×
Maaf, aktivitas ini saat ini disembunyikan
Pokok Topik Kursus Umum
Ekonomi dan Keuangan Digital : Konsep dan Tren
I.1 Pendahuluan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Pre Test 1.0
I.2 Sekilas tentang ekonomi digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.1 Pendahuluan ditandai selesai
I.3 Ekosistem TIK Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.2 Sekilas tentang ekonomi digital ditandai selesai
I.4 Kesenjangan Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.3 Ekosistem TIK ditandai selesai
I.5 Model bisnis Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.4 Kesenjangan Digital ditandai selesai
1.6 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas I.5 Model bisnis ditandai selesai
definisi dasar dari keuangan teknologi dan dampak sektor digital pada ekonomi
2.1 Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 2.0 Pre Test
2.2 Dampak ekonomi digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.1 Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) ditandai selesai
2.3 Analisa Pasar Online Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.2 Dampak ekonomi digital ditandai selesai
2.4 perdagangan berfokus secara elektronik pada perusahaan line star-up Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.3 Analisa Pasar Online ditandai selesai
2.5 lokasi perdangan online Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.4 perdagangan berfokus secara elektronik pada perusahaan line star-up ditandai selesai
2.6 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 2.5 lokasi perdangan online ditandai selesai
konsep penting mengenai prinsip dan perkembangan E- Commerce
3.1 Definisi formal dan informal E- Commerce Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 3.0 Pre Test
3.2 Tipe E- Commerce Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.1 Definisi formal dan informal E- Commerce ditandai selesai
3.3 Kategori model bisnis E-Commerce Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.2 Tipe E- Commerce ditandai selesai
3.4 Model pendapatan E- Commerce Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.3 Kategori model bisnis E-Commerce ditandai selesai
3.5 Rekapitulasi konsep E- Commerce Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.4 Model pendapatan E- Commerce ditandai selesai
3.6 Perkembangan E-Commerce Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.5 Rekapitulasi konsep E- Commerce ditandai selesai
3.7 Faktor pendorong teknologi E- Commerce Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.6 Perkembangan E-Commerce ditandai selesai
3.8 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 3.7 Faktor pendorong teknologi E- Commerce ditandai selesai
Dampak E- Commerce terhadap kinerja bisnis dan perekonomian
4.1 Transformasi bisnis dalam praktik E- Commerce Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 4.0 Pre Test
4.2 Benefit-cost dalam praktik E-Commerce skala mikro dan makro Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.1 Transformasi bisnis dalam praktik E- Commerce ditandai selesai
4.3 Temuan utama survei BPS terhadap E-Commerce Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.2 Benefit-cost dalam praktik E-Commerce skala mikro dan makro ditandai selesai
4.4 E-Commerce proses Chain dan implikasinya Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.3 Temuan utama survei BPS terhadap E-Commerce ditandai selesai
4.5 Implikasi e-commerce dan peran Bank Central Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.4 E-Commerce proses Chain dan implikasinya ditandai selesai
4.6 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 4.5 Implikasi e-commerce dan peran Bank Central ditandai selesai
Big Data di era industri 4.0 dan taksonomi Big Data dan Artificial Intelligence
5.1 Era disrupsi teknologi dan fenomena limpahan data Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 5.0 Pre Test
5.2 Taksonomi Big Data dan AI Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.1 Era disrupsi teknologi dan fenomena limpahan data ditandai selesai
5.3 Data Science dan metodologi terkait Big Data Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.2 Taksonomi Big Data dan AI ditandai selesai
5.4 Proses Data Analytics Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.3 Data Science dan metodologi terkait Big Data ditandai selesai
5.5 Mekanisme Machine Learning Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.4 Proses Data Analytics ditandai selesai
5.6 Industri 4.0 dibidang digital perbankan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.5 Mekanisme Machine Learning ditandai selesai
5.8 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 5.6 Industri 4.0 dibidang digital perbankan ditandai selesai
ekstraksi informasi untuk data tidak terstruktur, ruang lingkup Artificial Intelligence, Studi Kasus Big Data dan AI untuk pendukung pengambilan keputusan
