7.2 Jenis-jenis Struktur Pasar

Empat jenis struktur pasar adalah:

  1. Persaingan sempurna
  2. Persaingan monopolistik
  3. Oligopoli
  4. Monopoli

Untuk klasifikasi yang lebih sempit, keempatnya digabungkan menjadi persaingan yang sempurna dan tidak sempurna. Persaingan yang tidak sempurna mencakup persaingan monopolistik, oligopolistik, dan monopolistik.

Keempat pasar memiliki karakteristik yang berbeda dalam beberapa masalah, yaitu jumlah penjual, jenis produk, hambatan masuk dan keluar, dan harga.

Pasar persaingan sempurna terdiri dari sejumlah besar pembeli dan penjual. Ukuran penjual relatif kecil dan sama, sehingga mereka tidak memiliki pengaruh di pasar. Mereka menawarkan produk yang homogen dan saling menggantikan dengan sempurna. Mereka juga mudah masuk dan keluar dari industri dalam menanggapi keuntungan industri.Penjual di pasar persaingan sempurna tidak memiliki kekuatan penetapan harga, sehingga tidak ada persaingan non-harga di pasar. Mereka menerima harga pasar sebagai harga jual produk mereka (price takers). Contoh yang mendekati persaingan sempurna adalah pasar valuta asing.

Pasar persaingan monopolistik mirip dengan persaingan sempurna. Pasar terdiri dari sejumlah besar penjual dan pembeli. Hambatan untuk masuk dan keluar ada tetapi rendah. Yang membedakan persaingan sempurna dari persaingan monopolistik adalah jenis produk yang ditawarkan. Dalam persaingan monopolistik, setiap penjual menyediakan produk yang serupa, tetapi tidak identik. Perusahaan mencoba membedakan produk mereka dari pesaing melalui strategi non-harga seperti iklan. Oleh karena itu, produk-produk di pasar ini berfungsi sebagai pengganti yang dekat satu sama lain, tetapi bukan sebagai pengganti yang sempurna seperti dalam persaingan sempurna. Untuk alasan ini, perusahaan memiliki beberapa tingkat kekuatan harga dan bukan sebagai price taker.

Dalam oligopoli, sejumlah kecil penjual beroperasi di pasar. Mereka bervariasi dalam ukuran dan mungkin menawarkan produk yang berbeda (misalnya, Apple dan Samsung) atau homogen (seperti minyak bumi). Biasanya, perusahaan membedakan produk mereka berdasarkan kualitas, fitur, pemasaran, dan strategi non-harga lainnya.Hambatan untuk masuk sangat tinggi, sehingga melindungi pasar dari tekanan persaingan. Penjual juga menikmati kekuatan pasar atas harga mereka sebagai akibat dari sedikit penjual dan hambatan masuk yang tinggi.

Akhirnya, pasar monopoli terdiri dari satu penjual dan beberapa hingga banyak pembeli. Jika ada satu penjual dan satu pembeli, kita menyebutnya monopoli bilateral dan memiliki karakteristik yang berbeda dari monopoli.Seorang monopolis memiliki kekuatan harga yang besar karena tidak memiliki pengganti yang dekat dan hambatan masuk yang tinggi. Perusahaan juga menentukan jumlah output, harga, dan kualitas barang di pasar.


Last modified: Tuesday, 1 August 2023, 6:24 PM