Pokok Topik Kursus
- Umum
- Ekonomi dan Keuangan Digital : Konsep dan Tren
Ekonomi dan Keuangan Digital : Konsep dan Tren
I.1 Pendahuluan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Pre Test 1.0I.2 Sekilas tentang ekonomi digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.1 Pendahuluan ditandai selesaiI.3 Ekosistem TIK Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.2 Sekilas tentang ekonomi digital ditandai selesaiI.4 Kesenjangan Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.3 Ekosistem TIK ditandai selesaiI.5 Model bisnis Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.4 Kesenjangan Digital ditandai selesai1.6 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.5 Model bisnis ditandai selesai
- definisi dasar dari keuangan teknologi dan dampak sektor digital pada ekonomi
definisi dasar dari keuangan teknologi dan dampak sektor digital pada ekonomi
2.1 Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 2.0 Pre Test2.2 Dampak ekonomi digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.1 Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) ditandai selesai2.3 Analisa Pasar Online Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.2 Dampak ekonomi digital ditandai selesai2.4 perdagangan berfokus secara elektronik pada perusahaan line star-up Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.3 Analisa Pasar Online ditandai selesai2.5 lokasi perdangan online Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.4 perdagangan berfokus secara elektronik pada perusahaan line star-up ditandai selesai2.6 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.5 lokasi perdangan online ditandai selesai
- konsep penting mengenai prinsip dan perkembangan E- Commerce
konsep penting mengenai prinsip dan perkembangan E- Commerce
3.1 Definisi formal dan informal E- Commerce Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 3.0 Pre Test3.2 Tipe E- Commerce Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.1 Definisi formal dan informal E- Commerce ditandai selesai3.3 Kategori model bisnis E-Commerce Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.2 Tipe E- Commerce ditandai selesai3.4 Model pendapatan E- Commerce Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.3 Kategori model bisnis E-Commerce ditandai selesai3.5 Rekapitulasi konsep E- Commerce Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.4 Model pendapatan E- Commerce ditandai selesai3.6 Perkembangan E-Commerce Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.5 Rekapitulasi konsep E- Commerce ditandai selesai3.7 Faktor pendorong teknologi E- Commerce Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.6 Perkembangan E-Commerce ditandai selesai3.8 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.7 Faktor pendorong teknologi E- Commerce ditandai selesai
- Dampak E- Commerce terhadap kinerja bisnis dan perekonomian
Dampak E- Commerce terhadap kinerja bisnis dan perekonomian
4.1 Transformasi bisnis dalam praktik E- Commerce Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 4.0 Pre Test4.2 Benefit-cost dalam praktik E-Commerce skala mikro dan makro Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.1 Transformasi bisnis dalam praktik E- Commerce ditandai selesai4.3 Temuan utama survei BPS terhadap E-Commerce Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.2 Benefit-cost dalam praktik E-Commerce skala mikro dan makro ditandai selesai4.4 E-Commerce proses Chain dan implikasinya Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.3 Temuan utama survei BPS terhadap E-Commerce ditandai selesai4.5 Implikasi e-commerce dan peran Bank Central Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.4 E-Commerce proses Chain dan implikasinya ditandai selesai4.6 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.5 Implikasi e-commerce dan peran Bank Central ditandai selesai
- Big Data di era industri 4.0 dan taksonomi Big Data dan Artificial Intelligence
Big Data di era industri 4.0 dan taksonomi Big Data dan Artificial Intelligence
5.1 Era disrupsi teknologi dan fenomena limpahan data Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 5.0 Pre Test5.2 Taksonomi Big Data dan AI Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.1 Era disrupsi teknologi dan fenomena limpahan data ditandai selesai5.3 Data Science dan metodologi terkait Big Data Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.2 Taksonomi Big Data dan AI ditandai selesai5.4 Proses Data Analytics Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.3 Data Science dan metodologi terkait Big Data ditandai selesai5.5 Mekanisme Machine Learning Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.4 Proses Data Analytics ditandai selesai5.6 Industri 4.0 dibidang digital perbankan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.5 Mekanisme Machine Learning ditandai selesai5.8 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.6 Industri 4.0 dibidang digital perbankan ditandai selesai
- ekstraksi informasi untuk data tidak terstruktur, ruang lingkup Artificial Intelligence, Studi Kasus Big Data dan AI untuk pendukung pengambilan keputusan
