11.2 Isyarat penipuan dan Bahasa Mata

C.       Isyarat Penipuan

Selain isyarat bahasa tubuh, ada isyarat lain yang digunakan untuk mengidentifikasi kebohongan. Daftar beberapa area isyarat dan contoh masing-masing berikut:
·           Interaksi interpersonal. Menggoyangkan kepala ketika berkata "Iya," setelah pokok bahasan dibuat, gerakan tidak konsisten.
·           Keadaan emosional. Orang-orang pembohong akan cenderung untuk menghindari menyentuh orang yang menanyai mereka.
·           Konten lisan. Mencerminkan kembali pertanyaan sebagai jawaban segera setelah pertanyaan; " Apakah Anda menulis cek untuk diri sendiri? "" Tidak, saya tidak menulis cek untuk diri."
·           Bagaimana komentar dibuat. Memisahkan orang, acara, dan sebagainya mengganti kata ganti— “ equipment” versus “my equipment.”
·           Kerangka psikologis. Pernyataan kebohongan hampir selalu menghilangkan apa yang salah dalam acara menjelaskan, kecuali mengenai penundaan atau pembatalan.

D.       Bahasa Mata

Para ahli percaya mata adalah bagian paling komunikatif dari tubuh manusia. Mata memang memiliki bahasa dan prinsip-prinsip yang mengikuti disebut sebagai visual accessing cues (VAC). Namun, isyarat gerakan mata dan interpretasi hanya berlaku untuk orang yang tidak kidal. Jadi mintalah orang yang diwawancarai itu menandatangani sesuatu sebelum memulai penggunaan VAC karena isyarat berlawanan untuk orang kidal; kamu akan menafsirkan tanggapan sebagai jujur ​​versus tipu daya atau sebaliknya!
Ketika orang yang diwawancarai ditanya pertanyaan yang mengharuskan mereka untuk mengingat sesuatu untuk merespon, mata memberi petunjuk apakah proses mental itu menipu atau jujur. Berikut ini kombinasinya:
·           Mata ke kiri dan ke atas. Mengingat gambar visual dari masa lalu— “ Apa warna adalah mobil pertama Anda? "
·           Mata ke kiri ke arah telinga. Mengingat memori pendengaran, mengingat suara— “ Apa nada dering Anda di ponsel pertama Anda? ”
·           Mata ke kiri dan ke bawah. Terkait dengan dialog internal, arah orang biasanya menatap ketika berbicara dengan diri mereka sendiri.
·           Mata ke kanan dan ke atas. Membangun gambaran visual— " Seperti apa rumah Anda selanjutnya?"
·           Mata ke arah kanan di telinga. Membuat suara— “ Bisakah Anda membuat yang baru lagu dan nyanyikan untuk saya? "
·           Mata ke kanan dan ke bawah. Berhubungan dengan perasaan atau kinestetik— " Bisakah Anda mengingat bau api unggun?"

Isyarat bahasa mata lainnya:
·           Menatap ke bawah. Dalam budaya Amerika, hal ini berarti pernyataan kekalahan, rasa bersalah, atau tunduk.
·           Mengangkat alis. Ketidakpastian, ketidakpercayaan, kejutan, atau frustrasi.
·           Mengangkat satu alis dan memiringkan kepala ke belakang. Meremehkan, arogansi, atau kesombongan.
·           Pelebaran pupil. Minat pada hal itu.

Terakhir diperbaharui: Sunday, 5 December 2021, 09:54