15.3. KRISIS GLOBAL

Pembangunan yang dilakukan secara intensif dan ekstensif di berbagai sektor yang telah dipercaya sebagai satu-satunya jalan ke luar sekaligus tujuan dari suatu negara ternyata telah menimbulkan krisis global. Beberapa bencana dapat dikaitkan dengan proses pembangunan dan kepentingan pembangunan negara maju yang menuntut tingkat pembangunan yang lebih cepat dan cenderung menguras sumber daya alam. 

Sementara beberapa negara lemah tidak dapat mengejar tingkat pembangunan yang memadai. Beberapa contoh krisis global di antaranya seperti kekeringan di Afrika di mana 35 juta penduduknya terancam kelaparan (bahkan kasus kelaparan pun terjadi di Indonesia karena tidak meratanya distribusi pangan).


Dari sisi pembangunan sektoral dan industrialisasi tercatat beberapa kasus seperti di Bhopal ketika terjadi kebocoran pestisida yang menyebabkan kematian lebih dari 2.000 orang dan cedera lebih dari 200.000 orang. Kebocoran pembangkit nuklir di Chernobyl menyebabkan radiasi radioaktif di seluruh Eropa. Daftar ini akan terus lebih panjang seperti pencemaran bahan kimia, pestisida, merkuri dari lahan pertanian ke sungai Rhine di Eropa akibat kebakaran di Swiss sehingga menimbulkan kematian ikan dan pencemaran air tawar di Jerman dan Belanda, bencana Exxon Valdez, tumpahan minyak di laut, pemanasan global, lubang ozon di kutub.


Fakta lainnya adalah bahwa pembangunan telah mendorong peningkatan penduduk yang demikian besar di dunia sehingga diperkirakan bahwa sumber daya alam akan cepat habis jika konsumsi sumber daya tidak dikelola dengan baik. Populasi manusia di bumi meningkat secara ekponensial dari 5 miliar pada tahun 1980-an menjadi 814 miliar pada tahun 2050. Sayangnya peningkatan jumlah penduduk ini 90% terjadi di negara-negara termiskin dan 90% di kota-kota metropolitan. Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dunia meningkat 10 kali dari USD 13,000 miliar menjadi USD 130,000 di tahun 2030, ini dapat menjadi indikasi tingginya tingkat eksploitasi oleh negara maju.  

Last modified: Saturday, 16 January 2021, 8:07 PM