11.5. Tugas Seketaris

Menurut Jenis Tugasnya 

a. Tugas administrasi/perkantoran Sekretaris menjalankan tugas yang berhubungan dengan tulis menulis, dokumentasi, dan pengetikan, yaitu 

1) mengarsipkan surat; 

2) menangani surat; 

3) pengetikan laporan. 


b. Tugas resepsionis Sekretaris menjalankan tugas yang berhubungan dengan pekerjaan komunikasi dan informasi, yaitu 

1) menerima telepon dan menelepon; 

2) melayani tamu yang datang untuk bertemu dengan pimpinan; 

3) menyusun jadwal perjanjian pimpinan.


 c. Tugas keuangan Sekretaris menjalankan tugas yang berhubungan dengan keuangan, antara lain:

 1) menangani keuangan pimpinan;

 2) melakukan pembayaran-pembayaran. 


 d. Tugas sosial Sekretaris menjalankan tugasnya yang berhubungan dengan pekerjaan, antara lain: 

1) mengatur rumah tangga kantor termasuk perlengkapan kantor, alat tulis kantor; 

2) mempersiapkan pertemuan-pertemuan. 


e. Tugas insidental Sekretaris menjalankan tugas-tugas yang bersifat insidental, seperti

 1) mempersiapkan rapat; 

2) mempersiapkan pidato, presentasi seminar; 

3) mempersiapkan perjalanan dinas pimpinan.

Last modified: Tuesday, 28 May 2024, 12:49 PM