Syarat Customer Service

Syarat Customer Service 

Untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah, hal yang terpenting bagi Customer Service adalah meningkatkan kualitas pelayanan. Beberapa persyaratan untuk menjadi seorang Customer Service yang baik bagi perusahaan antara lain adalah sebagai berikut (Kasmir, 2005):

a. Persyaratan fisik 

Seorang Customer Service harus memiliki ciri-ciri fisik yang menarik seperti tinggi dan berat badan yang ideal. Memiliki wajah yang menarik dan menawan. Petugas Customer Service juga harus memiliki jiwa yang sehat. Artinya, seorang Customer Service harus sehat jasmani dan rohaninya. Di samping itu, petugas harus memiliki penampilan yang menarik, badan dan pakaian rapi dan bersih, serta tidak bau. Begitu pula dengan napas harus dijaga agar tidak bau.

b. Persyaratan mental 

Customer Service harus memiliki perilaku yang baik seperti sabar, ramah, murah senyum. Hindarkan petugas Customer Service yang mudah marah/emosi dan cepat putus asa. Customer Service juga harus punya rasa percaya diri (self confidence) yang tingi, tidak minder, punya inisiatif, teliti, cermat, rajin, jujur, serius, hati-hati, dan punya rasa tanggung jawab.

c. Persyaratan kepribadian 

Syarat lain, Customer Service harus memiliki kepribadian yang baik seperti murah senyum, sopan, lemah lembut simpatik, lincah, energik, menyenangkan, berjiwa bisnis, memiliki rasa humor, dan ingin maju. Dalam melayani nasabah, kesan pertama yang mengesankan (first impression) perlu ditonjolkan. Customer Service juga harus mampu mengendalikan diri (self control), tidak mudah marah, tidak terpancing untuk berbuat dan berkata kasar, ketidaksabaran dan rasa tidak puas, serta mampu mengendalikan gerakan-gerakan tubuh yang mengesankan serta tidak terpancing untuk berbicara hal-hal yang bersifat negatif.

d. Persyaratan sosial 

Customer Service harus memiliki jiwa sosial yang tinggi, bijaksana, berbudi pekerti yang halus, pandai bergaul, pandai bicara, dan fleksibel. Customer Service juga harus cepat menyesuaikan diri, mudah bekerja sama, tenang dan tabah.

 

 


Last modified: Sunday, 4 December 2022, 11:58 PM