|
IV
|
Media
Pembelajar-an
|
Software
|
Hardware
|
|
Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (SPADA)
E-Book
File PDF
File Microsoft Word dan Power Point
Whatsapp Group
E-Mail
|
Buku
Teks
Buku Catatan
Jurnal
Linguistics
Jurnal
Psycholinguistics
|
|
V
|
Mata Kuliah
Prasyarat
|
-
|
|
VI
|
Minggu Ke
|
CP MK
|
Bahan
Kajian
|
Bentuk
Pembelajaran
|
Estimasi
Waktu
|
Penilaian
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator
|
Bobot
|
|
|
1
|
Kontrak perkuliahan
|
Kontrak perkuliahan
|
Memperhatikan, membaca dan menulis poin-poin perkuliahan
|
60 Menit
|
|
0,5
|
|
|
2
|
Sikap
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam
menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. Menunjukkan sikap
bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
Menguasai konsep pada hakikat linguistics dan psycholinguistics, memahami
definsi psycholinguistics serta paham pada teoritis di ruang lingkup (scope)
dari ilmu psycholinguistics.
|
-
Hakikat Linguistics
dan Psycholinguistics
-
Definsi Psycholinguistics
-
Ruang Lingkup (Scope) Psycholinguistics
|
-
Penjelasan materi di SPADA
-
Membuat catatan dan
rangkuman materi
-
Diskusi dan tanya jawab
melalui SPADA atau WAG
-
Kuis di SPADA
|
60 Menit
|
Indikator Penilaian
Sikap
-
Kritis menanggapi
dalam belajar dan dikusi
-
Bertanggung jawaban
dalam pembelajaran
daring (online) serta diskusi grup
Pengetahuan
-
Penguasaan dan pemahaman materi
-
Kelancaran pembelajaran
daring (online) dan diskusi
-
Kreativitas
dan partisipasi aktif dalam pembelajaran daring
(online) dan diskusi
|
1,5
|
|
|
3
|
Sikap
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam
menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. Menunjukkan sikap
bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
Menguasai konsep teoretis tentang bahasa (Language) dan memahami bagian-bagian otak
(brain) manusia serta fungsinya dalam kebahasaan (linguistics).
|
-
Language
(Bahasa)
-
Otak
(Brain)
|
-
Penjelasan materi di SPADA
-
Membuat catatan dan
rangkuman materi
-
Diskusi dan tanya jawab
melalui SPADA atau WAG
-
Kuis di SPADA
|
60 Menit
|
Indikator Penilaian
Sikap
-
Kritis menanggapi
dalam belajar dan
dikusi
-
Bertanggung jawaban
dalam pembelajaran
daring (online) serta diskusi grup
Pengetahuan
-
Penguasaan dan pemahaman materi
-
Kelancaran pembelajaran
daring (online) dan diskusi
-
Kreativitas
dan partisipasi aktif dalam pembelajaran daring
(online) dan diskusi
|
1,5
|
|
|
4
|
Sikap
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam
menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. Menunjukkan sikap
bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
Menguasai konsep teoretis tentang pemerolehan bahasa pertama dan kedua (First and Second Language
Acquisition).
Keterampilan
Mengucapkan kalimat-kalimat dalam
bahasa pertama dan kedua (jika dapat berbahasa daerah, maka itu menjadi
bahasa pertama. Jika hanya bisa berbahasa Indonesia, maka itu bahasa pertamanya)
|
Pemerolehan bahasa pertama
dan kedua (First and Second Language Acquisition)
|
-
Penjelasan materi di SPADA
-
Membuat catatan dan
rangkuman materi
-
Diskusi dan tanya jawab
melalui SPADA atau WAG
|
60
Menit
|
Indikator Penilaian
Sikap
-
Kritis menanggapi
dalam belajar dan
dikusi
-
Bertanggung jawaban
dalam pembelajaran
daring (online) serta diskusi grup
Pengetahuan
-
Penguasaan dan pemahaman materi
-
Kelancaran pembelajaran
daring (online) dan diskusi
-
Kreativitas
dan partisipasi aktif dalam pembelajaran daring
(online) dan diskusi
Keterampilan
-
Mampu menggunakan minimal
satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis (KU13)
|
1,5
|
|
|
5
|
Sikap
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam
menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. Menunjukkan sikap
bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
-
Mengerti
pada penggunaan kalimat dalam bahasa (Utilization
of sentences) sebagai bagian dari ilmu
Psycholinguistics.