6.1 ekstraksi infromasi untuk data dalam bisnis digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 6.0 Pre Test
6.2 Ruang lingkup AI dan model disrupsi AI Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.1 ekstraksi infromasi untuk data dalam bisnis digital ditandai selesai
6.3 Studi kasus implementasi Big Data dan AI untuk Pengambilan keputusan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.2 Ruang lingkup AI dan model disrupsi AI ditandai selesai
6.4 Tantangan transformasi bisnis digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.3 Studi kasus implementasi Big Data dan AI untuk Pengambilan keputusan ditandai selesai
6.5 pendukung pengambilan keputusan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.4 Tantangan transformasi bisnis digital ditandai selesai
6.6 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 6.5 pendukung pengambilan keputusan ditandai selesai
Teknologi Bisnis digital dan komponennya: evolusi, manfaat, dan tantangannya dalam kaitannya dengan ekonomi dan finansial
7.1 Industri 4.0: Lokomotif Teknologi 4.0 Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 7.0 Pre Test
7.2 Sekilas Ekonomi Dunia dan Evolusi Layanan Finansial Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.1 Industri 4.0: Lokomotif Teknologi 4.0 ditandai selesai
7.3 Fokus pada manajemen tekhnologi bisnis digital perbankan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.2 Sekilas Ekonomi Dunia dan Evolusi Layanan Finansial ditandai selesai
7.4 Perubahan Revisi Struktur organisasi pendekatan manajemen perubahan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.3 Fokus pada manajemen tekhnologi bisnis digital perbankan ditandai selesai
7.5 Tantangan reformasi bisnis digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.4 Perubahan Revisi Struktur organisasi pendekatan manajemen perubahan ditandai selesai
7.6 kaitan ekonomi dengan finansial Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.5 Tantangan reformasi bisnis digital ditandai selesai
7.7 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 7.6 kaitan ekonomi dengan finansial ditandai selesai
UTS
Komponen Teknologi Bisnis Digital: definisi, konsep dan arsitektur, aplikasi, tantangan dan tren serta studi kasus
9.1 Konsep Teknologi dalam Ekonomi Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 9.0 Pre Test
9.2 Komponen Teknologi Ekonomi Digital (Block Chain, Data Analytics, AI, 3D printing, Internet of Things, Automation, Cloud Computing) Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.1 Konsep Teknologi dalam Ekonomi Digital ditandai selesai
9.3 Tren, Potensi dan Aplikasi Teknologi 4.0 Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.2 Komponen Teknologi Ekonomi Digital (Block Chain, Data Analytics, AI, 3D printing, Internet of Things, Automation, Cloud Computing) ditandai selesai
9.4 Kesiapan Indonesia dalam menerapkan teknologi 4.0 Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.3 Tren, Potensi dan Aplikasi Teknologi 4.0 ditandai selesai
9.5 studi kasus dalam bisnis digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.4 Kesiapan Indonesia dalam menerapkan teknologi 4.0 ditandai selesai
9.6 Tantangan Dalam Bisnis Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.5 studi kasus dalam bisnis digital ditandai selesai
9.7 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 9.6 Tantangan Dalam Bisnis Digital ditandai selesai
Konsep Dasar Keamanan Digital dan Keamanan siber
10.2 Pengenalan cyber Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam Pre Test 1.0
10.3 Ruang lingkup cyber Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.2 Pengenalan cyber ditandai selesai
10.4 Tren ancaman digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.3 Ruang lingkup cyber ditandai selesai
10.5 Kriteria (obyektif) keamanan (cyber security, information security, IT, security etc) Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.4 Tren ancaman digital ditandai selesai
10.6 kategori keamanan cyber Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.5 Kriteria (obyektif) keamanan (cyber security, information security, IT, security etc) ditandai selesai
10.7 konsep dasar keamanan digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.6 kategori keamanan cyber ditandai selesai
10.8 Konsep Dasar Keamanan Siber Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.7 konsep dasar keamanan digital ditandai selesai
10.9 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 10.8 Konsep Dasar Keamanan Siber ditandai selesai
konsep dasar dan metodologi analisis risiko keamanan serta metode umum untuk penanganan risiko keamanan
11.2 Perspektif risiko dalam keamanan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 11.1 Pre Test
