10.5. Prinsip-prinsip
Sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 memiliki delapan prinsip dalam
pelaksanaannya. Prinsip-prinsip tersebut meliputi:
- Fokus pada pelanggan (customer focus) : fokus utama dari manajemen mutu
adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan berusaha melebihi harapan
pelanggan.
- Kepemimpinan (leadership) : pemimpin di semua tingkatan menetapkan kesatuan
tujuan dan arah dan menciptakan kondisi dimana orang terlibat dalam mencapai
sasaran mutu organisasi
- Keterlibatan seluruh personil (engagment of people) : penting untuk organisasi
mempunyai semua orang yang kompeten, diberdayakan, dan terlibat dalam
memberikan nilai.
- Pendekatan proses (process approach) : hasil yang konsisten dan dapat diprediksi tercapai lebih efektif dan efisien bila kegiatan dipahami dan dikelola sebagai
proses yang saling terkait yang berfungsi sebagai sistem yang koheren.
- Pembuatan keputusan berdasarkan fakta (evidencebased decision making) :
keputusan berdasarkan analisis dan evaluasi data dan informasi adalah lebih baik
untuk menghasilkan hasil yang diinginkan.
- Pendekatan sistem untuk pengelolaan : hampir sama dengan pendekatan proses,
pendekatan ini merupakan upaya untuk mendapatkan pengelolaan yang efektif
dan efisien
- Pengembangan secara berkelanjutan (improvement) organisasi yang sukses memiliki fokus yang berkelanjutan pada perbaikan.
- Hubungan saling menguntungkan dengan pemasok (relationship management) :
untuk mempertahankan keberhasilan, organisasi mengelola hubungan mereka
dengan pihak yang berkepentingan,
Last modified: Friday, 4 December 2020, 12:57 PM