13.2 Penjabaran komponen rumus analisis DuPont

Margin keuntungan bersih

Margin laba bersih adalah rasio yang mewakili persentase keuntungan yang tersisa dari bisnis untuk setiap dolar pendapatan setelah dikurangi pengeluarannya. Anda dapat menghitung margin laba bersih dengan membagi laba bersih perusahaan dengan total pendapatannya. Jika ditulis sebagai persamaan, rumus untuk menghitung margin laba bersih adalah:

Margin laba bersih = laba bersih / pendapatan

Margin laba bersih adalah ukuran profitabilitas umum. Ketika margin laba bersih bisnis meningkat, pengembalian ekuitasnya juga meningkat. Konsep utama margin laba bersih adalah bahwa bisnis dapat meningkatkan margin keuntungannya dengan mengurangi biayanya, menaikkan harganya, atau kombinasi keduanya.

Total perputaran aset

Perputaran aset total adalah rasio yang menunjukkan seberapa efisien bisnis dalam menggunakan asetnya untuk melakukan penjualan dan menghasilkan pendapatan. Untuk menghitung perputaran total aset, bagi pendapatan perusahaan dengan aset rata-ratanya. Persamaan yang digunakan untuk merepresentasikan rumus total perputaran aset adalah:

Total perputaran aset = pendapatan / rata-rata aset

Saat rasio perputaran aset total bisnis meningkat, pengembalian ekuitasnya juga meningkat. Biasanya, rasio perputaran aset total perusahaan berbanding terbalik dengan margin laba bersihnya. Ini berarti semakin tinggi margin laba bersih perusahaan, semakin rendah tingkat perputaran asetnya dan sebaliknya.

Hal ini memungkinkan investor dan pembuat keputusan keuangan untuk secara akurat membandingkan perusahaan yang menggunakan model bisnis bervolume rendah dengan laba tinggi dengan perusahaan serupa yang menggunakan model bisnis bervolume tinggi dengan laba rendah.

Mereka kemudian dapat menggunakan perbandingan mereka untuk menentukan perusahaan mana yang lebih baik dalam mendorong pengembalian ekuitas bagi pemegang sahamnya.

Pengganda ekuitas

Pengganda ekuitas mengukur leverage keuangan perusahaan dan mewakili bagian dari rasio pengembalian atas ekuitas perusahaan yang dihasilkan dari utang. Anda dapat menemukan pengganda ekuitas perusahaan dengan membagi rata-rata total asetnya dengan rata-rata ekuitas pemegang sahamnya. Rumus untuk menghitung pengganda ekuitas adalah:

Pengganda ekuitas = aset rata-rata / ekuitas rata-rata

Ketika pengganda ekuitas perusahaan meningkat, rasio pengembalian atas ekuitasnya juga meningkat. Idealnya, sebuah bisnis menggunakan hutang yang cukup untuk membiayai operasi dan pertumbuhannya tanpa memiliki hutang berlebih, yang membuat pengganda ekuitasnya tetap rendah.

Terkadang sebuah bisnis mencoba untuk meningkatkan rasio pengembalian atas ekuitas dengan mengambil kelebihan hutang. Dengan memasukkan pengganda ekuitas dalam formulanya, model analisis DuPont memberi investor ukuran yang akurat dari leverage keuangan perusahaan untuk digunakan ketika membuat keputusan investasi.



Last modified: Sunday, 11 December 2022, 9:42 PM