Rangkuman
Pengembangan produk adalah suatu proses penemuan ide untuk barang dan jasa termasuk merubah, menambah atau merumuskan kembali sebagian dari sifat-sifat pokok yang sudah ada dalam segi corak, merk dan kuantitas.
Pengembangan produk dilakukan dengan tujuan untuk melayani pasar yang telah ada sekarang dengan lebih meningkatkan penjualan, memenuhi usaha menemukan barang baru yang lebih baik, serta melaksanakan aktivitas-aktiivitas dari teknik penelitian, perekayasaan dan perancangan produk.
Berikut ada beberapa pengertian pengembangan produk menurut para ahli :
1. Menurut Sofyan Assauri
Pengembangan produk merupakan kegiatan atau aktifitas yang dilakukan dalam menghadapi kemungkinan perubahan suatu produk kearah yang lebih baik, sehingga dapat memberikan daya guna maupun daya pemuas yang lebih besar.
2. Menurut Ahmad Subagyo
Pengembangan produk adalah serangkaian aktifitas yang dimulai dengan analisa persepsi dan peluang lalu memproduksi sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pembeli dan dapat digunakan aatau dikonsumsi untuk memenuhi kebutukan konsumen.
3. Menurut Philip Kotler
Merupakan pengembangan konsep produk yang menjadi konsep fisik dengan tujuan meyakinkan gagasan bahwa produk dapat diubah menjadi produk yang dapat bekerja.
4. Menurut Connon dan Wichert
Pengembangan produk adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh produsen dalam menentukan dan mengembangkan produknya, memperbaiki produk lama, memperbanyak kegunaan dari produk yang sudah ada dan mengurangi biaya produksi dan biaya pembugkus.
Adapun pentingnya pengembangan produk yang dikemukaan oleh Wiliam j. Staton, pentingnya pengembangan produk ini antara lain :
a. Dalam Hubungannya Dengan Daur Hidup Produk
Produk mempunyai daur hidup, ada dua hal yang berkaitan dengan konsep daur hidup produk. Pertama, setiap produk akhirnya tidak terpakai lagi, karena pangsa pasar dan strategi segmentasi pasar dikurangi oleh produk saingan. Kedua, keuntungan akan menurun karena usia produk semakin menua. Apabila produk tersebut tidak diubah maka laba, pagsa pasar dan strategi segmentasi pasar perusahaan akan berkurang, dan pada akhirnya perusahaan akan bangkrut.
b. Produk Menentukan Laba
Produk baru sangat penting untuk mempertahankan laba yang telah direncanakan.