7.3. Cara pendugaan dampak komponen udara

Hampir setiap kegiatan pembangunan akan mempengaruhi komponen udara. Proyek pembangunan pembuatan jalan tol pelabuhan udara dan pembangkit listrik (PLTN, PLTA, PLTU, PLTPB), industri perumahan dan pemasangan jaringan (pi pa, transmisi) akan menghasilkan dampak terhadap udara seperti gas, debu, kebisingan, dan getaran udara (vibrasi).

Didalam memperkirakan dampak terhadap komponen udara, langkah dasar yang harus dilakukan (Canter, 1977) adalah sebagai

  1. Identifikasi/pengenalan emisi gas atau debu yang dikeluarkan oleh beberapa aktivitas pembangunan yang direncanakan. 
  2. Penjelasan tentang kondisi udara saat sekarang yang merupakan rona lingkungan awal . Apabila mungkin buat kecenderungan perubahan kondisi udara tersebut diwaktu mendatang. Buatlah rata-rata kondisi setiap gas dan debu yang ada di udara ambient ini dan bandingkaniah dengan standar baku mutu kualitas udara. 
  3. Penentuan dispersi patokan di udara dengan memperhatikan kecepatan angin, tinggi cerobong dan inversinya pada musim kemarau dan musim hujan. Hasil-hasil pengamatan terhadap kualitas udara pada waktu yang lalu harus menjadi bahan pertimbangan. 
  4. Pelajari data ikiim yang terdiri dari curah hujan, kecepatan angin dan arah angin, radiasi matahari, kelembaban dan evapotranspirasi. Data ikiim ini hendaknya dicari untuk data tahunan dan bulanan. Kemudian ditentukan konsentrasi gas dan debu di permukaan tanah. 
  5. Penentuan adanya dampak yang timbul pada saat musim hujan dan musim kemarau. Juga ditentukan dampaknya pada saat aktivitas Pembangunan dilaksanakan baik pada saat prakonstruksi, konstruksi dan pasca konstruksi.


Penentuan besar konsentrasi gas dan debu di udara ambient pada setiap wilayah yang dipengaruhi oleh kegiatan pembangunan, terutama adalah untuk pertimbangan pembuatan wind-rose. Cara pembuatan wind-rose berturut-turut adalah sebagai berikut :

  1. Pengumpulan data kecepatan angin dan arah angin setiap bulan selama paling sedikit 10 tahun, 
  2. Perhitungan kecepatan angin dan arah angin rata-rata setiap bulannya dari 10 tahun,
  3. Akhirnya digambarkan "wind-rose".

Last modified: Friday, 13 November 2020, 11:18 AM