11.4 seketaris Perusahaan

seketaris bertugas melaksanakan perkerjaan administratif atau tugas-tugas pribadi dari atasannya, seperti mengetik surat atau berkas-berkas administrasi lainnya, pengaturan agenda atasan, dan memanajemen kesekretariatan dengan baik.

Berikut ini merupakan jenis-jenis sekretaris yang biasanya ditemui dalam keseharian :

1. Sekretaris Organisasi

Sekretaris organisasi disebut juga sekretaris instansi, sekretaris perusahaan, business secretary, excecutive secretary. Sekretaris organisasi menjalankan tugas atas perintah pimpinan, juga memiliki kedudukan sebagai manajer yang mengelola suatu unit kerja dalam bidang kesekretariatan. Sekretaris organisasi memiliki peran dan fungsi manajerial, meliputi membuat perencanaan, melakukan pengorganisasian, membimbing dan mengarahkan, mengontrol serta mengambil keputusan atas berbagai masalah yang dihadapi dalam bidang pekerjaan kesekretariatan.

2. Sekretaris Pribadi

Sekretaris pribadi adalah seorang yang mengerjakan kegiatan perkantoran, untuk membantu seseorang, dan bersifat pribadi. Sekretaris dalam pengertian ini bukan pegawai atau staff dari suatu organisasi atau perusahaan tetapi seseorang yang diangkat dan digaji oleh perorangan.

3. Sekretaris Pimpinan

Sekretaris pimpinan adalah seorang yang bertugas mengerjakan tugas-tugas perkantoran untuk seorang pimpinan tertentu. Sekretaris dalam pengertian ini adalah pegawai atau staff dari suatu organisasi atau perusahaan, diangkat dan digaji oleh organisasi atau perusahaan yang bersangkutan.

Kesekretariatan merupakan segala pekerjaan atau aktivitas di sebuah lembaga yang dilakukan oleh sekretariat atau sekretaris, terutama yang sangat berkaitan dengan proses administrasi, surat menyurat dan penyimpanan dokumen. Pada dasarnya fungsi kesekretariatan sesuai bidang pekerjaannya, maka mencakup kegiatan dalam administrasi (dalam arti luas) pada sebuah organisasi atau perusahaan.


Terakhir diperbaharui: Tuesday, 28 May 2024, 12:46