-
Memahami
teori-teori dalam speech acts dan indirect
speech acts.
|
-
Utilization of
sentences
-
Speech acts
|
-
Penjelasan materi di SPADA
-
Membuat catatan dan
rangkuman materi
-
Diskusi dan tanya jawab
melalui SPADA atau WAG
|
60
Menit
|
Indikator Penilaian
Sikap
-
Kritis menanggapi
dalam belajar dan
dikusi
-
Bertanggung jawaban
dalam pembelajaran
daring (online) serta diskusi grup
Pengetahuan
-
Penguasaan dan pemahaman materi
-
Kelancaran pembelajaran
daring (online) dan diskusi
-
Kreativitas
dan partisipasi aktif dalam pembelajaran daring
(online) dan diskusi
|
1,5
|
|
|
6
|
Sikap
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam
menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. Menunjukkan sikap
bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
Menguasai konsep teoretis tentang gangguan berbicara, berbahasa, berpikir, dan gangguan
lingkungan sosial.
Memahami teori tentang gangguan bahasa dan kerusakan
otak (Aphasia) pada tataran definisi, dan penyebab Aphasia.
|
-
Gangguan
berbicara, berbahasa, berpikir, dan gangguan lingkungan sosial (Language disorder)
-
Gangguan bahasa kerusakan otak (Aphasia)
|
-
Penjelasan materi di SPADA
-
Membuat catatan dan
rangkuman materi
-
Diskusi dan tanya jawab
melalui SPADA atau WAG
-
Kuis di SPADA
|
60
Menit
|
Indikator Penilaian
Sikap
-
Kritis menanggapi
dalam belajar dan
dikusi
-
Bertanggung jawaban
dalam pembelajaran
daring (online) serta diskusi grup
Pengetahuan
-
Penguasaan dan pemahaman materi
-
Kelancaran pembelajaran
daring (online) dan diskusi
-
Kreativitas
dan partisipasi aktif dalam pembelajaran daring
(online) dan diskusi
|
1,5
|
|
|
7
|
Sikap
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam
menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. Menunjukkan sikap
bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
Menguasai konsep teoretis tentang gangguan membaca,
menulis, dan mengeja, serta memahami teori tentang gangguan bahasa (Dyslexia) pada tataran definisi, dan penyebab dyslexia.
|
-
Gangguan
berbicara, berbahasa, berpikir, dan gangguan lingkungan sosial (Language disorder)
-
Gangguan bahasa (Dyslexia)
|
-
Penjelasan materi di SPADA
-
Membuat catatan dan
rangkuman materi
-
Diskusi dan tanya jawab
melalui SPADA atau WAG
-
Kuis di SPADA
|
60
Menit
|
Indikator Penilaian
Sikap
-
Kritis menanggapi
dalam belajar dan
dikusi
-
Bertanggung jawaban
dalam pembelajaran
daring (online) serta diskusi grup
Pengetahuan
-
Penguasaan dan pemahaman materi
-
Kelancaran pembelajaran
daring (online) dan diskusi
-
Kreativitas
dan partisipasi aktif dalam pembelajaran daring
(online) dan diskusi
|
1,5
|
|
|
8
|
Ujian Tengah Semester (UTS)
|
Materi yang sudah terangkum dalam
topik 2 – 7
|
Menjawab soal dalam jaringan
(online) berupa pertanyaan;
-
Multiple
choice
-
Macthing
-
True /
false quesiton
|
60
Menit
|
Indikator Penilaian
Sikap
-
Jumlah kehadiran
(presensi)
-
Durasi waktu menjawab soal
Pengetahuan
-
Jumlah benar/salah
|
30
|
|
|
9
|
Sikap
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam
menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. Menunjukkan sikap
bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
Menguasai konsep teoretis tentang anak-anak yang memeroleh bahasa asli mereka (how children acquire their native language) dan bagaimana dengan bahasa anak-anak yang
liar dan terisolasi (language of wild and
isolated children).
