13.1 Pengertian Analisis DuPont

Analisis DuPont adalah persamaan keuangan multi-langkah yang memberikan wawasan tentang kinerja fundamental bisnis. Model DuPont memberikan analisis menyeluruh tentang metrik utama yang memengaruhi laba atas ekuitas atau return on equity (ROE) perusahaan. Istilah lain untuk analisis DuPont adalah “model DuPont”. Nama-nama ini berasal dari DuPont Corporation, perusahaan yang menciptakan model tersebut pada tahun 1920.

Rumus dan Komponen Analisis DuPont

Rumus analisis DuPont adalah perluasan dari rumus ROE sederhana. Rumus yang diperluas ini mempertimbangkan tiga faktor terpisah yang mendorong laba atas ekuitas: Margin laba bersih, total perputaran aset, dan pengganda ekuitas.

Berdasarkan komponen-komponen ini, model DuPont menyimpulkan bahwa perusahaan dapat meningkatkan laba atas ekuitasnya dengan mempertahankan margin laba yang tinggi, meningkatkan perputaran aset, dan memanfaatkan asetnya secara lebih efektif. Persamaan analisis DuPont adalah:

Analisis DuPont = margin laba bersih x perputaran aset x pengganda ekuitas

Masing-masing faktor ini mewakili hasil formula terpisah. Saat Anda mengganti faktor dalam persamaan analisis DuPont dengan rumus yang membentuk setiap komponen, persamaan analisis DuPont akan terlihat seperti ini:

Analisis DuPont = (laba bersih / pendapatan) x (penjualan / rata-rata total aset) x (rata-rata total aset / rata-rata ekuitas pemegang saham)



Terakhir diperbaharui: Sunday, 11 December 2022, 21:41