7.3 Pasar Persaingan Sempurna

Jika pom bensin langganan anda menaikkan harga sebesar 20 persen maka akan ada penurunan yang besar pada jumlah bensin yang dijualnya. Para pelanggannya akan dengan segera beralih untuk membeli bensin ditempat lain. sebaliknya, jika perusahaan air local menaikan harga sebesar 20 persen, penurunan jumlah air yang dijual tidak akan terlalu besar. Mungkin orang memilih untuk tidak terlalu sering menyiram kebun mereka dan membeli shower yang lebih menghemat air. Mereka akan dituntut agar lebih mengurangi penggunaan air dan mereka tak mungkin mencari supplier lain. Perbedaan antara pasar bensin dan pasar air jelas terlihat : Ada banyak perusahaan yang menyuplai bensin, tetapi hanya ada satu perusahaan yang menyuplai air, seperti yang sudah anda perkirakan dalam struktur pasar, perbedaan ini membentuk penentuan harga dan keputusan produksi perusahaan yang bergerak dibidang ini.

Dalam materi ini, kita memeriksa perilaku perusahaan-perusahaan kompetitif seperti Pom bensin . Ingatlah bahwa sebuah pasar disebut kompetitif jika setiap pembeli dan penjual lebih sedikit dibandingkan dengan ukuran pasar, dan dengan demikian memiliki sedikit kemampuan untuk mempengaruhi harga pasar. Sebaliknya jika sebuah perusahaan dapat mempengaruhi harga pasar barang yang dijualnya maka perusahaan tersebut disebut memiliki kekuatan pasar.

Pasar kompetitif (Competitive Market) adalah pasar dengan banyak pembeli dan penjual memperdagangkan produk yang sama sehingga setiap pembeli  dan penjual adalah penerima harga. Pasar kompetitif (Competitive Market) terkadang disebut dengan pasar persaingan sempurna yang memiliki 2 syarat sebagai berikut :

  1. Ada banyak pembeli dan banyak penjual di pasar tersebut.
  2. Barang yang ditawarkan oleh banyak penjual sama besarnya.

Akibat dari syarat tersebut, tindakan-tindakan dari setiap pembeli atau penjual di pasar tidak terlalu berpengaruh pada harga pasar. Setiap pembeli dan penjual menggunakan harga tertentu. Salah satu contohnya adalah pasar untuk susu. Tidak ada pembeli atau penjual yang dapat mempengaruhi harga susu karena setiap pembeli membeli sedikit barang jika dibandingkan dengan ukuran pasar. Setiap penjual susu pun memiliki kontrol yang terbatas pada harga karena banyak penjual lain menawarkan susu yang sama, karena setiap penjual dapat menjual barangnya dengan harganya, para pembeli akan beralih  ke tempat lain .

Selain dua syarat kompetisi tersebut ada syarat ketiga yang terkadang dianggap mencirikan pasar kompetitif sempurna, yaitu:

      3. Perusahaan dapat bebas masuk dan keluar pasar.

Sebuah perusahaan di pasar kompetitif, seperti kebanyakan perusahaan lain didunia bisnis mencoba untuk memaksimalkan keuntungan yang setara dengan total pendapatan dikurangi total biaya. Untuk melihat bagaimana perusahaan melakukan hal tersebut, pertama-tama kita melihat pendapatan perusahaan kompetitif.  Untuk membuatnya lebih nyata, mari kita lihat satu perusahaan tertentu: Smith Family Dairy Farm.





Terakhir diperbaharui: Sunday, 19 September 2021, 17:01