ekstraksi informasi untuk data tidak terstruktur, ruang lingkup Artificial Intelligence, Studi Kasus Big Data dan AI untuk pendukung pengambilan keputusan
6.1 ekstraksi infromasi untuk data dalam bisnis digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 6.0 Pre Test6.2 Ruang lingkup AI dan model disrupsi AI Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.1 ekstraksi infromasi untuk data dalam bisnis digital ditandai selesai6.3 Studi kasus implementasi Big Data dan AI untuk Pengambilan keputusan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.2 Ruang lingkup AI dan model disrupsi AI ditandai selesai6.4 Tantangan transformasi bisnis digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.3 Studi kasus implementasi Big Data dan AI untuk Pengambilan keputusan ditandai selesai6.5 pendukung pengambilan keputusan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.4 Tantangan transformasi bisnis digital ditandai selesai6.6 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.5 pendukung pengambilan keputusan ditandai selesai
- Teknologi Bisnis digital dan komponennya: evolusi, manfaat, dan tantangannya dalam kaitannya dengan ekonomi dan finansial
Teknologi Bisnis digital dan komponennya: evolusi, manfaat, dan tantangannya dalam kaitannya dengan ekonomi dan finansial
7.1 Industri 4.0: Lokomotif Teknologi 4.0 Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 7.0 Pre Test7.2 Sekilas Ekonomi Dunia dan Evolusi Layanan Finansial Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.1 Industri 4.0: Lokomotif Teknologi 4.0 ditandai selesai7.3 Fokus pada manajemen tekhnologi bisnis digital perbankan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.2 Sekilas Ekonomi Dunia dan Evolusi Layanan Finansial ditandai selesai7.4 Perubahan Revisi Struktur organisasi pendekatan manajemen perubahan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.3 Fokus pada manajemen tekhnologi bisnis digital perbankan ditandai selesai7.5 Tantangan reformasi bisnis digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.4 Perubahan Revisi Struktur organisasi pendekatan manajemen perubahan ditandai selesai7.6 kaitan ekonomi dengan finansial Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.5 Tantangan reformasi bisnis digital ditandai selesai7.7 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.6 kaitan ekonomi dengan finansial ditandai selesai
- UTS
- Komponen Teknologi Bisnis Digital: definisi, konsep dan arsitektur, aplikasi, tantangan dan tren serta studi kasus
Komponen Teknologi Bisnis Digital: definisi, konsep dan arsitektur, aplikasi, tantangan dan tren serta studi kasus
9.1 Konsep Teknologi dalam Ekonomi Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 9.0 Pre Test9.2 Komponen Teknologi Ekonomi Digital (Block Chain, Data Analytics, AI, 3D printing, Internet of Things, Automation, Cloud Computing) Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.1 Konsep Teknologi dalam Ekonomi Digital ditandai selesai9.3 Tren, Potensi dan Aplikasi Teknologi 4.0 Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.2 Komponen Teknologi Ekonomi Digital (Block Chain, Data Analytics, AI, 3D printing, Internet of Things, Automation, Cloud Computing) ditandai selesai9.4 Kesiapan Indonesia dalam menerapkan teknologi 4.0 Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.3 Tren, Potensi dan Aplikasi Teknologi 4.0 ditandai selesai9.5 studi kasus dalam bisnis digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.4 Kesiapan Indonesia dalam menerapkan teknologi 4.0 ditandai selesai9.6 Tantangan Dalam Bisnis Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.5 studi kasus dalam bisnis digital ditandai selesai9.7 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.6 Tantangan Dalam Bisnis Digital ditandai selesai
- Konsep Dasar Keamanan Digital dan Keamanan siber
Konsep Dasar Keamanan Digital dan Keamanan siber
10.2 Pengenalan cyber Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Pre Test 1.010.3 Ruang lingkup cyber Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.2 Pengenalan cyber ditandai selesai10.4 Tren ancaman digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.3 Ruang lingkup cyber ditandai selesai10.5 Kriteria (obyektif) keamanan (cyber security, information security, IT, security etc) Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.4 Tren ancaman digital ditandai selesai10.6 kategori keamanan cyber Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.5 Kriteria (obyektif) keamanan (cyber security, information security, IT, security etc) ditandai selesai10.7 konsep dasar keamanan digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.6 kategori keamanan cyber ditandai selesai10.8 Konsep Dasar Keamanan Siber Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.7 konsep dasar keamanan digital ditandai selesai10.9 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.8 Konsep Dasar Keamanan Siber ditandai selesai
- konsep dasar dan metodologi analisis risiko keamanan serta metode umum untuk penanganan risiko keamanan
