1.3. Tujuan Persaingan Usaha
Pelaku usaha jarang
sekali hanya berdiri sendiri dalam menjual ke suatu pasar pelanggan tertentu. Perusahaan bersaing dengan sejumlah
pesaing. Pesaing- pesaing ini harus diidentifikasi, dimonitori dan disiasati
untuk memperoleh dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Jika terjadi proses
persaingan antara para pelaku usaha, maka mereka akan berupaya mencapai tujuannya
dengan saling mengungguli dalam mendapatkan konsumen dan pangsa pasar.
Penerapan
teknologi yang tepat dan juga kemampuan manajerial untuk mengarahkan sumber daya perusahaan dalam memenangkan
persaingan. Jarang sekali, pelaku usaha hanya berdiri sendiri dalam
menjual ke suatu pasar pelanggan tertentu, tentunya perusahaan bersaing dengan
sejumlah pesaing, dimana para pesaing tersebut harus diidentifikasi, dimonitori
dan disiasati untuk memperoleh dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Apabila
terjadi proses persaingan antara para pelaku usaha, maka mereka akan
berusaha mencapai tujuannya dengan saling mengungguli dalam mendapatkan konsumen juga pangsa pasar.