Rangkuman

Green Manufacturing merupakan suatu proses produksi yang menggunakan input dengan dampak lingkungan yang relatif rendah, sangat efisien, dan menghasilkan sedikit bahkan tidak ada limbah atau polusi. Green Manufacturing juga mengarahkan untuk mendesain system manufaktur yang ramah lingkungan dengan cara mengubah pengelolaan bahan baku, penggunaan energy, proses produksi, dan mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan.Green Manufacturing juga dianggap sebagai proses inovatif karena potensi dan alasan yang bermanfaat seperti minimalisasi limbah, pencegahan polusi, konservasi energi dan masalah kesehatan dan keselamatan  Singkatnya Green manufacturing adalah suatu metode untuk meminimalkan limbah dan atau  polusi yang disebabkan oleh proses manufaktur.


Pesatnya pertumbuhan industri manufaktur juga telah menciptakan banyak masalah ekonomi, lingkungan, dan sosial, diantaranya terjadinya pemanasan global dan masalah lingkungan akibat pembuangan limbah. Oleh karena itu, isu lingkungan berkaitan dengan kelangkaan sumber daya alam, pemanasan global, pengelolaan limbah, serta aturan-aturan lingkungan yang semakin ketat menjadi tantangan yang harus dihadapi dunia industri disamping persaingan dan perubahan lingkungan bisnis yang sangat cepat dan dinamis. Perhatian dan kesadaran terhadap aspek lingkungan yang meningkat di seluruh dunia ini yang mendorong industri untuk menerapkan konsep Green manufacturing (GM) pada kegiatan bisnis yang dilakukan.


Penerapan Green Manufacturing dalam proses produksi botol minuman kemasan plastik melalui beberapa tahap yaitu proses pewarnaan, persiapan pembersihan, perbaikan ramah lingkungan, dan kondisi ramah lingkungan. mineral, dan sisanya 20% untuk kemasan lainnya.

Negara-negara di dunia telah berkomitmen untuk lebih memperhatikan aspek lingkungan dalam semua kegiatan yang dilakukan terutama dalam mengurangi CO2 dan mengurangi polusi dari industri, seperti Kongres Amerika Serikat yang telah mencanangkan untuk mengurangi polusi akibat CO2 sebanyak 83% pada tahun 2050.


Last modified: Sunday, 3 April 2022, 3:00 PM