konsep dasar dan metodologi analisis risiko keamanan serta metode umum untuk penanganan risiko keamanan
11.2 Perspektif risiko dalam keamanan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 11.1 Pre Test11.3 Dinamika risiko ekosistem layanan digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.2 Perspektif risiko dalam keamanan ditandai selesai11.4 Regulasi Keamanan Layanan Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.3 Dinamika risiko ekosistem layanan digital ditandai selesai11.5 Perlindungan Konsumen (Customer Protection) Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.4 Regulasi Keamanan Layanan Digital ditandai selesai11.6 Perlindungan Data (Data Protection) Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.5 Perlindungan Konsumen (Customer Protection) ditandai selesai11.7 Penanganan Risiko Keamanan (Security Risk Treatment) Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.6 Perlindungan Data (Data Protection) ditandai selesai11.8 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.7 Penanganan Risiko Keamanan (Security Risk Treatment) ditandai selesai
- perilaku konsumen dalam lingkungan digital
perilaku konsumen dalam lingkungan digital
12.2 Konsumen Dalam lingkungan Digital perbankan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 12.1 Pre Test12.3 Trend Permintaan konsumen Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.2 Konsumen Dalam lingkungan Digital perbankan ditandai selesai12.4 Perilaku dan bias perilaku konsumen Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.3 Trend Permintaan konsumen ditandai selesai12.5 Perilaku Berbelanja Konsumen Dalam Lingkungan Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.4 Perilaku dan bias perilaku konsumen ditandai selesai12.6 Strategi penjual dalam pasar digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.5 Perilaku Berbelanja Konsumen Dalam Lingkungan Digital ditandai selesai12.7 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.6 Strategi penjual dalam pasar digital ditandai selesai
- perilaku perusahaan dalam lingkungan digital
perilaku perusahaan dalam lingkungan digital
13.2 Peluang lingkungan digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 13.1 Pre Test13.2 Manfaat Lingkungan Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.2 Peluang lingkungan digital ditandai selesai13.3 Digitalisasi dan persaingan harga Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.2 Manfaat Lingkungan Digital ditandai selesai13.4 Hambatan yang dihadapi Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.3 Digitalisasi dan persaingan harga ditandai selesai13.5 Strategi menghadapi pesaing Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.4 Hambatan yang dihadapi ditandai selesai13.6 konsep perilaku perusahaan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.5 Strategi menghadapi pesaing ditandai selesai13.7 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.6 konsep perilaku perusahaan ditandai selesai
- Blueprint atau Strategi Bisnis Digital Nasional
Blueprint atau Strategi Bisnis Digital Nasional
14.2 Pengertian Blueprint Bisnis Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 14.1 Pre Test14.3 Indikator Pembangunan Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.2 Pengertian Blueprint Bisnis Digital ditandai selesai14.4 Strategi Bisnis Digital – Negara-negara OECD Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.3 Indikator Pembangunan Digital ditandai selesai14.5 Optimisasi Pelayanan Bisnis Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.4 Strategi Bisnis Digital – Negara-negara OECD ditandai selesai14.6 Strategi Bisnis Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.5 Optimisasi Pelayanan Bisnis Digital ditandai selesai14.7 Pembuatan Blueprint Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.6 Strategi Bisnis Digital ditandai selesai14.8 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.7 Pembuatan Blueprint ditandai selesai
- Brueprint/Strategi Bisnis Digital Perbankan dan Kordinasi Kebijakan
Brueprint/Strategi Bisnis Digital Perbankan dan Kordinasi Kebijakan
15.2 Pentingnya Strategi dan Kebijakan Digital National Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 15.1 Pre Test15.3 Bisnis Digital di Indonesia Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.2 Pentingnya Strategi dan Kebijakan Digital National ditandai selesai15.4 Potensi dan Kesempatan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.3 Bisnis Digital di Indonesia ditandai selesai15.5 Urgensi Blueprint/Strat egi Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.4 Potensi dan Kesempatan ditandai selesai15.6 Strategi Bisnis Digital Nasional Indonesia Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.5 Urgensi Blueprint/Strat egi Digital ditandai selesai15.7 hubungan antara Brueprint/Strategi Bisnis Digital Perbankan dan Kordinasi Kebijakan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.6 Strategi Bisnis Digital Nasional Indonesia ditandai selesai15.8 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.7 hubungan antara Brueprint/Strategi Bisnis Digital Perbankan dan Kordinasi Kebijakan ditandai selesai
- UAS