11.5. Tugas Seketaris
Menurut Jenis Tugasnya
a. Tugas administrasi/perkantoran Sekretaris menjalankan tugas yang berhubungan dengan tulis menulis, dokumentasi, dan pengetikan, yaitu
1) mengarsipkan surat;
2) menangani surat;
3) pengetikan laporan.
b. Tugas resepsionis Sekretaris menjalankan tugas yang berhubungan dengan pekerjaan komunikasi dan informasi, yaitu
1) menerima telepon dan menelepon;
2) melayani tamu yang datang untuk bertemu dengan pimpinan;
3) menyusun jadwal perjanjian pimpinan.
c. Tugas keuangan Sekretaris menjalankan tugas yang berhubungan dengan keuangan, antara lain:
1) menangani keuangan pimpinan;
2) melakukan pembayaran-pembayaran.
d. Tugas sosial Sekretaris menjalankan tugasnya yang berhubungan dengan pekerjaan, antara lain:
1) mengatur rumah tangga kantor termasuk perlengkapan kantor, alat tulis kantor;
2) mempersiapkan pertemuan-pertemuan.
e. Tugas insidental Sekretaris menjalankan tugas-tugas yang bersifat insidental, seperti
1) mempersiapkan rapat;
2) mempersiapkan pidato, presentasi seminar;
3) mempersiapkan perjalanan dinas pimpinan.