|
-
Bagaimana
anak-anak memeroleh bahasa asli mereka (how children acquire their native language)
-
Bahasa
anak-anak yang liar dan terisolasi (language of wild and
isolated children)
|
-
Penjelasan materi di SPADA
-
Membuat catatan dan
rangkuman materi
-
Diskusi dan tanya jawab
melalui SPADA atau WAG
|
60
Menit
|
Indikator Penilaian
Sikap
-
Kritis menanggapi
dalam belajar dan
dikusi
-
Bertanggung jawaban
dalam pembelajaran
daring (online) serta diskusi grup
Pengetahuan
-
Penguasaan dan pemahaman materi
-
Kelancaran pembelajaran
daring (online) dan diskusi
-
Kreativitas
dan partisipasi aktif dalam pembelajaran daring
(online) dan diskusi
|
1,5
|
|
|
10
|
Sikap
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam
menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. Menunjukkan sikap
bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
Memahami teori tentang bahasa pengetahuan dan asalnya (where does language
knowledge come from?) dan mengetahui konsep bahasa orang-orang yang tidak dapat mendengar (the
deaf and language).
Keterampilan
Mampu mendeskripsikan cara orang-orang
yang tidak dapat mendengar (the deaf and language) memeroleh bahasa dengan channel yang mereka
miliki.
|
-
Bahasa pengetahuan dan
asalnya (where does language knowledge come from?)
-
Bahasa orang-orang yang
tidak dapat mendengar (the deaf and language)
|
-
Penjelasan materi di SPADA
-
Membuat catatan dan
rangkuman materi
-
Diskusi dan tanya jawab
melalui SPADA atau WAG
|
60
Menit
|
Indikator Penilaian
Sikap
-
Kritis menanggapi
dalam belajar dan
dikusi
-
Bertanggung jawaban
dalam pembelajaran
daring (online) serta diskusi grup
Pengetahuan
-
Penguasaan dan pemahaman materi
-
Kelancaran pembelajaran
daring (online) dan diskusi
-
Kreativitas
dan partisipasi aktif dalam pembelajaran daring
(online) dan diskusi
Keterampilan
-
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis,
sistematis, dan inovatif, dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu
pengetahuan dan teknologi (KU01)
|
1,5
|
|
|
11
|
Sikap
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam
menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. Menunjukkan sikap
bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
Menguasai konsep teoretis tentang bahasa hewan (animal language) dan bahasa
manusia (human language).
Keterampilan
Mampu mencontohkan beberapa bahasa
hewan (animal language)
serta penjelasan maksudnya.
|
-
Bahasa hewan (animal language)
-
Bahasa manusia (human language)
|
-
Penjelasan materi di SPADA
-
Membuat catatan dan
rangkuman materi
-
Diskusi dan tanya jawab
melalui SPADA atau WAG
-
Kuis di SPADA
|
60
Menit
|
Indikator Penilaian
Sikap
-
Kritis menanggapi
dalam belajar dan
dikusi
-
Bertanggung jawaban
dalam pembelajaran
daring (online) serta diskusi grup
Pengetahuan
-
Penguasaan dan pemahaman materi
-
Kelancaran pembelajaran
daring (online) dan diskusi
-
Kreativitas
dan partisipasi aktif dalam pembelajaran daring
(online) dan diskusi
|
1,5
|
|
|
12
|
Sikap
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam
menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. Menunjukkan sikap
bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
Menguasai konsep teoretis tentang bahasa pertama dan kedua pada anak-anak dan orang dewasa
(second
language learning in children and adults)
Keterampilan
Mampu berbicara dalam bahasa pertama dan kedua
dengan cara code switch dan code mixing.
|
Bahasa pertama dan kedua pada anak-anak dan orang
dewasa (second
language learning in children and adults)
|
-
Penjelasan materi di SPADA
-
Membuat catatan dan
rangkuman materi
-
Diskusi dan tanya jawab
melalui SPADA atau WAG
-
Kuis di SPADA
|
60
Menit
|
Indikator Penilaian
Sikap
-
Kritis menanggapi
dalam belajar dan
dikusi
-
Bertanggung jawaban
dalam pembelajaran
daring (online) serta diskusi grup
Pengetahuan
-
Penguasaan dan pemahaman materi
-
Kelancaran pembelajaran
daring (online) dan diskusi
-
Kreativitas
dan partisipasi aktif dalam pembelajaran daring
(online) dan diskusi
Keterampilan
-
Mampu menggunakan minimal
satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis (KU13)
|
1,5
|
|
|
13
|
Sikap
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam
menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. Menunjukkan sikap
bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
Menguasai konsep teoretis tentang bahasa (language), pikiran (thought), dan budaya (culture) serta hubungan dan keterkaitannya.
