Penjelasan singkat

Analisis trend atau tendensi merupakan analisis laporan keuangan yang biasanya dinyatakan dalam persentase tertentu. Dalam analisis trend perbandingan analisis dapat dilakukan dengan menggunakan analisis horisontal atau dinamis. Data yang digunakan adalah data tahunan atau periode yang digunakan biasanya hanya dua atau tiga periode saja . Hal ini disebabkan karena jika lebih dari tiga periode, akan mengalami kesulitan untuk menganalisisnya lebih cepat. 

Jika data yang digunakan lebih dari dua atau tiga periode maka metode yang digunakan adalah angka indeks. Dengan menggunakan angka indeks akan dapat diketahui kecenderungan atau trend dari posisi keuangan, apakah meningkat, menurun atau tetap. Hasil analisis trend biasanya dinyatakan dalam persentase.

Data keuangan yang digunakan untuk menggunakan metode analisis trend adalah data yang paling awal. Kemudian, data tersebut dibandingkan dengan data selanjutnya. Artinya data paling awal dianggap sebagai tahun dasar atau awal perhitungan. Data awal tahun yang akan dianalisis dianggap data normal diantara data tahun yang akan dianalisis. Angka indeks yang digunakan untuk tiap pos tahun dasar dalam laporan keuangan diberi angka 100%. Dalam analisis trend harus ditentukan tahun dasar sebagai pembanding, lalu dihitung angka indeksnya. 

Rumus untuk mencari angka indeks adalah sebagai berikut :



Terakhir diperbaharui: Wednesday, 26 October 2022, 08:31