13.3 Keunggulan dari Konsep Follow the Money

Keunggulan dan Manfaat Pendekatan Follow The Money

 Ada beberapa keunggulan dari pendekatan follow the money dalam upaya menelusuri pelaku serta hasil tindak pidana. Jangkauannya lebih jauh sehingga dirasakan lebih adil seperti terlihat pada kasus pembalakan liar. Pendekatan ini memiliki prioritas untuk mengejar hasil kejahatan, bukan pelaku kejahatan, sehingga dapat dilakukan dengan diam-diam. Lebih mudah, dan risiko lebih kecil karena tidak berhadapan langsung dengan pelaku yang kerap memiliki potensi melakukan perlawanan. Pendekatan ini mengejar hasil kejahatan yang nantinya dibawa ke depanproses hukum dan disita untuk negara karena pelaku tidak berhak menikmati harta yang diperoleh dengan cara tidak sah. Dengan disitanya hasil tindak pidana ini, motivasi seorang melakukan tindak pidana untuk mencari harta menjadi berkurang atau hilang.

Manfaat Pendekatan Follow The Money :

1.      Jangkauannya lebih jauh sehingga dirasakan lebih adil.

2.      Dapat dilakukan dengan diam-diam (silent action) sehingga relatif lebih mudah dengan tingkat risiko yang lebih kecil karena tidak berhadapan langsung dengan pelaku yang bisa berpotensi melawan atau menghilangkan atau menyembunyikan alat bukti.

3.      Pendekatan merampas uang hasil kejahatan, (tidak hanya mencari pelaku kejahatan) terbukti mengurangi atau menghilangkan niat orang melakukan kejahatan.

4.      Adanya insentif pengecualian ketentuan rahasia bank dan ketentuan rahasia lainnya.

  

Naluri Penjahat

 Dalam setiap kejahatan pada umumnya dan fraud khususnya, ada suatu gejala yang sangat lumrah yakni pelaku berupaya memberi kesan bahwa ia tidak terlibat fraud. Untuk itu, pelaku “harus jauh” dari fraud itu sendiri dan “harus jauh” dari uang yang merupakan hasil kejahatan. Itulah sebabnya, salah satu aksioma dalam fraud ialah fraud is hidden atau fraud itu tersembunyi.

Di lain pihak, motif dari perbuatan fraud itu sendiri pada umumnya adalah mendapatkan uang. Kalaupun bukan itu motifnya ada aliran uang ke diri pelaku atau keluarganya. Pada akhirnya ada arus uang atau dana dari “tempat persembunyian” atau “tempat penitipan” yang mengalir ke alamat si pelaku utama.


Jejak-jejak kejahatan dalam hal ini berupa arus uang. Karena itu, dalam mencari pelaku investigator menelusuri jejak-jejak uang ini. Teknik investigatif yang menelusuri arus dana dan mencari muaranya, disebut Follow The Money

Terakhir diperbaharui: Tuesday, 21 December 2021, 08:53