Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Efektifitas Komunikasi dalam Kebidanan

  • Penggunaan bahasa 
Pesan-pesan yang disampaikan seorang bidan sebagai komunikator kebidanan, sebaiknya memperhatikan hal berikut :

(a) Mengunakan bahasa sederhana dan jelas sesuai bahasa klien yang mudah di pahami. 

(b) Pesan yang berisi ide-ide yang sederhana atau sedikit, akan mudah di pahami dibandingkan dengan pesan yang panjang dengan anyak ragam. 

(c) Kemudahan memahami pesan terutama pesan tertulis.

  • Pemahaman Pesan
Sekarang ini kita sudah memiliki teknologi penyampaian pesan yang cangih, merambah ke seluruh dunia dengan cepat. Akan tetapi hingga kini belum ada cara untuk menjamin bahwa seseorang yang menerima pesan akan memahami seluruh isi dari pesan Komunikasi. Sekalipun demikian ada beberapa petunjuk dan masukkan bagi bidan untuk meningkatkan pemahaman menyeluruh terhadap isi pesan atau informasi, diantaranya : Analisis Situasi, misal dengan menentukan sasaran Komunikasi, penggunaan media atau saluran Komunikasi, struktur bahasa dan isi pesan sesuai kebutuhan dan situasi penerima pesan. Memprediksi kemungkinan masalah yang akan timbul dan membuat langkahlangkah pencegahan.

  • Pengulangan

Karakteristik pesan yang memungkinkan mempenaruhi pemahaman penerima pesan (komunikan) diantaranya adalah : cara penyampaian, pengulangan pesan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman komunikan.

  • Umpan Balik yang tepat 

Beberapa kasus membutuhkan bentuk umpan balik yang berbeda untuk menentukkan pesannya sudah diterima dan dimengerti, khususnya bila isi pesannya rumit atau sulit dipahami. Jika pesan kurang dimengerti komuniukator bisa melakukan pengulangan, ada beberapa hal yang dapat dilakuan komunikator guna memperoleh umpan balik dari komnikan, diantaranya: Mengajukan beberapa pertanyaan kepada komunikan tentang isi pesan yang disampaikan. Meminta komunikan mengulang apa yang elah disampaikan komnikator.

  • Kecakapan komunikator dan komunikan
Mengembangkan Komunikasi informasi bidan dan klien seharusya tidak dianggap masalah kemampuan dari bidan semata, akan tetapi kecakapan Komunikasi klien sebagai komunikan juga perlu ditingkatkan, misalnya memberikan pelatihan dan pendidikan tertentu berkaitan denga cara menjadi pendengar yang baik dll, memberikan perhatian.

Komunikator yang bisa menciptakan Komunikasi efektif harus bisa mendengarkan pendapat orang lain dan tidak mengangap dirinya paling benar, selalu ingin kerjasama dengan orang lain, tidak mendominasi,mengadakan Komunikasi timbal balik, efektifitas Komunikasi juga dipengaruhi oleh, sifat, sikap, tindakan juga ketrampilan dalam beromunikasi baik komunikator maupun komunikan.

Seorang bidan agar menjadi komunikator yang handal harus mempunyai kemampuan memusatkan seluruh panca indra dalam berKomunikasi, jeli dalam menerima umpan balik, mampu mengendalikan jarak Komunikasi, menjaga kecepatan bicara, peka pada kode pesan komunikan begitu juga dengan sikap bidan diharapkan memiliki kemampuan menerima gagasan orang lain, terampil memilih dan menyeleksi informasi,kemampuan menghubungkan ide-ide ari pendidikan dan pengalamannya.

  • Kelebihan beban dalam menerima pesan
Ketidakefektifan suatu Komunikasi dalam jaringan kerja kebidanan juga disebabkan oleh pembagian kerja yang terlalu banyak informasi atau terlalu sedikit informasi atau terlalu sedikit informasi. Setiap orang memiiki kapasitas tertentu untuk menangkap pesan-pesan yang datang padanya. Jika pesan yang datang melebihi kapasitasnya, maka dia melakukan Komunikasi yang tidak sesuai dengan harapan komunisasi, menolak menolak pesan tertentu yang sebenarnya pesan itu penting atau bisa saja orang tersebut menjadi nervous.

Beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya; Penyaringan pesan dengan menolak pesan yang yang kurang relevan begitu juga dengan medianya misal dengan menyisihkan suratsurat yang kurang penting, menolak panggilan orang tertentu, memilih pesan sesuai kebutuhan. Selanjutnya penundaan: yaitu melakukan proses penundaan pesan seperti memproses pesan berdasarkan prioritas kepentigan pesan, hal ini dengan membuat beberapa urutan pangilan, tugas dan pertemuan, efektifitas penundaan pesan di pengaruhi oleh ketepatan penilaian seseorang tentang prioritas pesan dan atas ketersediaan waktu yang diperlukan untuk memproses pesan. Begitu juga perlu meningkatkan kapasitas pemrosesan informasi.

Last modified: Thursday, 26 September 2024, 3:59 PM