Keterampilan
Mampu membuat contoh hubungan atau korelasi antara bahasa (language), pikiran (thought), dan budaya (culture).
|
-
Bahasa (language)
-
Pikiran (thought)
-
Budaya
(culture)
|
-
Penjelasan materi di SPADA
-
Membuat catatan dan
rangkuman materi
-
Diskusi dan tanya jawab
melalui SPADA atau WAG
-
Kuis di SPADA
|
60
Menit
|
Indikator Penilaian
Sikap
-
Kritis menanggapi
dalam belajar dan
dikusi
-
Bertanggung jawaban
dalam pembelajaran
daring (online) serta diskusi grup
Pengetahuan
-
Penguasaan dan pemahaman materi
-
Kelancaran pembelajaran
daring (online) dan diskusi
-
Kreativitas
dan partisipasi aktif dalam pembelajaran daring
(online) dan diskusi
Keterampilan
-
Mampu menunjukkan kinerja mandiri,
bermutu, dan terukur. (KU02)
|
1,5
|
|
|
14
|
Sikap
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam
menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. Menunjukkan sikap
bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
Menguasai konsep teoretis tentang dasar-dasar psycholinguistics dan bagaimana manfaat
psycholinguistics dalam pengajaran bahasa (language teaching).
|
-
Psycholinguistics
-
Pengajaran bahasa (language
teaching)
|
-
Penjelasan materi di SPADA
-
Membuat catatan dan rangkuman
materi
-
Diskusi dan tanya jawab
melalui SPADA atau WAG
-
Tugas memberikan contoh
pengajaran bahasa (kasus pengajaran) yang berkaitan dengan psycholinguistics
|
60
Menit
|
Indikator Penilaian
Sikap
-
Kritis menanggapi
dalam belajar dan
dikusi
-
Bertanggung jawaban
dalam pembelajaran
daring (online) serta diskusi grup
Pengetahuan
-
Penguasaan dan pemahaman materi
-
Kelancaran pembelajaran
daring (online) dan diskusi
-
Kreativitas
dan partisipasi aktif dalam pembelajaran daring
(online) dan diskusi
|
1,5
|
|
|
15
|
Sikap
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam
menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. Menunjukkan sikap
bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
Menguasai konsep dasar teoretis
tentang psycholinguistics dan semantics (Meaning
and Categorization) serta keterkaitannya.
Keterampilan
Menguasai materi-materi sebelumnya dalam bentuk
review.
Mampu membuat catatan sebagai refleksi perkuliahan.
|
-
Psycholinguistics dan Semantics (Meaning
and Categorization)
-
Review
|
-
Penjelasan materi di SPADA
-
Membuat catatan dan
rangkuman materi
-
Diskusi dan tanya jawab
melalui SPADA atau WAG
-
Kuis di SPADA
|
60
Menit
|
Indikator Penilaian
Sikap
-
Kritis menanggapi
dalam belajar dan
dikusi
-
Bertanggung jawaban
dalam pembelajaran
daring (online) serta diskusi grup
Pengetahuan
-
Penguasaan dan pemahaman materi
-
Kelancaran pembelajaran
daring (online) dan diskusi
-
Kreativitas
dan partisipasi aktif dalam pembelajaran daring
(online) dan diskusi
Keterampilan
-
Mampu menyusun dan mendeskripsikan
hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan
mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU04)
|
1,5
|
|
|
16
|
Ujian Akhir Semester (UAS)
|
Materi yang sudah terangkum dalam
topik 2 – 15
|
Menjawab soal dalam jaringan
(online) berupa pertanyaan;
-
Multiple
choice
-
Macthing
-
True /
false quesiton
Mengumpulkan tugas berupa refleksi mata kuliah dari
pertemuan 1 - 16
|
60
Menit
|
Indikator Penilaian
Sikap
-
Jumlah kehadiran
(presensi)
-
Sikap dan tutur kata dalam
percakapan di WAG
-
Durasi waktu menjawab soal
Pengetahuan
-
Jumlah benar/salah
-
Akumulasi dan rata-rata
nilai kuis
-
Hasil tugas berupa
refleksi perkuliahan
Keterampilan
-
Mampu menyusun dan mendeskripsikan
hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan
mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU04)
|
40
|
|
VII
|
Norma Akademik
|
A.
Tugas
1.
Dalam perkuliahan daring
(online) melalui SPADA, tugas tetap
diberikan kepada mahasiswa secara individu dan kuis dapat dikerjakan dalam
bentuk file yang disesuaikan dengan aplikasi SPADA.
