10.5. Prinsip-prinsip

Sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 memiliki delapan prinsip dalam pelaksanaannya. Prinsip-prinsip tersebut meliputi:

  1. Fokus pada pelanggan (customer focus) : fokus utama dari manajemen mutu adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan berusaha melebihi harapan pelanggan.
  2. Kepemimpinan (leadership) : pemimpin di semua tingkatan menetapkan kesatuan tujuan dan arah dan menciptakan kondisi dimana orang terlibat dalam mencapai sasaran mutu organisasi
  3. Keterlibatan seluruh personil (engagment of people) : penting untuk organisasi mempunyai semua orang yang kompeten, diberdayakan, dan terlibat dalam memberikan nilai.
  4. Pendekatan proses (process approach) : hasil yang konsisten dan dapat diprediksi tercapai lebih efektif dan efisien bila kegiatan dipahami dan dikelola sebagai proses yang saling terkait yang berfungsi sebagai sistem yang koheren.
  5. Pembuatan keputusan berdasarkan fakta (evidencebased decision making) : keputusan berdasarkan analisis dan evaluasi data dan informasi adalah lebih baik untuk menghasilkan hasil yang diinginkan.
  6. Pendekatan sistem untuk pengelolaan : hampir sama dengan pendekatan proses, pendekatan ini merupakan upaya untuk mendapatkan pengelolaan yang efektif dan efisien
  7. Pengembangan secara berkelanjutan (improvement) organisasi yang sukses memiliki fokus yang berkelanjutan pada perbaikan. 
  8. Hubungan saling menguntungkan dengan pemasok (relationship management) : untuk mempertahankan keberhasilan, organisasi mengelola hubungan mereka dengan pihak yang berkepentingan,

Last modified: Friday, 4 December 2020, 12:57 PM