11.3 Dinamika risiko ekosistem layanan digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.2 Perspektif risiko dalam keamanan ditandai selesai
11.4 Regulasi Keamanan Layanan Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.3 Dinamika risiko ekosistem layanan digital ditandai selesai
11.5 Perlindungan Konsumen (Customer Protection) Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.4 Regulasi Keamanan Layanan Digital ditandai selesai
11.6 Perlindungan Data (Data Protection) Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.5 Perlindungan Konsumen (Customer Protection) ditandai selesai
11.7 Penanganan Risiko Keamanan (Security Risk Treatment) Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.6 Perlindungan Data (Data Protection) ditandai selesai
11.8 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 11.7 Penanganan Risiko Keamanan (Security Risk Treatment) ditandai selesai
perilaku konsumen dalam lingkungan digital
12.2 Konsumen Dalam lingkungan Digital perbankan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 12.1 Pre Test
12.3 Trend Permintaan konsumen Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.2 Konsumen Dalam lingkungan Digital perbankan ditandai selesai
12.4 Perilaku dan bias perilaku konsumen Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.3 Trend Permintaan konsumen ditandai selesai
12.5 Perilaku Berbelanja Konsumen Dalam Lingkungan Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.4 Perilaku dan bias perilaku konsumen ditandai selesai
12.6 Strategi penjual dalam pasar digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.5 Perilaku Berbelanja Konsumen Dalam Lingkungan Digital ditandai selesai
12.7 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 12.6 Strategi penjual dalam pasar digital ditandai selesai
perilaku perusahaan dalam lingkungan digital
13.2 Peluang lingkungan digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 13.1 Pre Test
13.2 Manfaat Lingkungan Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.2 Peluang lingkungan digital ditandai selesai
13.3 Digitalisasi dan persaingan harga Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.2 Manfaat Lingkungan Digital ditandai selesai
13.4 Hambatan yang dihadapi Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.3 Digitalisasi dan persaingan harga ditandai selesai
13.5 Strategi menghadapi pesaing Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.4 Hambatan yang dihadapi ditandai selesai
13.6 konsep perilaku perusahaan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.5 Strategi menghadapi pesaing ditandai selesai
13.7 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 13.6 konsep perilaku perusahaan ditandai selesai
Blueprint atau Strategi Bisnis Digital Nasional
14.2 Pengertian Blueprint Bisnis Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 14.1 Pre Test
14.3 Indikator Pembangunan Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.2 Pengertian Blueprint Bisnis Digital ditandai selesai
14.4 Strategi Bisnis Digital – Negara-negara OECD Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.3 Indikator Pembangunan Digital ditandai selesai
14.5 Optimisasi Pelayanan Bisnis Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.4 Strategi Bisnis Digital – Negara-negara OECD ditandai selesai
14.6 Strategi Bisnis Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.5 Optimisasi Pelayanan Bisnis Digital ditandai selesai
14.7 Pembuatan Blueprint Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.6 Strategi Bisnis Digital ditandai selesai
14.8 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 14.7 Pembuatan Blueprint ditandai selesai
Brueprint/Strategi Bisnis Digital Perbankan dan Kordinasi Kebijakan
15.2 Pentingnya Strategi dan Kebijakan Digital National Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Anda mencapai skor yang diperlukan dalam 15.1 Pre Test
15.3 Bisnis Digital di Indonesia Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.2 Pentingnya Strategi dan Kebijakan Digital National ditandai selesai
15.4 Potensi dan Kesempatan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.3 Bisnis Digital di Indonesia ditandai selesai
15.5 Urgensi Blueprint/Strat egi Digital Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.4 Potensi dan Kesempatan ditandai selesai
15.6 Strategi Bisnis Digital Nasional Indonesia Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.5 Urgensi Blueprint/Strat egi Digital ditandai selesai
15.7 hubungan antara Brueprint/Strategi Bisnis Digital Perbankan dan Kordinasi Kebijakan Halaman
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.6 Strategi Bisnis Digital Nasional Indonesia ditandai selesai
15.8 Post Test Kuis
Terbatas Tidak tersedia, kecuali: Aktivitas 15.7 hubungan antara Brueprint/Strategi Bisnis Digital Perbankan dan Kordinasi Kebijakan ditandai selesai
UAS