2.
Tugas akhir
mahasiswa berupa refleksi perkuliahan dan kesimpulan materi yang
dibuat dalam bentuk laporan tentang simpulan materi psycholinguistics,
pendapat dan komentar pada materi tertentu, dsb.
3.
Kuis
diberikan pada topik SPADA sesuai kebutuhan dan kedalamn materi.
B.
Aturan
Perkuliahan (Daring pada SPADA)
Perkuliahan ini dilakukan berdasarkan aturan
berikut ini.
1.
Mahasiswa minimal masuk 75%
(12 kali pertemuan) dari 16 kali
pertemuan daring (online) yang
dilakukan oleh dosen melalui SPADA. Mahasiswa yang tidak mencapai
75% dari pertemuan daring (online) tatap muka yang diselenggarakan dosen,
tidak berhak mengikuti UTS / UAS (sesuai peraturan universitas).
2.
Mahasiswa minimal masuk 80%
(13 kali pertemuan) dari 16 kali
pertemuan daring (online) yang
dilakukan oleh dosen melalui SPADA. Mahasiswa yang tidak mencapai
80% dari pertemuan daring (online) tatap muka yang diselenggarakan dosen,
tidak berhak mendapat nilai A.
3.
Mahasiswa harus sudah membaca materi
sebelum perkuliahan dimulai.
4.
Mahasiswa harus mengumpulkan tugas
tepat waktu.
5.
Mahasiswa harus memulai perkuliahan daring (online) melalui SPADA tepat waktu.
6.
Sikap mahasiswa
dalam perkuliahan daring (online) melalui SPADA
menjadi catatan khusus dosen dalam memberikan nilai.
7.
Mahasiswa dilarang menciplak karya
orang lain dan jika menjiplak karya orang lain
tidak akan diberi nilai.
8.
Mahasiswa harus mematuhi
instruksi prodi, dosen, dan administrasi kampus.
9.
Hal-hal yang belum dicantumkan pada
butir di atas akan diatur tersendiri.
|
|
VIII
|
Nilai Akhir
|
Penilaian
|
1.
Kurang dari 13
tatap muka, tidak berhak mendapatkan nilai A
2.
Penilaian
a. Sikap
dan tata nilai 10%
b. Pengetahuan 20%
c. UTS 30%
d. UAS 40%.
3.
Keterlambatan lebih dari 15
menit, tidak dibenarkan mengisi daftar hadir, tetapi boleh mengikuti
perkulihan seperti biasa.
4.
Tugas yang dikumpulkan tidak tepat
waktu berdampak pada pengurangan nilai
tugas tersebut.
5.
Ketahuan makalah diskusi kelompok dan
tugas akhir copy-paste internet, nilai D.
|
|
|
|
Standar
Konversi Nilai yang direncanakan
|
A
|
Nilai total ≥ 80
|
|
|
|
B
|
70 ≤ Nilai Total < 79
|
|
|
|
C
|
60 ≤ Nilai Total < 69
|
|
|
|
D
|
50 ≤ Nilai Total < 59
|
|
|
|
E
|
Nilai
Total < 49
|
|
IX
|
Daftar Pustaka
|
Wajib
|
-
Sastra, Gusdi. 2011. Neurolinguistik Suatu Pengantar.
Bandung: Alfabeta.
-
Kholid
A. Harras dan Andika Dutha Bachari. 2009. Dasar-dasar
Psikolinguistik. Bandung. UPI PRESS.
-
Traxler, M.J
& Gernbacher, M. A. (2006). The Handbook of Psycholinguistics, 2Ed.
Elsevier Inc.
-
Chaer, Abdul. 2009. Psikolonguistik: Kajian Teoritik.
Jakarta: Rineka Cipta.
-
Tarigan, Henry Guntur. 2009. Psikolinguistik. Bandung: Angkasa.
-
Dardjowidjojo, Soenjono. 2003. Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa
Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
-
Sibarani, Robert. 2004. Antropolinguistik. Medan: Penerbit
Poda.
-
Taylor, I.
(1990). Psycholinguistics: Learning and Using Language. Englewood Cliffs,
N.J: Prentice Hall.
-
Clark, H.H and
Clark, E.V. (1977). Psychology and Language: An introduction to
Psycholinguistics. New York: Harcourt Brace Jovanovich.
|
|
|
|
Pendukung
|
Buku-buku
dan jurnal yang berhubungan dengan psycholinguistics.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|