Rangkuman

Istilah ekologi industrial  pertama kali diperkenalkan oleh Harry Zvi Evan dalam sebuah seminar yang diselenggarakan Komisi Ekonomi Eropa di Warsawa, Polandia pada tahun 1973, lantas juga lewat artikel yang dimuat oleh Journal for International Labour Review. Evan mendefinisikan ekologi industri sebagai analisa sistematis mengenai operasi industri dengan memasukkan faktor-faktor seperti teknologi, lingkungan, sumberdaya alam, aspek biomedis, aspek institusi, hukum, dan sosio-ekonomi.


Jadi Ekologi industrial adalah studi tentang sistem industri yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menerapkan strategi terbaik untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan. Industri seperti pabrik manufaktur dan energi, mengekstraksi bahan mentah dan sumber daya alam dari bumi dan mengubahnya menjadi produk dan layanan yang memenuhi permintaan penduduk.


Ekologi industri bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan industri dengan memeriksa aliran material dan energi dalam produk, proses, sektor industri, dan ekonomi. Ekologi industri memberikan perspektif jangka panjang, mendorong pertimbangan pengembangan keseluruhan baik teknologi maupun kebijakan untuk pemanfaatan sumber daya yang berkelanjutan dan perlindungan lingkungan di masa depan.


Terakhir diperbaharui: Sunday, 3 April 2022, 14:46