10.2 Hal-hal yang dilakukan dalam wawancara

Hal Yang Dilakukan Dalam Wawancara 

Hal-hal yang dilakukan dalam wawancara dapat dikelompokkan dalam 4 (empat) bagian yang utama, yaitu persiapan, pelaksanaan, dokumentasi, dan analisis/ simpulan serta interpretasi hasil wawancara. 

 Persiapan 

Sebelum melakukan wawancara, apakah akan dilakukan di awal penugasan atau pada saat sedang berlangsungnya audit maupun pada akhir audit hendaknya dilakukan persiapan-persiapan baik dilakukan secara matang ataupun hanya secara insidensial saja. Beberapa hal yang harus disiapkan adalah : 

1. Pemahaman akan tujuan dilakukannya wawancara 

2. Penguasaan terhadap materi yang akan ditanyakan 

3. Alat dan bahan penunjang pelaksanaan wawancara

 Pelaksanaan 

Dalam pelaksanaan wawancara sedapat mungkin menguasai tehnik, prosedur dan situasi atau kondisi, tidak menutup kemungkinan bahwa wawancara dilakukan tanpa prosedur yang baku ataupun ada hal-hal yang tidak diperkirakan sebelumnya. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan wawancara adalah : 

  •  Fokus pada materi wawancara, meskipun sesekali mengalihkan atau pun menyegarkan kembali sehingga pihak yang diwawancara tidak merasa tertekan atau terpaksa untuk memberi informasi atau tidak memberi informasi. 
  •  Kesiapan untuk membuat pertanyaan yang runut dan tetap berkaitan dengan materi atau respon terhadap jawaban pihak yang diwawancarai. Disini pentingnya improvisasi dan kemampuan mendengarkan yang baik dibutuhkan, meskipun kendali wawancara tetap berada pada auditor. 
  •  Bersikap tidak emosional dan tetap tenang terhadap apa pun jawaban yang didapatkan dan senantiasa menunjukkan sikap yang sangat memahami apa yang dimaksudkan oleh pihak yang diwawancarai tanpa bermaksud membenarkan atau pun menyalahkan. Yang terpenting adalah mendapatkan informasi atau jawaban yang sesungguhnya tanpa dibuat-buat. 
  •  Harus mampu memahami psikologi pihak yang diwawancara secara sekilas dan cepat untuk menentukan tehnik yang dipakai dan pertanyaan yang akan diajukan. Disamping itu senantiasa mengantisipasi kejadian atau pun sikap dan perilaku yang tidak diduga sebelumnya, dan mampu mengambil keputusan yang cepat terkait dengan kelanjutan wawancara.

 Dokumentasi 

Pendokumentasian hasil wawancara merupakan kunci utama dan merupakan sesuatu yang sangat berharga untuk mengungkapkan informasi yang didapatkan. Demikan halnya analisis terhadap kemungkinankemungkinan digunakannya dokumen atau bukti wawancara tersebut sebagai bahan pembuktian suatu permasalahan yang akan diungkapkan. 

Beberapa hal yang senantiasa diperhatikan dalam pendokumentasian : 

  •  Bukti wawancara harus asli dan tidak direkayasa atau dimanipulasi, bila perlu pencantuman tanda tangan dari pemberi informasi harus diverifikasi sesuai dengan kartu identitasnya. 
  •  Bila menggunakan media elektronik berupa rekaman suara atau gambar, sedapat mungkin mencantumkan tanggal wawancara, dan untuk pengambilan gambar, lokasi sekitar wawancara dimuat dan tidak hanya wajah dari pemberi informasi. 
  •  Fisik dari dokumentasi hasil wawancara harus disimpan di tempat yang aman untuk menghidari kehilangan atau berubahnya wujud dari bukti dokumentasi tersebut.








Terakhir diperbaharui: Sunday, 28 November 2021, 23:48