Tujuan dan Fungsi kredit

Tujuan Kredit 

  • Mencari keuntungan  
Hasil keuntungan ini diperoleh dalam bentuk bunga yang diterima nasabah bank sebagai balas jasa dan biaya administrasi kredit yang dibebankan kepada nasabah.  
  • Membantu pemerintah  
Semakin banyak kredit, maka semakin banyak juga dana untuk peningkatan pembangunan diberbagai sektor terutama sektor riil.  
  • Membantu usaha nasabah  
tujuan lainnya untuk membantu nasabah yang memerlukan dana, baik untuk investasi ataupun untuk dana modal kerja atau konsumsi. Dengan dana tersebut, maka pihak debitur akan dapat mengembangkan dan memperluas usahanya.



Fungsi Kredit

  • Meningkatkan peredaran uang  
Kredit usaha digunakan untuk mengadakan barang dan jasa suatu bisnis. Jika bisnis sudah memiliki produknya, mereka bisa langsung melakukan transaksi dengan konsumennya. Jadi, peredaran uang di suatu wilayah juga bertambah berkat pemanfaatan kredit tersebut.  
  • Meningkatkan daya guna uang  
Daya guna uang akan semakin bertambah jika digunakan oleh masyarakat. Karena itu, bank tidak hanya menyediakan layanan penyimpanan. Layanan pinjaman diluncurkan agar uang tetap produktif dan menghasilkan keuntungan untuk bank.  
  • Meningkatkan kemajuan usaha  
Layanan kredit berfungsi untuk memotivasi pengusaha dalam memajukan bisnisnya. Mereka tidak perlu menunda pengembangan bisnis karena dapat meminjam sejumlah dana dahulu.  Merevolusi pola pikir masyarakat Kebanyakan masyarakat Indonesia berfikir bahwa modal untuk mengemangkan usaha hanya berasal dari kantong sendiri. Sedangkan, perbankan menghadirkan layanan kredit untuk meningkatkan level usaha. Kehadiran kredit ini perlahan-lahan mengubah pola pikir masyarakat sehingga mereka tidak perlu menunda untuk memulai usaha.  
  • Meningkatkan stabilitas ekonomi  
Kredit juga digunakan untuk menyalurkan barang-barang ekspor hingga ke pasar luar negeri. Devisa atau hasil ekspornya masuk ke dalam penghasilan negara. Akibatnya, stabilitas ekonomi meningkat karena kegiatan ekspor ini. Tidak hanya itu, Indonesia juga semakin kompetitif di pasar Internasional.