka hasil yang diberikan juga akan positif.

Menetapkan langkah yang tepat

Saat mengambil sebuah keputusan dan strategi tentunya harus ada evaluasi yang nantinya dapat menjadi tolak ukur mengenai langkah langkah yang sudah diambil, juga melakukan antisipasi saat situasi di lapangan berubah.


Terakhir diperbaharui: Tuesday, 23 November 2021, 17:37